Mencintai Mereka

Pagi tadi saya tiba-tiba keinget Keken, Marti, Azka,Wildan,Kezia, Joshua Rama, Ashley, Mike dan Yang-Yang.

Mereka adalah sebagian murid2 saya dulunya waktu mengajar di sebuah sekolah yang lokasinya di Fatmawati-Cilandak (sekarang udah pindah Gedung)

Bukan sekali-dua kali saya sering teringat mereka. Sering.

Saya selalu merindukan mereka.

Itu adalah momen mengajar yang paling singkat plus paling berkesan sepanjang umur hidup saya.

Saya hanya menghabiskan beberapa bulan mengajar disana.

Well, sebelum saya bahas lebih jauh, saya mau bilang kalo murid-murid yang tadi saya sebut diatas adalah murid-murid yang berkebutuhan khusus.

Ya, mereka yang disebut sebagai penderita Autism (High function)

Awal saya mengajar disana, karena diajak teman yang sudah lebih dahulu mengajar disana, singkat cerita saya diterima dan saya ga nyangka bakal ditempatkan di bagian LEARNING CENTER (LC).

Sekolah ini cukup unik. Mereka punya beberapa kelompok. Tentunya group paling besar adalah kelas mainstream (untuk anak2 pada umumnya)

Ada LC (learning center), untuk anak2 yang menderita Autis-high function. Artinya, anak-anak dikelompok ini masih bisa belajar akademis selayaknya yang di mainstream tapi jumlah maksimal tiap kelas adalah 2 sampai 3 orang. Kebanyakan sih 2 orang, dengan 1 guru.

Ada LSU (learning support Unit) untuk anak2 penderita Autis high function tapi dengan usia yang sudah beranjak remaja (SMP /SMU)

Nah ada juga SN (special need) ini yang memang sangat-sangat berkebutuhan khusus.

Ada juga unit yang khusus buat anak-anak yang punya kesulitan konsentrasi, tapi saya lupa namanya.

Nah sistem belajar disini sangat unik menurut saya. Uniknya adalah karena anak anak di LC atau di LSU ada saatnya akan gabung dengan kelas mainstream.

Btw, kata “mainstream” yang sekarang tenar itu udah dipakai ama sekolah ini dari dulu. Kelas mainstream untuk anak2 pada umumnya.

Ohya, kalo Kelas SN (special need) belum boleh gabung sama mainstream, karena emang masih terlalu sulit buat mereka.

Jadi gini misalnya: Sebut aja Yang-Yang. Usia Yang-yang saat itu adalah 7 tahun, kemampuan berfikirnya sungguh luar biasa, terlebih urusan Math or hitung2an. Nah jadi setiap pelajaran Math di Grade 1 (primary school), Yang-Yang boleh gabung di kelas Mainstream.

Lalu ada Keken yang saat itu usianya sudah sekitar 10 tahun, dan Keken punya sense of art yang tinggi, maka Keken boleh gabung ama kelas mainstream setiap pelajaran ART.

Ashley  jago banget di Language, jadi tiap Jadwal Language dia gabung ke kelas  mainstream.

dan lain-lain………….

Awalnya saya bingung, buat apa sih kok ribet gitu?

Ternyata itu adalah salah satu hal yang melatih mereka juga untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain diluar LC. Juga memeberi kesempatan pada mereka untuk merasakan kelas yang sama dengan anak-anak lain. Yah walaupun tetep mereka dengan “dunia”nya sendiri.

Tapi yang bikin saya selalu terharu adalah melihat sikap dari anak-anak lain dikelas mainstream terhadap anak-anak di LC or LSU, bahkan di SN.

Mereka yang di kelas mainstream sangat menghargai anak-anak dari LC, LSU, dan SN. Mereka tidak pernah menertawakan bahkan mengejek murid-murid kami. Mereka bahkan selalu menolong jika ternyata ada yang mengalami kesulitan.

