Cooking Challenge

Sejujur-jujurnya……

cooking is not my thing!

Tapi coba liat kegemaran saya dibawah ini, apakah ini cukup mencerminkan kalo saya hobi or jago masak?

1) Hobi banget nonton acara masak-memasak, kayak masterchef or acaranya bu siska di Indosiar dulu yang  tampilan tetap paripurna (ngomong2 ada yang tau ga sih gimana cara masak dengan tampang tetep kece, muka dan rambut ga lepek and kucel gitu?) *ahhhh sudahlahhh…lupakannn* 😀 😀

2) Hobi banget beli-beli buku resep tiap  ke Toko buku.

3) Hobi beli tabloid Nova, bukan liat cover nya lagi gosip artis siapa, tapi resep dapur nova apa yang lagi dimuat?

4)Hobi catet2 resep, kunjungi blog2 orang yang punya banyak resep masakan.

———————————————————————————

Oke sampe situ dulu ya….

Dengan hobi2 yang saya sebut diatas, apakah kira-kira menjadikan saya rajin memasak? apa rajin bagian makannya doank?

Nampaknya jawaban yang terakhir….

Hehehehe *dilempar centong ama penggorengan* 😀

Okelah yaaaa, yang namanya di blog dilarang pencitraan *padahal sering* 🙂

Tapi khusus edisi ini, bener2 ngaku kalo sebenernya saya ga bisa masak, plus emang M-A-L-E-S!!!!

Ibu2 macam apa ini, kok ga bisa and malas pulak masak?

*lalu dijawab, “Ibu2 malas lah namanya”………….wekkkkkk

Sebenernya saya dari SD dan adik saya lumayan mandiri ngerjain semua kerjaan rumah yang dibagi ama nyokap. Si emak and bapak kan kerja. Kami udah ditinggal aja di rumah. Saya bahkan udah kepasar belanja keperluan dapur naik sepeda berbekal catatan dan uang yang sudah dikasih mama saya. *coba mana tepuk tangannya???…………..

😀

Tapi ya itu dia,sejak kedatangan tante saya yang rajin banget dan ga bisa diem untuk tinggal dirumah, kami jadi dimanjain si tante, dia mau ngerjain semua, dan kamipun jadi mulai males. Tapi itu ga berlangsung lama karna kami musti pindah sekolah di sekolah berasrama di kota Malang dan lanjut di Bandung.

Hidup diasrama selama 7 tahun yang semua2 urus sendiri bikin kami jadi males ngapa2in kalo pas lagi pulang ke Jakarta. Ceiritanya sih mumpung dirumah, mau leha2 ahhhh! *Lalu di pulos dan dibalbal mamak* >> yang ini serius dah! hahahha 😀 (yang ga tau artinya, tanya mak ephraim 😀  )

Pokoknya intinya jadi anak gadis yang males deh!

*no pencitraan, inget jo! no pencitraan!*

Iyeee iyeee….pokoknya males….apalagi masak2 didapur.

Saya akhirnya mulai mau masak2 sdikit waktu kerja dibandung, trus liat temen yang masak sendiri makanannya, trus saya jadi pengen juga. Saya inget banget pertama kali belajar masak ama Dewi (temen saya itu), adalah belajar bikin Bak pao dan perkedel kentang. Terus belajar masak ama temen sekos orang manado, yaitu ayam woku! duhhh ampe sekarang saya hapal mati tuh resep ayam woku ala si temen kos saya itu.

Berbekal ilmu Bakpao, perkedel kentang, dan ayam woku, maka setiap saya pulang ke Jakarta, saya akan menyajikan makan2 tersebut buat orang rumah. Lalu pujian2 mulai menghampiri…*mulai GR, lalu makin semangat masaknya* itu menu 3 jadi andelan selalu.

Ternyata itu ga berlangsung lebih dari setahun, saya udah mulai kerja di jakarta dan mulai males lagi masak, karna ada mamak yang masakin enak-enak tiap hari. Paling bantu2 kupas dan iris bawang, suruh ngulek juga dah males.

