Love You Forever [Book Review]

20140224_151409Love You Forever adalah judul buku cerita yang saya suka banget. Jangan harap ini isinya cerita cinta2an dua mahluk pacar-pacaran ya. Ini buku cerita antara sang Ibu dan anak. Buku ini juga dalam kategori buku cerita anak2.

Jadi sekarang saya mau review dulu buku yang menjadi favorit saya diantara buku cerita anak2.

Suatu kali, saya berkunjung ke Library disekolah tempat saya mengajar, saya sering ‘ngemper disini kalo lagi ada waktu lowong. Ngemper menjelajahi buku2 cerita untuk anak2, yang terkadang bikin saya ketawa karna lucu dan gemes liat gambar2nya yang unyuuu. Lalu dapetlah buku “LOVE YOU FOREVER” ini.

LOVE YOU FOREVER

written by: Robert Munsch

Illustrated by: Sheila McGraw

Jadi suatu hari sekitar tahun 2010 waktu itu saya baru masuk dari cuti panjang habis melahirkan Gwinette. Saya pilih buku cerita, untuk  saya ceritakan pada anak-anak. By the way, one of my favourite thing being a preschool teacher is story telling. Yes, ga tau kenapa saya suka banget ama story telling, dan dirumah pun Gwinette and Gavin seneng banget kalo saya udah cerita. Jadi dikarnakan kalo story telling itu saya bisa total banget, maka kadang yang ngeliat bisa  ngomong “lebayyyyy jo!!!* Hahahahah….. Tapi ya gitu deh, mood juga ga boleh lagi berantakan donk. Eh tapi kan jadi guru ga pandang mood ya harusnya….. *iya tapi guru juga manusia*

dari judulnya aja udah trigger pembacanya…..wahhh bakal romantis2an nih…hihihi

Sebelum saya bacakan ke anak2, tentunya saya udah baca dulu sekilas, dan saya rasa bukunya ga kepanjangan dan ga terlalu singkat. Ketika saya menceritakan ini dikelas, tanpa sadar saya udah nitikin air mata, dan yakkk si guru TK ini emang drama banget deh ya…cuma story telling aja pake acara nangis. hahahhaa eh tapi pasca saya nangis ini, murid saya yang ngerti banget kalo lagi diceritain cerita beginian, ikut2an nangis, tapi ya nangis karna haru aja sih. Dan besoknya mamanya bilang kalo Kelly terharu ama cerita Love you forever yang saya ceritakan, dan mamanya mau pinjem bukunya. Hihihihi….ampe segitunya yah. Ya udah mari kita lihat kayak apa isi bukunya.

Maka halaman pertamapun dibuka….langsung nyess banget liat gambarnya, karna saya baru lahiran Gwinette dan lagi sering gendong2 style begini. (baca: begadangan)

halaman pertama

halaman pertama

Halaman pertama dibuka dengan satu paragraph seperti berikut ini:

A mother held  her new baby

and very slowly rocked him back and forth,

back and forth, back and forth.

And while she held him, she sang:

I’ll love you forever,

I’ll like you like always,

As long as I’m living

my baby you’ll be.

Nahhhhh keren banget kan tuh kata2nya…..eits tapi tunggu dulu, coba kita liat kelanjutannya di halaman berikut

halaman ke 2: Si baby udah usia 2 tahun, bisa ditebak dari gambarnya beginilah gambaran kalo punya anak toddler dirumah....kayak kapal karam

halaman ke 2: Si baby udah usia 2 tahun, bisa ditebak dari gambarnya beginilah gambaran kalo punya anak toddler dirumah….kayak kapal karam

Disini ceritanya babynya grew and grew until 2 years old, udah lari sana sini, segala macem diberantakin dan ada kata2 yang lucu diakhir dari paragraph pada halaman kedua ini yaitu:

“SOMETIMES his mother would say, “this kid is driving me CRAZY!”