Bisa bayangin kalo diskolah biasa, pada umumnya yang ada anak-anak ini akan jadi sasaran empuk untuk di bully. (pada umumnya loh ya, ga semua juga lah)

Suatu kali, tanpa menyebut nama. Ada anak murid saya dari LC, yang tiba2 mau ketoilet, karena dia usianya sudah 12 tahun, jadi ke Toilet sudah bisa sendiri, nah tiba-tiba ada anak Junior high yang lagi jam P.E di lapangan basket naik ke LC dan lapor kalo murid kami tadi abis buka celana ditengah2 lapangan basket dan dia pamer2 “itu” nya. Hiksssss kita langsung buru2 bawa sianak tadi ke atas. Ya, aksi mereka emang sering ga diduga-duga.

Kadang-kadang ada yang suka lari ke lapangan basket saat jam istirahat dan dia line dancing sendiri. Nah kita sebagai gurunya langsung lari deh bawa si anak keluar dari lapangan.

Ada anak yang lain dari LC yang terobsesi dengan military thingy, bakal lelompatan dan pura2 jadi tentara yang siap menembaki musuhnya. dan dia bisa ngelompatin siapa aja yang posisinya lagi duduk or jongkok. Jadi berasa kayak ada musuh terus dia. Dan ya ampun, pernah juga dia ngelompatin salah satu guru yang lagi hamil tua dan posisinya duduk di bawah. Yahhh emang bikin speechless sih. Tapi anak-anak murid di kelas mainstream aja sangat bisa menghargai mereka. Kitapun harus lebih dari itu. Bahkan kadang kita harus berpikir , bagaimana supaya kejadian serupa gak terulang.

Ada diantara mereka yang terobsesi dengan “brand” or merk. Jadi kalo kemana-mana yang dia perhatiin brandnya. Misalnya Sharp, samsung, hyundai, Nissan dsb. Dia bakal tetep ulang-ulang itu semua sampe dia capek sendiri. Tapi disaat yang bersamaan juga itu tugas kita sebagai guru untuk bisa bikin dia “back to track” lagi terlebih bila saatnya tiba untuk konsentrasi di jam pelajaran.

Ada juga diantara mereka yang sering menceritakan kejadian2 lama secara spontanitas. Jadi istilahnya sia anak suka tiba2 keinget kejadian yang udah terjadi berbulan-bulan lalu. Nah nyeritainnya itu ga pandang waktu. Bisa sesuka-suka dia saat dia ingat. Bisa tiba2 saat dia lagi dipertengahan makan, or nulis or bahkan saat gurunya menerangkan.

Belum lagi kalo saatnya mereka tantrum, wahhh yang bagian ini saya aga sedikit kesulitan karna masih baru dan saat itu saya masih muda banget. Umur saya 22 waktu itu. Saya musti panggil guru senior kalo udah ada anak yang tantrum. Bener2 saya liat bagaimana sabar dan tough nya semua staff pengajar disiana.

Saya inget selalu pesan si atasan saya kalo untuk mennjadi pengajar disini, guru bukan hanya dituntut supaya sabar, melainkan “TOUGH”

Yes, TOUGH!

Gimana ga tough, kalo tiap hari kita mesti mengeluarkan energi yang super untuk bikin mereka bisa tenang saat belajar, bahkan untuk fokus. Bahkan saat jam makan tiba, kita harus duduk bersama-sama mereka sambil supervise mereka makan. Menunya juga ga bisa sembarangan. Kita udah hapal mati menu si anak masing2nya. Belum lagi ada yang harus minum obatnya tiap jam 11 siang. Pokoknya bener2 energi terkuras habis. Kadang ampe ga nyisa. *Nggak lebay! seriusan*

Well, itulah segelintir kenangan waktu saya bekerja sebagai guru anak-anak di Learning Center.

Sungguh singkat memang, tapi saya ga bisa lama-lama disana. Yang pertama, jaraknya yang jauh. Saya tinggal dicengkareng dan harus berangkat jam 6 pagi untuk tiba di Cilandak jam 7.30. Bukan hanya itu, perjuangan mendapatkan bis or angkutannya pun sulit. Sungguh sulit.

Yang kedua, yang seperti saya bilang tadi, bahwa selain saya udah capek dijalan, energi saya bener2 ga bersisa pas udah nyampe rumah. Jadi mama saya yang komplen karena badan saya ini emang agak ringkih.

yang ke 3, hmmmm perlu disebut ga ya? oh jadi emang saya punya boss yang hmmmm….lanjutin sendiri aja deh ya! But I can deal with it….. beneran bukan karena dia saya resign, tapi emang karena energi saya tadi udah abis2an.