Sampe akhirnya saya nikah dan akahirnya sayapun mulai masak lagi. Penampakan menu2 masakan saya juga ajaib apalagi raasanya…blenekkk! karna newly wed aja tuh si uppa bilang enak2 aja masakan saya. Sampai saya akhrinya melahirkan Gwinette. Setelah lahiran saya makin ga ada buat masak memasak. Pokoknya intinya sih males. Toh diluar sana banyak kok ibu2 lain bisa ngerjain semuanya sendiri.

Akhirnya saya bener2 semangat lagi masak ketika Gwinette mulai MPASI diusianya 5,5 bulan. Walaupun menunya simple2, justru saya mau nyiapin sendiri, saya yang harus suapin dan Saya termasuk golongan MPASIZILLA konon waktu itu….hehehe… sekarang sihhh biasa aja 🙂

Nah pas udah beranak dua, udah mulai jarang masak buat Gwin, dan makin kesini makinlah males. huhuhuhu! *nutupin kepala, siap2 ditoyor*

Tapi ada saat2 tertentu saya pengen masak. Apalagi kalo Gwin lagi GTM, saya biasanya masakin dia pasta2 macam macaroni or fettucini carbonara (her fav!) Iya walaupun saya males masak, tapi musti bisa donk masak makanan favorit anak sendiri! *mulai deh pencitraan* 😀

nggak kok….dalam rangka hemat aja itu! 🙂

Nah setelah sekian lama ga masak-memasak (tapi tetep pantengin acara masak-memasak ditipi, beli buku resep, blogwalking di blog yang nampilin resep2) maka saya memutuskan untuk beli OVEN! *selama ini ga punyaaa loh saya!*

Setelah  nanya temen saya si Dina yang hobi baking2, saya beli deh OVEN yang ukuran sedang. Lalu kue pertama yang saya coba adalah “chocolate lava cake* yang tentunya GAGAL… lalu bikin yang ke 2, malah lebih parah tingkat kegagalannya….bikin ke 3? NO! KAGA ADA NYALI dehhh…nunggu si Jessie pulang aja ntar minggu depan.

Lalu bikin Muffin….
(gagal jugaaaaa)

Lalu say malessss! dan sebenerya susah and ribet bikin kue sambil di gerecokin the garunduls…..harus nunggu salah satu dari mereka  bobo dulu.

Ahhh dan saya bertekad, liburan 3 minggu nanti (yaitu sekarang), saya bakal praktek2 bikin kue or baking2. Oke maka selain guna blog ini adalah mencatat semua bitter sweet memories in my life , jangan lupa kalo diblog sendirilah kita bisa pamer2 sikit…hihihihi…nggak kok,,,,nggak! upload foto biar ga dibilang HOAX aja….hihihiihi….*DARAH PENCITRAAN MENGALIR DERASSSSSS sodara2….* 😀

Dan tetiba…..kayak ada suara2 memanggil dari dalam oven untuk segera saya abuse itu ovennya….. *drama* 😀

Yaaaa macam ditantang ama ovennya gitulah…

“hey, kamu Ibu2 malas, jangan kira,cuma beli buku resep dan nonton orang2 masak itu bisa bikin kamu bisa masak beneran ya?…hayoooo Come on abuse me!”

Gitu deh kira2 kalo oven bisa ngomong…jadi merasa ada cooking challenge disini….

tiap hari ada aja yang dimasak. yah minimum Nutrijel lahhh…atau masak aer panas buat mandi hahahahaha 😀

Mari kita simak foto2 dibawah ini tentang apa aja yang saya udah masak selama liburan 3 minggu ini. Dan ada beberapa masakan yang saya ulang2. Seperti macaroni panggang dan baked spageti plus muffin dan bolu.

Hari pertama: semangat bikin nastar. WANGI BANGET NASTARNYA...dan tentunya enak....