Yup, tanpa mengurangi rasa sayang pada anak, kita kadang suka ngomong gini jg kan…keadaan seperti ini ya emang hampir setiap hari terjadi kan? ya kan emak2 kece sekalian? *cari dukungan* hahahaha….percis kayak Gwin saat usia 2 tahun dia pernah ngolesin cream buat diaper rash yg dari MC itu yang warna putih, diolesin keseluruh tangannya dan wajahnya….haissshhhh horor banget dehkarna ngebersihinnya susahhh banget! hihihihi lucu sih kalo inget itu, tapi kalo inget CD foto prewed outdoor saya yang dipatahain sih nggak terlalu lucu deh…agak mengkel rasanya…hihihi pokoknya masih banyaklah ulah2 toddler yang ajaib.

Tapi coba kita intip di halaman berikutnya

malem2 pas udah tidur gini, ngeliatin anak kan suka rasa bersalah gitu ya karna siangnya bais marah2! hikssss

malem2 pas udah tidur gini, ngeliatin anak kan suka rasa bersalah gitu ya karna siangnya bais marah2! hikssss

Di halaman ini diceritain kalo malem pas anaknya dah bobo mamanya naik keatas dan nina boboin. Dengan lagu yang sama dia akan bernyayi:

I’ll love you forever, 

 I’ll like you like always,

  As long as I’m living

  my baby you’ll be.

he grew up now 9 years old

he grew up now 9 years old

Di halaman ini sianak lelaki itu udah bertumbuh jadi anak umur 9 tahun yang susah diatur. ya ceritanya emang anak umur segini lagi challenging banget kali ya. Belum ngerasain nih fase ini jadi ortu, tapi kan kita pernah jadi anak2 ya, jadi kayaknya saya juga umur  segini paling males deh disuruh mandi.Dan ada kata2 lucu disini:

The little boy grew. He grew and he grew and he grew. he grew until he was nine years old. And he never wanted to come in for dinner, he never wanted to take a bath, and when grandma visited he always said bad words. Sometimes his mother wanted to sell him to the zoo.

LOL…. hahaha sounds so bad! tapi ya kadang gimana donk ya kalo liat anak ga well behave gitu kita kan yang jadi emak bisa gemes sendiri.Bukannya kita gagal mendidik or gimana sih, tapi saya yakin lah ada fase or masanya masing2 kan. Kaga seru juga kali jadi anak yang budiman sepanjang hidupnya. Hihihihi….

Tapi tetep aja malemnya di gendong2 lagi and dinyayiin...so sweet

Tapi tetep aja malemnya di gendong2 lagi and dinyayiin…so sweet

Biar kata udah mau di sell di zoo tetep aja kalo malem di gendong lagi dan dinyanyiin lagi lagu kesayangannya

I’ll love you forever, 

 I’ll like you like always,

  As long as I’m living

  my baby you’ll be.

Kalo yang model begini mah emaknya bisa sport jantung alias stroke ditempat or minimum bengek ya,,,,,baderrr banget nih bocah!

Kalo yang model begini mah emaknya bisa sport jantung alias stroke ditempat or minimum bengek ya,,,,,baderrr banget nih bocah!

Aslii deh anak cowok satu bener2 bikin emaknya sutres tingkat dewa…..lah coba gimana itu kalo kejadian ama saya ya? Liat gavin dandan nge punk or dandan anak boyband trus nagajak temen2nya rusuh2an dirumah….errrrrr……*eh tapi ga bakal kejadian ya nak, nanti tak bikin rulesnya* hihihi DAN kata2 lucu di halaman ini adalah :

The boy grew. He grew and grew and grew.

He grew until he was a teeenager.

He had strange friends and he wore strange clothes and he listened to strange music.

Sometimes his mother felt like she was in  the zoo.

lol….lol  😀

😀

Yes so true,….emaknya dah berasa kayak di zoo sekarang.