………………………………………………………….

Lalu saya resign…………….sedih harus pisah sama anak2 didik tercinta….

……………………………………………………………

2 YEARS LATER…..

iya 2 tahun kemudian, saya udah mengajar di tempat lain, tiba2, saya kangen sama anak2 di LC, lalu saya ke resepsionis di sekolah dan saya nelepon ke LC, and here is the conversation:

Me: Good afternoon Ibu, Its me Ibu Joice

Ibu S :Hey, ouhhh good afternoon Ibu Joice. Really? is this Ibu Joice?

Me: Yes, why? (saya bingung kok kayak kaget gitu)

Ibu S: well, joice kamu punya ikatan batin sama anak2, terutama sama Marti

Me: wah, emang kenapa bu? (bener2 bingung)

Ibu S : Jadi dari tadi pagi si Marti (Salah satu murid di LC warganegara filipin) panggil2 ibu joice terus menerus…gak berhenti2 dia panggil kamu joice

Me: oh really? masa sih bu?

Ibu S: Iya kamipun guru2 heran, terus kita mau hubungi kamu tapi kami takut ganggu karna pasti kamu lagi ngajar juga, dan eh pas banget kamu nelepon. Ya udah, sekarang kamu bicara sama marti ya Joice.

*lalu telepon pindah ke Marti*

Me: Hello Marti……how are you…..its me Ibu Joice…

Marti: Ibu Joice….Ibu Joice… (diulang2 aja gitu)

Me: do you still remember me, Marti? (Sambil mata udah berkaca2 nahan haru)

Marti : “Yes……Ibu Joice…Ibu Joice…. (lagi, diulang2)

Me: ” What did you eat for your lunch today?”

Marti: “rice and tofu”

Me: “Be a good boy okay Marti….I miss you and I love you very much….”

Marti: Yes, Ibu Joice…..Yes Ibu Joice….. (diulang ulang lagi)

Me: “Ok, I have to go now Marti….bye now…”

Marti: “Bye bye Ibu Joice, bye Ibu Joice”

*telepon ditutup*

*lalu mata sembab*

Hiksssss….saya kangen banget…………. MARTI dan yang lainnya….

Sebenernya saya ga terlalu deket dengan Marti, karna jarang ngajar dia. Paling kalo Math gantiin temen saya yang lagi halangan, tapi saya kan selalu nemenin mereka makan tiap hari, dan Marti selalu bawa popcorn buat snacknya. Saya masih ingat betul itu. Marti…..I miss you nak!

Saya suka terheran heran, bagaimana kuatnya memori mereka terhadap hal2 yang sudah lama terjadi….. Marti masih bisa inget saya setelah 2 tahun ga ketemu.

Bukan cuma itu. Suatu hari saya dan uppa lagi jalan-jalan di Plaza Indonesia, saya naik escalator dan ada seorang anak remaja wanita berambut panjang bermata sipit yang digandeng ayahnya turun dari escalator, dari jauh saya merasa wajahnya familiar buat saya. Lalu semakin dekat saya semakin jelas melihat bahwa gadis remaja itu adalah Keken, murid saya di LC dulu. Pas tiba kami berpapasan, si Keken tiba2 teriak,

“Ibu Joice…Ibu Joice……………”

saya kaget, surprise dan karna escalator tetap jalan, saya pun ga sempet berkata2 selain mengucapkan “Kekennnnnnnnn, you are so pretty”

Tapi mungkin dia ga dengar dengan jelas….

Hiksssss….saya terharu dan jadi cerita panjang lebar tentang Keken ke si uppa yang berdiri disamping saya.

Andaikan suatu hari nanti saya ada waktu, pengen bisaketemu mereka lagi…

Mengajar mereka berarti mencintai mereka dengan setulus hati.

Walaupun energi saya habis setiap harinya, tapi saya sangat mencintai mereka. Namun kondisi ga memungkinkan.

Seperti yang dikatakan atasan saya tadi, bahwa untuk menjadi guru buat mereka, bukan hanya sabar, tapi TOUGH!

Dan saya rasa, saya ini kurang TOUGH, menunggu bis berjam-jam, bersesakan untuk mendapatkan angkot, menembus macet dan semua sungguh ga bisa ditolerir……

Saya berdoa semoga mereka tumbuh menjadi orang- orang yang sukses dan bisa lebih independent  dan terlebih mereka bisa bahagia selamanya…Amin!