Hari pertama: semangat bikin nastar. WANGI BANGET NASTARNYA…dan tentunya enak….tapi maap bentuknya bongsor2…

Masih hari pertama: Bikin Klappertart... sebelum masuk oven

Masih hari pertama: Bikin Klappertart… sebelum masuk oven

Kirain klappertartnya gagal. Ternyata lumayan.. nyatet resepnya ada yang ga jelas step2nya. Ini versi klappertat yang paling saya suka..dari temen gereja (orang manado)

Kirain klappertartnya gagal. Ternyata lumayan.. dan ini nyatet resepnya ada yang ga jelas step2nya. Ini versi klappertat yang paling saya suka..dari temen gereja (orang manado)

Hari Ke 2: Bikin Bakpao (isi ayam dan isi nutella) tapi kurang lembut and mulus kayak bapao saya dulu

Hari Ke 2: Bikin Bakpao (isi ayam dan isi nutella)
tapi kurang lembut and mulus kayak bapao saya dulu

Entah hari keberapa: bikin macaroni Panggang! sakses cynnn! (paling gampil soale hehehe) resep nemu di gugel

Entah hari keberapa: bikin macaroni Panggang!
sakses cynnn! (paling gampil soale hehehe) resep nemu di gugel

judulnya sih pisang coklat nutela +palm sugar, tapi penampakan bagaikan risol gosong...hmmm tapi nutella ga bisa boong...endang bambang yudhoyono!

judulnya sih pisang coklat keju nutela +palm sugar, tapi penampakan bagaikan risol gosong…hmmm tapi nutella ga bisa boong…endang bambang yudhoyono!

Judulnya sih Brownies, tapi kok malah jadi bolu biasa ya? hmmm masih bisa dimakan kok! agak gosong bagian bawahnya

Di hari yang sama, abis bikin piscok diatas, bikin ini. Judulnya sih Brownies, tapi kok malah jadi bolu biasa ya? hmmm masih bisa dimakan kok! agak gosong bagian bawahnya

Baked spagetti...resep hasil blog walking..lupa punya siapa...tapi ini emang enak banget!

Baked spagetti…resep hasil blog walking..lupa punya siapa…tapi ini emang enak banget!

Rainbow cake

Rainbow cake

Rainbow cake! yummm... tapi sayangnya ini boleh dikasih ama murid private saya! hahaha....ajaib kalo ampe bisa bikin ginian

Rainbow cake! yummm…
tapi sayangnya ini boleh dikasih ama murid private saya! hahaha….ajaib kalo ampe bisa bikin ginian

dan juga yang ini....hahahaha.......(biar nambah2in foto dimari...biar cakepan dikit...LOL ) :D

dan juga yang ini….hahahaha…….(biar nambah2in foto dimari…biar cakepan dikit…LOL ) 😀

Apalagi yang ini.....huhuhu ini si the famous HONG TANG! dasar latah...dan korban sosmed...tapi emang rumah kan Ga jau ke PIK! ada jalan potongnya lagi. Ga ada salahnya nyoba ini. Ternyata enak tapi yah ga se spektakuler yang saya baca di review2 orang

Apalagi yang ini…..huhuhu ini si the famous HONG TANG! dasar latah…dan korban sosmed…tapi emang rumah kan Ga jau ke PIK! ada jalan potongnya lagi. Ga ada salahnya nyoba ini. Ternyata enak tapi yah ga se spektakuler yang saya baca di review2 orang..nih sengaja fotonya yang gede,,,biar makin ngilerrr 🙂

Sekian dulu ah main masak2an nya! Nanti kapan2 kalo mood datang lagi,,,bakal nyoba resep-resep baru. Pada dasarnya saya selalu ingin bisa masak makanan yang bener2 saya sukai or suami and anak sukai. Dan hmmmm sebenernya masih tertantang mau bikin QUICHE LORRAINE, wktu itu makan di padma hotel enaknya bikin hampir mimisan…(hahaha lebayatun)….lalu mba yo ngirim link resepnya….trus kemaren intip2 lagi link dan resepnya…dan nyali saya pun cemen to de max! belommm mampu aku mba yo! aku ora ngerti yang namanya “blind baking” itu opotoyooo?

