Updating status

Hidup di jaman sosial media katanya sih mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Bener ga sih? Jawab masing2 aja ya.
Dari jaman Friendster di tahun 2006 sampai hijrah ke Facebook tahun 2008 lalu ke twitter di 2009 trus ke Instagram dan belum cukup ribet..ditambah pulak ama path plus ini nih si wordpress yg akhir2 ini lebih sering ditengokin.
Friendster kan dah isdet, FB sempet kayak manggadua,tp skrng dah lmyan sepi olshop2nya. Lalu Twitter jarang buka. Dulu aktif ditwitter gegara itu tuh menjelang konser the cardigans. Jadi 2012 itu adalah paling aktif ditwitter.Fb hampir ditutup tp kok heran ga jadi2 mau deactivate accaount yah? *mungkin masih penapsaran or kepo liat para mantan or mantan kecengan or mantan HTS lagi pada ngapain aja* lol…hahahahaha
Instagram sih baru sekitaran tahun 2012 deh kayaknya mulai.Tapi beneran aktif update foto2 ya di tahun 2013. PATH ini nih yang jarang banget update meski udah lumayan lama tau dan bikin accountnya. Kaga ada special2nya deh perasaan. Soale kok berasa kayak FB aja sih menurut saya. Rese! Kalo kita komen distatus orang trus ada orang yang komen juga tp kita ga kenal eh trus kita ttp dapet notifikasi. Paling males kan. The best sosmed so far sih menurut emak2 rempong ini ya, si.IG dan Twitter itu.
“Lu gak nyenggol gw, yah Gw gak kena”
Gitu kira2 slogan sosmed dua itu. Yang artinya kalo ga dimention namanya yah ga dapet notif. Jadi kan asik notif ga bejubel pdhal kita ga ada hub nya ama komen orang2 tadi. *udah cukup ribet belom nih cara pembahasan saya* maappp yaaaa pemirsa…hihihi ini sebenernya saya mau posting apa sih ya tadi? Bisa lost gini….. hihihi…
Perasaan sih td mau posting tentang “updating status”
Ok, sebenernya sih ini semacam postingan tentang kenyiyiran saya ya kepada seseorang yang suka “Nyinyir-able” banget. Di Fb, pada jamannya dulu biasalah ya emak2 muda macam saya suka menggalau kalo liat anak sakit or ada sesuatu milestone yang menyangkut tentang anak. Saya sih lebih sering update status yang ga penting2 macam betapa senangnya saya karna ada libur seminggu, or sebulan… hihihi bikin ngiri orang ini sih maksudnya.  Pokoknya saya lumayan aktiflah updating status pada jaman baru2 punya anak. Saya sih biasanya bikin status tipe singkat dan ujung2nya ntar yang konyol dan mengarah ke lelucon ga jelas. Jarang deh update status bikin ayat alkitab, or kata2 motivasi macam mario teguh. Lebih sering ke yang bodor2 alias mengundang tawa. Eh ga mau munafik ya, tapi beberapa kali sih ada update status tentang kekesalan or kegalauan or kesedihan gitu deh. Yah tapi jarang banget. Itu pun kadang saya ga ngomongin straight to the point. Cuma ngasih clue aja. Contohnya, saya pernah update status begini : “what a big relief” >> nah status begini kan tipe2 yang mengundang kekepoan banget ya! Cuma status begitu doank tapi komennya bisa puluhan. Jadi itu status saya bikin beberapa menit pasca Sidang Thesis diatmajaya.HP saya lagi error jd uppa kan ikut nonton sidang jadi langsung pinjem bb nya trus apdet deh. Tipe status kayak begitu tuh sbenernya ga ada tujuan apa2 sih. Tapi buat orang2 terdekat saya, mereka langsung tau apa maksud saya. Maka langsung lah ucapan selamat datang berentetan. “Selamat ya kak” , itu kata adik saya.or “congrats jojoba,makan2 yaw!” Pokoknya gitu deh. Nah ntar kebawahnya ada deh itu yang nanya2 kepo “abis ngapain emang jo?” Dalem hati, yes berhasil bikin penasaran. Hahahaha……