Oh ya satu lagi harapan saya buat mereka, semoga masyarakat dan orang2 disekitar mereka bisa menerima mereka dengan setulus hati bukan menertawakan bahkan mengejek mereka. Dan hmmmm semoga “kata AUTIS” juga tidak disalahgunakan, seperti yang sudah sering dibahas dimana2, banyak orang yang degan mudahnya bilang “duhhh gw lagi autis nih” padahal lagi asik main candy crush”

hmmm ga maksud nyindir ya, tapi emang kita ga tau bagaimana sakitnya perasaan orangtua terlebih ibu yang melahirkan mereka ketika derita anak mereka dijadikan lelucon bagi orang lain.

Well, enough said!

Saya berterimakasih pada Tuhan bahwa saya pernah diberi kesempatan untuk bersama-sama dengan mereka, melalui mereka saya diajari untuk lebih bersyukur untuk hidup yang saya punya.

Saya ingin kita semua melakukan hal yang sama,

Mencintai Mereka……………………

xoxo

Joice

pic is taken from here: http://edition.cnn.com/2009/HEALTH/03/30/hm.autism.teacher/

pic is taken from here

18 thoughts on “Mencintai Mereka

  1. waaa pasti terharu ya ngeliat mereka masih inget gitu…
    apalagi yang si marti sampe manggil2 nama lu dan pas kebetulan lu juga telpon… kok bisa gitu ya…

    • iyesss ko arman,, sangat terharu. Ga kebayang mereka udah segede apa sekarang. Secara Gw ngajar disana tahun 2004….Its been a long time

      Gw dan Marti bisa klop begitu juga ampe sekarang ga ngerti. 🙂

  2. Wuaaahhhh, Jooooo…
    Aku terharu tahuuuu, bacanyaaaa…..
    Sampe sekarang msh suka denger ada orang yg menjadikan autis ini bahan becandaan, dan biasanya sih suka langsung kutegur. Please deh, ya. Autis itu nggak lucu kali, kalo kita udah kenal orang yg berjuang habis2an ngegedein anak autis….
    Salut sama semua ibu, dan guru, yang bisa sabar dgn anak2 berkebutuhan khusus itu..

    • Bener mba fit. Aku ga kebayang how tough being their parents
      dan disekolah ini selalu rutin diadakan seminar or sharing sesama parents supaya mereka tetep semangat

    • Ahhhh thank u mayaaaa….tapi mereka emang bikin kita tiap hari makin bersyukur ama hidup yang kita punya….tapi ya gampang untuk jadi guru yang tough buat mereka. Nah aku contohnya, ga sanggup fisikku

      • Hei dengan berani nyoba aja kamu udah kuat loh Jo. Ga semua orang bahkan punya nyali buat nyoba dan ngejalanin itu. Biasanya kan orang udah jiper duluan ya 🙂

  3. guru itu ibarat orangtua selama di sekolah kan ya?

    wajar kalo guru punya bonding tersendiri dengan anak muridnya.

    Salut banget sama orang-orang yang memilih profesi sebagai guru. Pasti hatinya seluas samudera karena diberikan stok sabar yang luar biasa.

    De kagum sama kamu, Joey!

    • Thank u mba De,
      Iya guru seharusnya bisa jadi pengganti ibu disekolah. Punya stok sabar itu yang penting dan tentunya musti konsisten dalam ngejalanin rules. Hiksss yang ini juga PR banget kadang! 🙂

  4. Gosh, i’m happy for you, being blessed throught out your students life…..
    i learn my lesson tooonce i heard a worship song from tongueless people, made me give thanks evermore since…….
    btw, br ngerti skrg knapa sekolah anak berkebutuhan khusus itu mahal……
    salam kenal mbak……

    • Hi salam kenal juga pak dokter
      wah pengalaman yang menarik banget pernah meyaksikan itu… ya kadang2 kita belajar banyak dari mereka……dan ya sekolah anak2 itu sungguh mahal, ditempatku mengajar dulu thn 2004 $6000 per 3bulan…

  5. Pingback: Day 8 : A Movie That Makes You Sad | Joeyz14

Leave a Reply