Sampai jumpa di main masak2an berikutnya! 🙂

*apa kabar #menujuLangsingSehat2014 ???? *

25 thoughts on “Cooking Challenge

  1. aku kayak kamuuu hahahaha, kalo aku malah senengnya beli majalah masak, melototin blog2 food photo yah segitu doang Jo haha. Cuman kamu udah sukses dong, itu bisa coba2 dan sukses haha

    • hihihi ternyata banyak yang nasibnya sama kayak aku ….
      *trus bangga gitu jooo?* hahahhaa
      mba non! ayo masak2 lagi…ituloh temen si matt yang bule itu masak2 bareng dia aja mba non….kayaknya seru tuhhh

  2. Itu no 1-4 mah gue banget Jo *toss*. Nonton channel masak2, beli tabloid/majalah gara2 resep doang, nyatet2 resep, beli buku resep sampe udah numpuk. Prakteknya? Ya gitu deh cuma tinggal NIAT saja huahahaha. Pernah ding di praktekin sekali dua kali mah kalo lagi rajin cuma itu banyakan males nya. Tau ga yang bikin males masak tuh apa? Preparation nya sama beberes setelah masaknya. Asli bikin males duluan 😆
    Niat mulia gue sih ntar kalo udah pindah rumah punya dapur gedean pengen mulai rajin masak lagi. Mari kita amini rame2 aja ya 😆 *cross finger*

    • Mayaaaaa….hahhahahahahhaa

      *ketawa dulu ahhhhhh*

      iya mayyy gw juga kenapa demen banget ..dari dulu loh dari jaman tamat kuliah trus gw ngekost, bikin kliping resep2. Isi kliping puluhan yang di coba cuma 2 atau 3 resep. hahahha….
      kalo soal beberes pasca masak gw curang mayyy….gw manfaatin don tenaga mba sari dirumah…hihihihi *males gw, udah cape masak, musti nyuci2 lagi, masa di tinggal makan doank* (majikan ga mau rugi hahaha)
      asekkkkk ntar undang2 ya may rumah baru baking2 di dapur baru…cihuyyyyy!

      • Eh si Mbul sampe bilang dia nunggu doraemon aja ngeluarin alat yg bisa ngeluarin barang dari dalam buku biar buku resep gue tuh bisa berguna semua 😆 . Saking eneg nya kali dia liat bini nya doyan beliin buku resep tapi jarang di praktekin.
        Aaaaak curang, aku kan masih ber dua. Ga ada si mbak. Emang enaknya kalo abis masak itu ada yg beresin ya *lirik judes si Mbul*, jadi kan chef nya tinggal duduk manis aja makan :D.
        Siaaaaap, kumpul sari dah ntar pada house warming di BSD 😉

      • hahaaha…..*pukpuk mbul pake adonan kue*
        🙂
        asikkk , seru tuh may…nanti kita potluck aja biar seru,,,,
        *duhhh ngayal, kopdar aje blom kesampean*
        ahemmmm

      • Ahahahaha iya kasian si Mbul cuma kebagian baca resep doang Jo 😆
        hayuk kita niatin 2014 ini kopdar, deket juga Jo, malu sama jarak yes 😀

  3. Mantep Jo, kepicu juga untuk praktek. Gagal ngga apa-apa, coba lagi sampe sukses. Aku aja sampe sekarang buat bolu kukus, atasnya ngga merekah 🙂

    Hmm, blink baking itu istilah untuk bakar crust (kulit pie atau quiche) dicetakan rendah, atasnya adonan crust ini ditutup kertas roti dan ditimpa barang berat. Maksudnya supaya crustnya ngga turun. Setelah itu baru diisi adonan isi dan dibakar lagi sampe adonan isinya mateng. Blind baking itu juga membuat dasar crustnya tetep garing kalo kue mateng.

    • hihihihi…..dipanggil2 ama sang OVEN mab yo…plus libur juga ga tau mau ngapain. Jadi biar liburnya produktif, bikin kue aja(yang mana muay-thainya cuma 2 kali aja donk…hikssss)

      oke mba yoooo…suatu sat aku akan bikin quiche lorraine kesukaanku itu….nanti kalo aku mau tanya2 tentang quiche itu boleh email2 ke mba yo kan? *minta petunjuknya guru…..*

  4. Hong Tang itu ya, keparat banget, harganya mahal, antrinya luar biasa, rasanya gak spektakuler. Parahnya pas saya kesana, kamar mandinya yang bau lagi terbuka, jadi aromanya luar biasa. Langsung bikin pengen muntah.