Tapi sesebel2nya si emak ama anak, tetep aja anak udah lajang gitu masih di tengokin pas tidur. D

I’ll love you forever, 

 I’ll like you like always,

  As long as I’m living

  my baby you’ll be.

bandel2 tapi ngangenin...

bandel2 tapi ngangenin…

Trus si anak tumbuh besar dan akhirnya pindah rumah. ya mungkin ini berlaku untuk anak2 di negri bule sana kali ya. Kalo kita kan pisah rumah karna ngekost or tempat kerja yang jauh aja ya. Sebisa mungkin masih serumah ama sang ortu sampai melepas masa lajang.

He left home and got a house acrross town

He left home and got a house acrross town

But sometimes on dark nights thw mother got into her car and drove across town

But sometimes on dark nights the mother got into her car and drove across town

Bahkan saat anaknya udah pindah rumah pun, si emak tetep dateng dan masih gendong2 dan nyanyi lagu yang sama

 I'll love you forever,   I'll like you like always,   As long as I'm living   my baby you'll be.

I’ll love you forever,
I’ll like you like always,
As long as I’m living
my baby you’ll be.

Nah sekarang si ibu sudah semakin tua, dan suatu hari dia telfon ke anaknya dan bilang kalo dia sedang sakit. Si anak pun datang menjenguk mamanya.

When he came iin the door, she tried to sing the song. She sang:

I’ll love you forever, 

 I’ll like you like always,……….

But she couldn’t finish because she was too old and sick.

20140224_151657
The son went to his mother. He picked her up and rocked her back and forth,

back and forth, back and forth.

And he sang this song:

I’ll love you forever, 

 I’ll like you like always,

  As long as I’m living

  my MOMMY you’ll be.

20140224_151648

Yes….this one was the best part!

see!!! *nangis ga sihhhh?

ouchhhh I’m SO TOUCH by this story…..Gimana kisah dua mahluk antara ibu dan anak yang saling sayang walaupun sering berantem or jutek2an….endingnya begini….bener2 bikin terharu dan ngebayangin, apakah nanti saya akan begini dengan anak2 saya nanti? or akan tetep bisa bikin ibu kita bahagia sampai akhir hayatnya?

Saya sampai detik ini udah segede gini, udah setuir ini masih sering berdebat ama si mekmok (mamak)

Macem2 yang diperdebatkan, masalah urusan anak, urusan pendapat dan banyak lagi. Terlebih saat mamak memasuki masa manapouse, jadi makin sensitif. Lebih cepet tersinggung. Jadi serba salah. Tapi sebenernya kami saling tau kalo kami saling sayang saling cinta.

Siklus kehidupan. Kita jadi anak, lalu kita akan punya anak. Yes…..waktu saya baru lahiran Gwinette, saya peluk mama saya dan saya bisikin, “mak, terimakasih ya udah melahirkan aku dan merawat aku” kayaknya rasa gimanaaaaa gitu.

Iyalahhh bokkk akhirnya setelah kita bawa kemana2 si baby dalam perut selama 9 bulan, pas lahir kirain urusan dah kelar, eh ternyata jalan masih panjang didepan……panjang banget malah!!!!

Masa begadang sehabis melahirkan selalu saya bilang paling berat, tapi masa mendidik dan merawat anak adalah NO ENDING STORY! dan disitulah bagian terpenting saat menjadi orangtua.

Saya bersyukur masih bisa melihat kedua orangtua hidup sehat dan bahagia, Bersyukur saya masih diberi kesempatan melahirkan dua anak, 1 anak laki-laki  dan 1 anak perempuan. Sampai saat ini mereka tumbuh sehat secara jasmani, mental dan rohani.

Dear Gwinette dan Gavin, kalo suatu hari kalian baca cerita ini, ketahuilah bahwa walaupun mamamu ini kadang mulutnya cerewet dan suka marah (which is mama berusaha untuk lebih baik tiap harinya)….ketahuilah nak, bahwa Mama sangat dan sangat sangat SAYANG sama kalian berdua.