Oh ya tadi sampe mana deh yg mau crita ttg status nyinyirable itu ya?
*lost mulu deh akika ya bok* :))
Nah jadi gini, saya sebenernya bikin postingan ini gara-gara kemaren saya update di sosmed. Kira2 gini nih bunyinya : “ada tips2 ciamik ga supaya anak 3,5 tahun gak ngompol tengah malem or menjelang subuh? Pdahal dah pipis seblum bobo”
Iya sih saya tau, nanya tips2 begini kok ya di sosmed sih? Tanya donk orang2 terdekat or gugel kek. Tapi ya gimana donk ya, kadang nih jari gatel aje gitu mau apdet..hahaha…
Tapi saya sih udah tau pasti ntar ada si “wati” (nama samaran) nih yang komen. Iya jadi si wati ini ya selalu komen kalo saya bikin status tentang milestone anak. Padahal jarang juga deh updatenya. Ujung2nya nih orang menceramahi saya. Iya iya saya tau kok kalo bikin status tipe yang minta masukan gini emang beresiko banget untuk diceramahin or bahkan di hakimi. Gapapa sih, soalnya saya juga kadang khilaf suka sok ceramah ga jelas gitu…ga sadar komen2 kita kadang bikin hati orang makin ngenes. Yang bikin status pun jadi nyesel ngapdet.
Tapi ga tau kenapa ya, nih orang yang namanya wati ini bener2 judgmental banget orangnya. Berasa paling pinter soal urusan anak. Yang paling bikin sakit hati ya itu jaman gwin baru lahir. Saya ditanyain pertanyaan standard yang ngeselin “lahiran normal or SC?” Belum cukup tersayat2 hati ini, maka ditanya lagi : “ASI or Sufor?” Prettttlahhhh!!! Nyebelin banget. Soale kan saya melahirkan secara SC dan ga berhasil nyusuin gwin.
Nah namanyapun ibu2 baru dan polos ya ditanya ya saya jawab “iya kak, SC…dan ampe skrng masih sufor, asi nya belum keluar” (waktu itu sempet keluar tp dikit banget trus gwin umur 1minggu masuk RS lagi 3 hari karna diare, jadi saya stres kan tuh maka makin keringlah ASI) dan sejak itu dia mulai cermahin saya, bikin lah postingan or share link tentang ASI trus nge tag2 saya. Padahal saya ga pernah loh update status yang minta tips2 supaya Asi banyak.Hadeuhhhh gak nolong banget tauk! Malah bikin saya sedih waktu itu. Bikin saya makin rasa bersalah ama anak karena kayaknya dosa besar banget ga berhasil menyusui….berasa fail jadi ibu. See??? Liat ga dampaknya? Yeah nyebelin banget emang. Tapi salah sendiri sih,kenapa juga saya dengerin tu orang… trus kenapa juga saya upload2 foto si Gwin tiap dia ulang bulan. Kan itu mengundang pertanyaan “ihhh gendut banget jo anak lu, ASI or Sufor?” *lempar termos susu* :)))
Jadi ya gitu emang udah resiko banget ya kita update status tuh udah pasti mengundang orang komen. Ada yang komennya tipenya Helpful banget >> sebenernya komen tipe yang ini yang saya harapkan datang,bukan yang nyiyir balik or tipe sok menggurui banget lalu endingnya judging kita ga becus or just did smthing wrong.
Ya ada kalanya sih orang khilaf ye,tapi kalo khilafnya terus menerus itu sih udah habit dan ga sehat lagi. Pengen sih nge unfriend nih orang tapi hmmmm gapapalah biar saya bisa kepo2 juga udah kayak apa sih hebatnya tuh orang? Hahahahaa dasar lu jo!!!