    Nutella emang gak pernah boong; beberapa waktu lalu saya dan temen nyoba cupcake jelek di daerah senopati, tapi rasanya enak banget. Yang bikin Nutella pasti masuk surga!

    Itu naastarnya bikin pengen, gendut2 cantik gitu.

    • hahhhh bener banget mba, mengenai hong tang itu, apes banget aku duduk di pojok deket toilet, pas dah slesai anakku yang bontot pup lagi….dan hoki banget deh, pas mau ke toilet pas airnya mati! errrrrr!
      Yuppp Nutella digadoin aja enak yaaa

      Nastarnya bongsor2 ya… 🙂

  5. Jo, kamu pernah kerja di Bandung, toh? Di daerah mana? Panteesss, bolak balik ke bandung nggak pernah sekalipun nanya jalan ke aku, hahaha…
    Btw, sukses ih, baking2nya. Eh cieeee… udah bisa buka toko kue dong, niiihh… 😆

    • Iya mba fit, abis wisuda langsung disuruh jadi dosen honorer di kampus tempat kuliah. Males banget sebenernya tapi kayaknya mamak bapakku bangga, jadi kita perjanjian kalo aku dpt kerja di jakarta, aku boleh pindah, gak Pede ANAK S1 kok ngajar S1(wlpn ngajar anak tingkat 1, tapi kan still too young, jd cuma setaun ngajar situ) sambil kirim2 lamaran. Eh ia aku kan didaerah parompong. Bandung coret juga ga sih itu? secara itu kan ndesoooo gt mba fit! hihihi

      Kue2 nya ada yang sukses ada yang gagal…
      ini lagi mau bikin muffin lagi, buka laptop kalo aku mah masak2 memasak..hahaha *nyontek resep*

  6. Wah banyak bangeeett !! Eh beneran ya Jo, aku suka masak karena kepaksa…semenjak tinggal di luar mau gak mau harus masak sendiri kalo gak ya tekor beli mulu. Tapi berhubung suami jago masak dan bikin kue, sekarang kita bagi tugas deh… AKU MAU HONGTANG!! *ngiler berat*

    • Itu keliatan banyak karna kan masanya beda2 hari oppie..hehehe ini di recap semua….dalam satu postingan…..
      enak banget yeee punya suami pinter masak. Aku pasti minta dimasakin mulu…
      😀
      Hongtang itu overatted menurutku loh….

      • kok kayaknya yg di memory aku tuh HT enak bgt ya, udah lama makan disana mungkin krn lg bnyk yg posting2 jd nya ngiler yaa..Iya suami aku suka bgt masak, kadang pun dia yg masak selama seminggu huahhaa…*istri yg malas*

      • Emang enak sih, tapi terlalu ramai dibicarakan, kalo buat aku jadi kurang seru…..
        nyobain ini juga karna PIK itu deket dari rumahku 🙂
        duhhh ngomong HT ini overatted bisa ditimpuk penggemar HT nihhh hehehehe 🙂
        iyaaa HONG TANG emangggg enakkk kok… hihihihi

  7. mba jo…hahaha, aku banget itu ngumpulin resep2 ato nyari2 di google *abis itu dibikin?*, ya tentu aja engga…cuma jadi kliping masakan doang di rumah :)) *di lempar panci sama wajan sama suami*

    Tapi udah mulai insyaf masak2 soalnya kalo beli terus bisa jebol dompet..apalagi kalo suami request yah harus dibikinin…

    btw salam kenal yah mba,…

    • Hi Dian…salam kenal juga

      Peralatan dan bahan2 masak emang bikin kantong jebol…
      tapi tak apalahhhh yang penting puas kan? kita dan orang2 rumah tentunya 🙂

  8. Pingback: Cooking Challenge part 2 | Joeyz14

  9. Pingback: Kue Kesukaan Uppa (resep: carrot cake) | Joeyz14

Leave a Reply

