Always Feel Good After Muay-Thai

Alkisah seorang perempuan yang baru melahirkan anak ke 2, Berat badannnya stuck, ga turun-turun, yang ada naik mulu karna setiap dia habis menyusui anaknya, maka mulutnya nyari-nyari martabak. Bahkan sambil menyusuipun mulutnya pasti lagi ngunyah martabak”

MARTABAKKKKKK OH MARTABAKKKKK!!! ‘

BLAME IT ON MARTABAK!!!

***

πŸ˜€

πŸ˜€

***

Gak bisa dipungkiri, saya adalah wanita yang ga bisa tahan selera, kalo perut udah laper, jangan tunggu2 lagi, langsung makan aja. Penyakit maag sering dijadiin alesan πŸ˜€

Saya ga pernah tau loh sebelumnya seperti apa rasa lapar yang benar benar lapar sampai saya akhirnya mengalami yang namanya menyusui anak. Widihhhh brohhhh! macam di peras2 perut ini rasanya….LAFARRRRRRRRRRRR sangat!!! *lebay* πŸ˜€

Ga mau bahas ini itu kepanjangan ahhh (suka gini deh gw yaaa merembet kemana2, lah wong mau nyeritain muay-thai…piye toh jo!) hehe pokoknya Berat badan saya stuck dimasa-masa menyusui itu, yang ada naiklahhh. (I don’t blame it to the breasfeeding itself loh ya emang sayanya aja yang ngegragas)

Oke, Back to Muay-Thai!

Saya ga tau sejarah Muay-Thai ini, *males gugelnya*

Pokoknya berasal dari Negara Thailand deh, sejenis kick boxing2 gitulah. Gak ngerti juga.

Yang saya tahu, Everytime after doing Muay-thai I FEEL SO GUUUUUUUUUUUUUUUUUUDD….

Kadang malah merasa badan langsung kayak kurusan gimanaaaa gituuuuu! *ajiyeeeee* πŸ™‚

Tapi itu mah perasaan saya aja ternyata, karena pas udah naik ketimbangan, halahhhh paling cuma turun se ons dua ons! *elus2 timbangan* πŸ˜€

Awal saya ikut Muay-Thai adalah bulan Juni 2013 (masih baru banget kan ya)

Jadi itu gara-gara parents2 diskolah tempat saya mengajar kan suka komentarin bentuk badan saya yang kata mereka udah “kurusan”

Kurusan dari mana sih buuuuu??? Lah wong waktu itu masih ada di zona 60??

mungkin mereka cuma mau basa basi aja kali ya,,,, πŸ™‚

eh tapi tanpa maksud banding2in, parents taon lalu emang asik berat, ngobrol aja kayak temen.

Nah ada satu ibu yang baru lahiran juga tapi kok udah langsing aja sih ??? *tuh kan saya saya mah orangnya sirikan kalo hal beginian* πŸ˜€

Ternyata eh ternyata dia ikut Muay-Thai. Lalu dia bujuk bujukin saya yang saat itu masih nge-gym. Saya mulai balik ke Gym sih pas Gavin umur 10 bulan. Takut juga sih ama bekas operasi SC.

Okeh, jadilah si ibu tadi berhasil merayu saya untuk ikutan Muay-Thai. Setelah saya pikir-pikir wah boleh juga nih, secara saya lagi jenuh di tempat Fitness (hallahhh padahal baru juga 4 bulan nge-gym) πŸ˜€

Setelah bayar uang pendaftaran, dan bayar biaya untuk latihan (8x) lalu kita harus beli wrap untuk tangan, Β THEN, THE BATTLE BEGINS!

Di Muay-thai kita ada trainer one on one gitu, Tapi karena di camp tempat saya latiihan cuma ada 2 trainer, maka harus gantian. Jadi ritmenya gini: Kalo misalnya kita datang kebetulan berbarengan ada 2-4 or 5 orang, maka kita pemanasan bareng. Nah setelah pemanasan baru deh one on one tadi. Jadi emang kurang asik sih kalo terlalu rame, 4-5 orang masih okelah.

Oh ya cerita tentang pemanasannya yah.