Setelah anak ke 2 saya lebih rilex, lahiran ttp SC, ASI juga cuma 9 bulan. Bodo amatlah mau baca komen apapun saya udah kebal…ga ngaruh. Oh ya wktu gwin umur 4 hari dan diopname lagi 3 hari karena diare, saya ga ngasih tau siapa2 dan ga ada update status apa2 apalagi sharing foto anak lagi terbaring di UGD dan ICU gitu. Males banget ntar dapet komen kepo and judgmental. Pokoknya gak guna deh. Ga ada yang tau kalo saya hampir mati terduduk sambil nangis didepan pintu ICU nunggu kabar Gwin apakah dia akan baik2 aja, karna rentan banget dehidrasi umur segitu.Apalagi Pas gavin umur seminggu juga gitu. Saking ngototnya saya utk kasih ASi, padhal emang produksinya ga memadai, jadi si Gavin pas checkup pertama, ternyata bilirubinnya 20,1 (gileee hampir ganti darah nih kata DSA nya kalo bilirubinnya ga turun after blue light treatment) sutreess berat saya wktu itu. Gavin di triple blue light selama 2 hari.hiksss sedihnyaaa. Tapi saya ogah update status. Bahkan keluarga mertua aja hampir ga saya kasih tau. Ya itu deh alesannya saya males dengerin ceramah2 yang endingnya ngejudge. Ga tau deh nih apa sya yang terlalu sensi apa gimana ya. Tapi khusus kasus si wati tadi, emang bikin kesel sih karna dia berasa paling hebat n pinter ya. Dalem hati sering ngomong ama diri sendiri, semoga gw gak kayak dia kalo ngasih komen2. Makanya kalo ada orang minta masukan diupdate statusnya dan saya berasa relate and bisa jawab ya saya jawab sih tapi biasanya saya selalu minta maaf dulu seblumnya “sorry ya gak bermaksud menggurui” (lahhh padhal udah mengggurui yakkk hahahaha) yah tapi setidaknya kita bermaksud baik kan ya. Misalnya aja waktu ada yang nanya tentang early childhood education ya saya mahhh pasti nyamber donk jawab panjang kali lebar soalnya ini kan emang bidang saya. Tapi ya itu tadi seblumnya say sorry dulu kalo2 orangnya berprasangka kita mau menggurui. Ya lagian kan situ minta pendapat kan ya? Hihihihi…
Ya udah segitu aja deh postingan tentang update statusnya….
Lahhh intinya apa donk nih?
Ya jadi intinya saya kaga demen ama si wati, nyamber mulu kalo lagi bikin status tentang anak di FB. Hahahahaa lol lol…..
Ga dink, saya cuma mau bilang aja ya trima resiko donk, sapa suruh update2 status apalalagi minta pendapat. Lagian kok minta pendapat di sosmed…. *nunjuk hidung ndiri* hahahaha (padahal ga jarang juga loh dapet info cepet dari sosmed) asal jangan apdet status aja pas anak udah keadaan gawat darurat. Iya waktu itu sempet salah satu admin group MPAsi bahas bagaimana manusia jaman sosmed skrng ini terlalu mengandalkan sosmed. Sampe2 pas anak sakit pun minta pendapat or update dulu baru kedokter. Bisa sih minta pendapat di sosmed. Cuma kalo udah gawat ya mending bawa aja duly ke dokter. Baru deh ntar bisa share di sosmed….
Gitu sih kata ibu2 admin di group itu.  Yah sekarang gimana bijaknya kita aja ya untuk mengontrol jemari kita untuk mengetik hal2 yang baik di status kita dan tentunya memanfaatkan sosmed sebaik mungkin. Jangan kayak saya juga ya yang terlalu sensi ama si wati. Hahahahaa…..sekian dan trimakasih  *abis nulis ini dapet komen judgmental ga yah?* haahhahaa..
Silahkan yang mau komen….tenang2….asal jangan kayak si wati…akik mahh asik2 aja kok….hihihi :)))))
image