Mungkin ga bisa selalu gendong kalian dan nyanyi seperti cerita diatas, tapi mama selalu mendoakan kalian sebelum tidur, walaupun Kakak Gwinette sudah bisa doa sebelum tidur dan adik Gavin suka ikut2 aja, mama akan tetep doakan kalian secara pribadi Setiap hari. Dan doa mama akan berkali-kali lipat saat kalian sedang sakit…..Mama berharap kita akan selalu saling sayang dan cinta sampai kalian besar nanti, sampai kalian punya keluarga sendiri dan sampai selama-lamanya

*brb*

*usep2 mata* 😦

LOVE YOU FOREVER………………

Advertisements

51 thoughts on “Love You Forever [Book Review]

    • Bener mba noni gambarnya bagus. Kadang aku suka ga jd cerita kalo liat tipe kartun or gambarny ga sesuai seleraku *hahaha gurur macam apa ini*
      Buku ini perfect, ilustrasinya dapet banget….

  1. wah ceritanya dari bayi sampe anaknya dewasa. pas bagian terakhir gendong ibunya itu bikin mo nangis. kebayang kalo digituin ma anak.
    bagus banget Jo.. mau cari ah… kira2 mesti periplus gitu kah?

    • iya bikin terharu ya critanya.
      Aku ampe sekarang suka baca2 ulang dan masih tetep terharu deh. Ilustrasinya juga pas banget sih. Btw, aku ga tau ini beli dimana krna punya sekolah kan, tapi pernah di http://www.amazon.com ada dijual. Linknya liat dikomen Nisa deh 🙂

  2. wah mba ini bukunya bagus sekali yah. aku suka nih bukunya hehehe… ntar kalo minggu aku ke gramedia coba cari buku2 cerita anak lagi deh 😀
    Ohya mba aku reblog yah mba 🙂 bagguuss ceritanya hehe..
    salam kenal dari Ira 🙂
    mba follow me back donk 🙂
    tq mbaaa 🙂

  3. Memang gitu ya Jo, kalo anak lagi bandel banget kita sebel, terus marah eh tapinya nyesel. Minta maaf. Belum lagi anak yang perlu perhatian kita ngga ada waktu untuk ngeladeni. At the end of the day ya cinta anak orang tua itu ngga bersyarat. Bagus bukunya.

    • Yes, so true mba yo. Moment paling bikin nyesel ya pas malem liatin mereka tidur….iya bukunya emang bagus. “Love You Forever is a book that both children and adults will enjoy-over and over again. Gitu kalo kata authornya 🙂 and yes its true

  4. aku nangis baca ini Mba Jo T__T
    kangen mamaku banget ini malah baca tulisan ini makin nangis T__T
    soale dari lima bersaudara, yang sempet lama digendong-gendong sama mama seperti di gambar itu cuma aku. T__T

      • Iya pengennya gitu Mba ^_^
        tapi apa daya aku harus cari sesuap nasi di rantau sini sih buat biaya adik-adik juga, hahaha

      • kamu hebat…salut! selalu salut buat orang2 yang berjuang buat keluarganya. Tetep semangat ya Deb. Tetep doakan mama biar sehat terus 🙂

      • saya ga hebat Mba Jo, yang hebat yang kasi saya kekuatan buat kerja ini dan itu buat keluarga saya ^^
        habisnya kalo bukan saya, siapa lagi dong Mba? 🙂

        Mba Jo juga hebat kok …. setiap manusia kan dikasi beban ga bakal melebihi kekuatannya. Jadi siapa aja yang bertahan menghadapi masalah apapun dalam hidupnya. udah pasti hebatlah menurutku ^__^

        *kok jadi khotbah ya? hahahaha

    • Iyaaaa liat ga mess gambar mobil mamanya waktu mau kunjungi rumah anaknya? aku baru ngeh loh kalo ada tangga diatas mobil mamanya untuk anjar kekamar anaknya…hihihii *yang ini aga lebay ga sihhh?* 😀