Jadi ya itu, saya kaget pas pemanasan aja kok saya udah lodohhh banget….keringat bercucuran, baju udah basah (Tapi belum kuyup) πŸ˜€

Pemanasannya ya standard lah gerak-gerak badan, biar gak kaku. Nah setelah gerak -gerak badan yang look so simple itu maka si trainer mengambil alat untuk skipping…huahhhhh saya kan ga bisa main skipping, paling bisa loncat sekedarnya….akhirnya udah capek loncat2, kirain udahan, ternyata suruh balik ke posisi masing-masing dan kita disuruh angkat barbel, berbagai gerakan untuk ngecilin paha dan lengan ceunahhh. Latihan nonjok2 gitulah pake barbel, Nah pokoknya latihan pake barbel itulah paling menyiksa menurut saya.

Kirain udah kelar, ternyata kita masih harus pukul2 samsak…hadehhh ternyata samsak itu susah yahhhh buat dipukul …*sungkem ama Chris John*

Udah kan ya pukul2 samsaknya, nah sekarang latihan nendang, oalahhh yang ini malah lebih meletihkan lagi…..bisa beberapa sesi. gantian kaki kanan 20x, kaki kiri 20x, lalu kaki kanan dan kiri 20x, lalu push and kick 20x lalu yang terakhir kick 20x pake speed yang cepat. Kalo ga pinter-pinter atur pernafasan yaudinnn deh selamet aja…..yang ada nyesekkkkkkk ampe ga bisa napasss….*lap keringet*

Asli itu wajah-wajah trainernya minta dibogem banget deh! ngeselinnnnnn! rasanya pengen saya tonjok beneran…..hahahhaaha *gak lahhh, mana berani saya ama trainer… *

Tapi mereka emang sengaja bikin kita ngeluarin semua tenaga kita. Trainer mah tau banget kalo kita udah pukul asal-asalan….pasti dia masang muka sangar dan seolah-olah nantangin kita….”manaaaa tenaganyaaaaa??” ….. gitu katanya…. (ampunnnn mas toraaaa, ampunnn Mas Gun!!!!)

Nah kalo bagian nendang2 udah, baru deh pake sarung tinju….beughhhh berasa kayak street fighter ….

And yes, I love this part, suka banget. ini bagian intinya yaitu jab, cross, knee, push, kick, elbow,Hook, upper cut.Β (Istilah-istilah gerakan yang kita musti lakukan di kelas muay-thai,kira-kira kayak digambar ini deh)

Keliatan banget masih amatirannya, tapi udah gaya aja minta difoto :D

Keliatan banget masih amatirannya, tapi udah gaya aja minta difoto πŸ˜€

Hari Pertama Muay-Thai saya langung berasa Fresh banget, Ya gimana ga fresh kalo keringat keluar bercucuran kaya abis di cemplungin di bak mandi. Aseli basah sebasah-basahnya, Padahal saya tipe yang susah berkeringat.

Tapi jangan tanya kayak apa sakitnya badan saya pas malemnya….huhuhuhuhu sampai 3 hari saya ngerasain badan kayak abis di tindih tronton dan berasa kayak abis digebukin satu kampung. *yang in gak lebay deh*

Pokoknya saya cranky abeeesss dirumah, gara-gara badan sakit semua. Sempet saya putus asa, pas latihan ke 2 kok kayaknya bukan tambah gampang tapi malah makin susah dan ga nyenengin banget. Tapi kata si Trainernya emang gitu, kita bakal enjoy kalo udah join 4-5 kali latihan. Dan bener aja donk, setelah 4 kali latihan saya jadi nagih dan selalu ingin balik ke muay-thai camp untuk latihan.

Oh ya setiap sesi latihan, durasinya bisa 1,5-2 jam termasuk pemanasan. Tapi kalo lagi rame yah musti lebih lama dikit karena harus ngantri nunggu giliran. Tapi jarang sih saya ketemu yang lagi rame banget.