24 thoughts on “Updating status

  1. Orang kaya si Wati itu sepertinya ada dimanapun deh Jo. Aku juga males bener ngeladeninnya.

    Sama seperti kamu aku juga ngga sreg liat update tentang ayat suci, prestasi anak, orang sakit dan orang meninggal di FB. Apalagi dengan foto. Makanya waktu adikku sakit kita sekeluarga sepakat untuk ngga share fotonya, to spare her some dignity.

    Aku udah setahun terakhir ini jarang update status di FB, enaknya ngeblog aja. Yang komen memang niat komen dan interaksinya lebih mantep 😉

    • Bener banget mba yo. Aku ga tega loh share foto orang meninggal. temenku si AK yang baru aja meninggal itu udah direquest ama adik and keluarganya untuk ga upload foto almarhum saat sakit dan dipeti. Tapi ttp aja ada yg posting. Ga menghargai permintaan keluarga apa ga mudeng.
      Kalo soal FB emang udah pernah hampir ga pernah buka. Eh trus krn banyak anggota keluarga udah fesbukan,kadang ngelepas rasa kangen mereka liat anak2 aja sih. Trus aku jd bisa liat foto and tanggal kapan foto diambil dr tiap album foto2 yg di upload di FB.

  2. Dah lama banget gak update FB langsung. Kalo update FBnya sih tiap hari kali Jo gw. Darimana? Dari publicize postingan di wp ke fb. Bahahaha. Kalo ada yang komen kek wati mah udah gw biarin aja. Kalo perlu gw unfriend deh. Hahaha.

  3. dah lama juga gak updet FB… ya kayak Dani, paling updetan dari wp aja. 😀
    soal kepo status itu mang banyak kok. sampe ada temen nulis id twit kepolicious. hahahaha. tapi ya kadang seru dikepoin, kadang ya betein juga sih kalau nemu yang kepo.

    • Haahhaha kepolicious…..sempet ga aktif lama banget di fb. Bahkan ditengokin juga nggak. Eh ga tau skrng kok nengokin lagi. Kepancing lagi update2 walaupun jarang banget.

  4. Ya ampun nyebelin bgt, kmu sabar ya Jo klo aku pasti udah aku sewotin, maaf saya judes hihihi. Ganggu bgt soalnya ya. Fb aku sempet lama aku deactivate dan thn kmren aku activate lg sblm thn baru, ih nyesel. Makin bnyk posting status gak penting kyk galau sm suami sendiri trus share hadits, ayat Al Quran yg memback up keadaan dia yg terzalimi. Oh emmm jiihh….Itu malesnya pny fb, mana klo komen dimana trus kliatan sm semua org. Gengges grrhh.

    • Ishhh gengges abis tuh orang ya. Alias bodoh pamer2 penderitaannya. Aku ada nih tmn or adik kelas yg updatenya selalu hal negatif. Menghujat papanya yang udah kawin lagi. Menghujat mulu deh status2nya. Ampe segala tukang parkir pun dihujat kalo bikin dia kesel. Kadang mikir..kesian amat hidup nih orang.udah lama may deactivate kok belum sanggup ya. Krna suka liat2 foto2 jadul disitu.banyak banget…..

  5. Komentar saya: wih gendut banget anak-anak lu. Asi apa sufor? *langsung digablok*

    Aku upload beberapa foto private untuk disharing dengan beberapa keluarga dekat di FB. Tapi entah mengapa FB sekarang gak private lagi. Foto yang ditujukan untuk orang-orang tertentu bisa dilihat orang lain. Alhasil muncullah gosip kawin lari itu. Jadi males sama FB, tapi belum sanggup deactive.

    • Hahahahah….dilempar termos susu mba ai….
      Ia sama aku juga tujuannya di fb krn bisa upload foto dan keluarga jauh bisa liat. Mereka suka bilang mana foto anak2? Ya bisa sih kirim via whatsaap to ga semua juga punya wa or bb. Dan ribet juga send satu2. Yang bikin aku sayang utk deactivate fb yah gegara album fotonya itu. Suka nostalgia dari foto2 yg pernah diupload. Dan iya tapi skrng susah mau private2 an di fb.

  6. ahahahahha Jooooo, aku jarang update fesbuk (dulu aja jarang apalagi skrg) tp blog mah dari dulu tancap dan skrg IG malah hampir nyandu *sudah tahap siaga I jadi mengatasinya dengan kasih waktu tertentu untuk lihat IG, upload foto dan liat foto lain* . Kalau updating status yang suka bikin keluar tanduk dan trisulaku adalah update status ‘thank God/alhamdulillah for bla bla bla —–> sambil nunjukin jam baru, mobil baru, rumah baru, tas baru, dan semua kebendaan lainnya deh. ahahahaah ini kayaknya bernuansa sirik juga ya. Tapi I found that ucapan thank God/alhamdulillah itu yang artinya bagus banget kok ya jadi basi, karena hanya jadi preambule buat pamer BENDA pula. Kalau pamer romantis atau anak terserah deh *eh siapa tau yg pamer tas/rumah/mobil tsb sebel ya sama yg pamer romantis/anak”