  5. Awal-awal tersentuh tiap kali si ibunya nyanyiin lagu yang love you forever itu, soalnya bayanginnya itu mamiku sendiri…
    Giliran sampe ending nangisss dong!!!
    Mba Jo TANGGUNG JAWABBBB!!!! :’)

    • Iya namanya juga buku cerita untuk anak2 ka nell, musti menarik donk ya gambarnya. Aku bisa ga jadi liat isi bukunya pas liat tipe kartun or ilustrasinya ga bagus… 🙂

  6. Joooo, ini buku yang setiap aku bacanya aku selalu tercekat, nggak lebay deh. Dan menurutku emang buku yang baguuuus banget, jujur banget dan dalem banget. Waktu anaknya itu menggendong anaknya lagi, aku selalu inget, bahwa children see children do. Anaknya itu meneruskan apa yang mamanya lakukan kan ya. Dan yang pas mamaknya itu datang malam-malam, aku ngebayanginnya mamaknya itu mendoakan malam-malam, sampe kita segede gini kayaknya kita masih jadi topik dia mamak kita kan.
    Ini satu dari 3 buku yang kubawa ke Jakarta buat bacain ke Gama, Jo.
    EPhraim sama Gaoqi udah hapal sama back and forth back and forth I love you forever I like you for always….my baby you’ll be.

  7. Pingback: Review Buku Anak : Whoever You Are by Mem Fox | Let Love and Faithfulness Never Leave Us

  8. Halo Mbak…. salam kenal…
    aku dapet link kesini abis baca blog-nya Sondang…. thanks ya Sondang :*
    ya ampun… ikutan mewek baca review buku ini…
    Baca review ini kemarin siang di kantor, trus malemnya sblm tidur, anakku Jerome (laki2, 8 tahun) minta didongengin….karna uda ngantuk berat, jadi aku gak ngambil buku tapi mendongeng dengan menceritakan isi buku ini…ya ampun pas menceritakan bagian terakhir itu suaraku pake bergetar2 gitu…. dan stelah selesai mendongeng, Jerome bilang,”Mama aku sedih…” sambil ngucek2 mata….
    huaaaa….. bukunya kok bagus banget sih…. bener2 bikin mewek….
    makasih banyak ya Mbak uda me-review buku ini dengan sangat lengkap dan menampilkan foto setiap halaman…. keren banget…two thumbs up!

    • Hi Mba Frida…salam kenal juga…. wahhh senang deh kalo buku yang kureview bermanfaat…..
      Buku ini emang bagus banget dan hebat banget itu anaknya mba Frida bisa menghayati ceritanya….
      Thank u sudah mampir disini….. 🙂

  9. Pingback: Copy Me, Copycub : Book Review | Joeyz14

      • But the way you wrote a review is different with the others. I love your book review. Please, keep up the good work and make this review more personal. *banyak mau*

      • aku justru ga tau gimana cara nulis review dev, until I read people’s review dan baru nyadar, ya ampun ini mah bukan review, tapi bersinopsis dan sinopsis nya pun ala suka2. hihihi makanya waktu nulis review buku Jessica Huwae yang “Javier” aku mulai meniru ala-ala review orang-orang.

      • Tapi (IMHO) jika satu gaya penulisan diikuti oleh 100 orang maka gak ada variannya. Karena aku percaya tiap orang punya karakter nulis yang berbeda-beda. Kalau blog, aku pengin banget nulis sepersonal mungkin, meski ttg traveling. 🙂

      • Iya ya dev. Aku so far juga nulis ya masih suka2. EYD juga berantakan. Belum lagi typo. Hmmm tapi ya gitu enak aja melampiaskan semua lewat tulisan. Masih belajar banget nih Dev. Aku padahal janji mau publish cerpen2 fiksiku dan cerber di blog. Tapii…hmmm gak Pede! Baru publish 1 doank.waktu itu.

        Aku suka cara kamu cerita.ttg traveling. Berasa lagi dibawa jalan2 ama deva*maunya sih beneran* hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s