Yang latihan disini banyakan ibu-ibu, jadi kita nyaman-nyaman aja. Kalo laki-laki ada aja tapi ga terlalu banyak justru. Pernah saya terkaget-kaget liat ibu-ibu yang usianya kayaknya udah ga muda lagi, saya udah underestimate aja si ibu ini ga bisa nendang, ealahhh ternyata…dia super power banget,,,,saya kan jadi malu dan minder…Tapi berkat liat ibu-ibu yang kece-kece tadi saya jadi makin semangat, masak saya yang early 30 kalah ama mereka yang udah usia menjelang 50?? *kompetitif* Β πŸ˜€

Kalo latihan inti udah selesai, kita disuruh push up 60x, push up kiri kanan 30x, back up 20x dan gerakan-gerakan lain yang saya ga tau namanya apa.

hitungan bisa ditambah sesuka hati si trainer, dia ngeliat kemampuan masing-masing juga. Untuk Gerakan dan kegiatan pemanasan bisa variatif juga kok, kadang mereka ada-ada aja gerakan yang baru yang kadang bikin saya makin tersiksa pas latihannya tapi makin berasa manfaatnya setelahnya. πŸ™‚

Nah ini bagian yang saya paling suka, bagian penutupnya yaitu “pelemasan”…. Agak susah jelasinnya, tapi yang pasti ini bikin badan kita gak kaku dan seperti meringankan pegel-pegel yang ada.

Kalo soal cidera, yah namanya juga olahraga beginian yah, pasti ada aja cidera-cidera kecil. Waktu awal-awal latihan saya selalu dikasih pelindung kaki, pernah sampai biru lebam dan bengkak. Tapi mereka punya minyak urut yang katanya dari Thailand juga, nah si mas Tora salah satu pelatihnya itu bisa ngurut-ngurut yang keselo. Tangan saya juga pernah luka, yang seperti saya lagi alamin lagi sekarang, jadi karna pergesekan di wrapnya, pas latihan nonjok2 itu kayayknya. Dan sepertinya kelingking saya juga lagi agak keseleo Β beberapa hari Β ini. Tapi saya gak penah ngeluh kalo soal beginian, karna ya itu tadi…I always feel good after Muay-Thai.

Berikut ini persiapan sebelum ikut Muay-Thai

1) Fisik harus dalam keadaan fit, kalo lagi kurang fit mending jangan dipaksain datang. Apalagi kalo malem abis begadang, yang ada lemes banget dan powernya ga keluar pas latihan. (saya pernah kejadian begini)

2) Pastikan makan minimum 2 jam sebelum latihan. Dan jangan sampe lagi dalam kelaparan pas latihan, yang ada ambrukkkk. Kalo kekenyangan pun salah besar….ulu hati bisa nyut-nyutan saking sakitnya.

3) Yang perlu dibawa yah pake baju olahraga yang nyaman. Β Gak perlu sepatu olahraga, gak pake alas kaki kok, dan pastikan bawa handuk..karna keringatnya super duper bikin kuyup. Plus jangan lupa bawa botol air minum. Bawa hand wrap sendiri (bisa dibeli ditempat latihan), kalo sarung tinjunya mereka punya, jadi ga usah repot-repot bawa. Tapi sekedar mengingatkan kalo yang namanya fasilitas umum itu udah pasti ga enak. duhhhh baunyaaa semriwingggggg….. Ada aja yang baunya kebangetan. Saya sih belum punya, kemaren itu mau nitip ama temen yang lagi ke bangkok, eh dia ga nemu. Soalnya harganya bisa 2 kali lipat mahal disini. Dear temen-temen yang ada rencana Β ke Bangkok dalam waktu dekat ini,,,,saya mau donk nitip sarung tinju ya,,,hehehehe

4) Rasa-rasanya emang itu aja deh dulu persiapannya. Kalo ada yang mau nambahin…yuk monggo..

Sejauh ini saya seneng banget tiap mau latihan Muay-Thai, cuma sayang saya ga punya banyak waktu aja. Beruntung tempat Muay-Thai ga jauh dari tempat kerja saya, dan saya selalu bisa sempet kesini kalo pulang kerja dan ada jam lowong. Misalnya murid les private saya bisa les jam 5, jadi saya kan pulang jam 3 tuh, nah bisa deh datang ke camp dan latihan, walaupun harus agak buru-buru. Sebelnya karna hari minggu mereka ga buka, kalo sabtu cuma ampe jam 6 sore aja, ih gak seru yahhh. πŸ™‚

Segitu dulu aja ya cerita saya tentang olahraga yang saya lagi gandrungi ini….semoga bermanfaat… Ada cerita tentang jenis olahraga lain yang udah pernah kalian coba atau sedang gandrungi juga? boleh cerita disini,,,,,

SALAM OLAHRAGA!!!