    • Iyaaa aku smpt udah mau deactivate dr kapan tau.krn smpt ga buka2 lg. Diliatpun nggak.eh skrng udah liat2 lg.sayang foto2nya.berasa nostalgia sih. Albumnya lmyan lengkap si gwin. Emang deh yang pamer2 barang juga genggeus banget. Apalagi yang mewah2. Ada tuh temen adikku. Haishhhh semua barang mewah dari suaminya diupload fotonya. Padahal aku tau cerita dibalik hadiah2 itu. Hahahahaha….ya kalo pamer romantis/anak karna kita juga bingung mak…apalah yang bisa kita pamerkan hahahaha…krna aku ingat postinganmu wktu itu kalo kita nulis sesuatu disosmed ya artinya kita siap or mau ga mau emang ada intention memamerkan. Kira2 gitu gak sih mak? Tp skrng tergantung pamer apa ya…hihihi *mudah2an aku ga dihujat ibu2 rabid* >>pdhal aku juga rabid hahahaha…..
      Skrng sosmed paling aktif cuma IG dan wordpress. WP ini juga aktifnyakan baru bbrpa bulan terakhir. Fb kadang ditengok kadang ngapdet (krna bnyk keluarga di fb yg mau updetan bocils) twitter jarang banget, path males krna berat n ga nemu fun nya.

    • Wah kalo gw suka apdet IG “alhamdulillah mayan” trus fotonya gambar Monas dan bertuliskan 5KM …. bikin tanduk keluar juga gak mak?

      *nunduk … melipir*

  7. Haduuuh… ini soal status memang gak ada abisnya ya… hihihi… di FBku juga sering tuh yg kayak gitu. Biasanya aku skip aja, melirik pun malas. Setuju sama commentnya Lorraine, orang/kerabat/keluarga yg meninggal atau sakit sebaiknya gak usah dipasang di status dengan fotolah, cukup kata-kata aja, mohon dukungan/doa gitu malah lebih pas.

    • yup bener banget mba, soal status emang ga ada abisnya. Eh sebenernya aku ga terlalu gimana sih, liat orang mau update apa aja. tapi kalo yang nge reply and nyamber mulu kaya si wati itu tuh aga rese. hihihihi……tapi itu resiko ber sosmed sih ya 🙂

    • iya resiko socmed dan apalagi FB terlanjur dipenuhi manusia2 rese!, tapi kalo di IG lebih fun orang2nya. makanya kudu digembok. hihihihii lebih bebas mau upload apa aja. 🙂

    • Hahahha iya mess, resiko ya! makanya paling males liat FB karna terlalu banyak orang2 kepo yang ga jelas. Makanya instagram digembok, dalemnya orang2 yang asik2 aja. heheheh.twitter mah udah jarang aktif jadi biarkanlah.

  8. Hahahaha sepakat mba!
    Sampe sekarang masih kurang paham Path ini enaknya diapain toh akhirnya postingan disana dishare juga ke twitter atau facebook. Kesannya jadi diulang-ulang kayak iklan obat batuk yang diulang 3x itu.

    Btw, dari judulnya kayaknya mau mengarah ke pembahasan sosmed, ujung2nya curhat yee mba :))
    Harusnya judulnya jadi “Wati oh Wati”
    << contoh komentar menggurui :p

  9. Di Norwegia sempet jadi headlines tentang keluhan para suster di bangsal bersalin, karena banyak ortu yang langsung sibuk apdet status FB dan foto2x di socmec lain di menit2x pertama setelah persalinan…. ini trend yang menganggu banget karena ‘menodai’ kesakralan detik2x hadirnya individu baru ke dunia. Jaman memang sudah berubah banget yah 🙂

    • Oh ya? Ampe segitunya ya mbak? Emang zaman socmed ini bikin banyak perubahan dlm lifestyle manusia ya….
      Kadan wondering abis socmed ini ada apa lagi yaaa? Kira2 kapan berakhirnya gituuuu

Leave a Reply