πŸ˜€

XOXO

Joice

Lodoh....mau pengsannn rasanya

Lodoh….mau pengsannn rasanya

20 thoughts on “Always Feel Good After Muay-Thai

  1. Joiiiceeee…! Kamu keren sekaliiii…!
    Aku olahraga lari aja nggak konsisten, gimana mau nambah muaythai…? huhuhu…
    Sesuai dengan kelambanan ini, rasa2nya olahraga yg cocok buatku cuma window shopping, deh.. πŸ˜†
    Eh tapi benerrrr… olahraga itu tergantung niat ya, kalo dari awal udah nggak terlalu niat, ya jatuhnya jadi maju mundur doang kayak aku iniiii….
    Terakhir senam duluuuuuu banget, pas baru ngelahirin Andro (heh? Udah 7 tahun yang lalu? Huhuhu) sampe sekarang belum senam2 lagi. Pengen banget BL lagi, cuma waktunya itu lohhh…. *nyalahin waktu* πŸ˜†

    • Ah mak A3 tengkyuuuu…lah tapi ini juga susah kok nyari waktunya
      pernah rest juga 2-3 minggu. Kalo lagi aktif pun paling bisa 2x seminggu. Itupun sekarang gara-gara ada perubahan schedule jam ngajar privateku. hehee

      Ayo mak A3 walaupun kuliat di IG difoto dirimu tampak kuyusss…..olahraga tuh udah pasti gak rugi. emang sih memulainya itu paling malessss

      • Bukan kurus, Jo. Kuyu capek ngurus ini itu, huhuhu…
        Eh tapiiii… ini loh, liat perutku… ngeriiiii…! 😦
        Pengen bener olahraga lagi, biar segerrrrr…. kalo langsing kan bonus, yes? πŸ™‚

      • Aku dukung ya makkkk!!!
        *tapi nyari waktu yang paling susah* kecuali dirimu dah pake ART lgi mak…pasti bisa, olahraga pake DVD aja kayak diriku, beli DVD yang mirip2 gerakan muaythai. jadi kalo ga sempet ke camp.latian dirumah.tapi tetep aja sihhh kagak maksimal!! hahaha

  2. kereen kaak πŸ˜€ denger2 katanya kalau olahraganya kayak beginian, tubuh akan terus membakar kalori hingga beberapa jam berikutnya setelah selesai olahraga… nggak seperti olahraga macam jalan kaki atau lari yang pembakarannya akan berhenti begitu kita selesai.

    • oh ya??? wah aku baru tau loh mess…..
      asik banget donk yaaa bisa ngebakar terus
      tapi emang mess, kalo aku abis laithan tubuh rasanya panas keluarin keringat terus….lama banget baru bisa adem…tapi udahannya fresh banget
      makanya aku bilang always feel good after muay-thai.
      tapi ya itu pas latihan tersiksa banget dibagian pemanasannya..:)

  3. Pingback: #MenujuLangsing2013 | Joeyz14

  4. mbaaak, aku baru baca nih πŸ™‚

    Aku skrg lagi rajin zumba, via….youtube πŸ˜› Kalo mau ikut kelas2 muay thai dll, sebenernya pengiiin, tapi apalah daya, skrg pulang kntr ga bs kemana2 kudu ngajari sidqi bikin PR hiks *curcol

  5. Mba mau nanya nihhh, aku pingin ikut muay thai kalo awal kesananya baju buat olahraganya di pake langsung apa bawa baju ganti mba biasanya? Makasihh

  6. Mba mau nanya nih saya pingin ikut muaythai as awal dateng kesana biasanya baju buat olahraganya dipake langsung atau bawa baju ganti disana biasanya?

Leave a Reply

