Cooking Challenge part 2

Seperti yang teman-teman sudah baca di cooking challenge part 1 disini. (jiehhh promosi postingan lama), hehehe tapi beneran ini emang sambungannya kok.

Nah maka tak disangka-sangka kegiatan cooking challenge ini sekarang udah jadi ritual tiap ada waktu lowong. Eh sebenernya bukan cooking sih, tapi lebih kepada baking deh sebenernya. Jadi uda pada tau donk ya kalo saya ini sebenernya kaga bisa masak, selain ayam woku, bakpao dan perkedel kentang….hahahhaa….. eh tapi  kalo nasgor, sop standard dan tumis2 alias oseng2 dan goreng2 ya pasti bisalahhhh *Dengan rasa standard cencunyahhh* >>pukpuk uppa*

Okeh, akhir-akhir ini saya lagi sering ‘bermesraan’ dengan OVEN saya. *Please jangan bayangin saya lagi peluk2 oven yang lagi dicolok listrik yakk,,,,amsyonggg yang ada*

Yah intinya mah lagi suka baking-baking aja sejak beli oven ukuran 28 L Capacity. Kemaren itu si neng Fenti alias mama Barra minta direview oven oxone ini, saya ga terlalu ngerti cara ngereview barang elektronik.Tapi coba saya kasih sedikit cerita tentang oven ini dulu deh ya.

Beli oven ini  sekitar bulan Oktober tahun 2013 deh kayaknya. Ini sebenernya udah impian dari lama pengen beli oven, tapi kok ya ga jadi-jadi. Nah keinginan makin membuncah saat chatting ama temen saya si Dina yang hobi baking, dan selalu bisa nyiapin sarapannya pake oven ini. Trus saya tanya merk oven dia, dan ternyata oxone, jadi ya ngikut aja. Alasannya simple karna nanti kalo saya ada yang ga ngerti pakenya ya bisa nanya-nanya dia, trus kalo dia kasih resep bisa sama suhu oven dan lama panggangnya (kadang beda oven, kan beda hasil ya dalam suhu dan lama waktu memanggang)

Jadi saya belilah oven ini dan berharap saya akan lebih banyak memanggang daripada menggoreng. Kenyataannya nihil. Oven cuma dipake buat baking kue ajahhh kakaaaa…….

Lalu kue percobaan pertama saya kan chocolatte lava cake (yang ternyata gagal) trus baru deh cerita baking di cooking challange part 1 itu, yang mana itu pas udah mau natal and tahun baru, jadi kita bikin segala kue tahun baru pake oven itu. Saya juga rajin bikin macaroni schotel dan baked spagetti dan brownies.

Nah sejak itu, yang biasanya saya rajin beli-beli buku resep tapi jarang prakteknya, saya sekarang malah ga napsu liat or beli buku resep, karena nih menurut saya buku resep itu banyak yang ga benernya deh, kurang detail ngasih tips2nya. Kayak ada beberapa tips or steps yang missing. Kenapa saya bilang gitu? karena saya pernah bikin pas judul resepnya “brownies kacang” pas jadinya kok malah kayak bolu coklat biasa? (apa gw aja yang oon yaaa?) hahahaha

Okehhh tapi saya ga tau deh kalo kalian setuju ama pendapat saya ini tentang ke akuratan si buku-buku resep tadi. Yang pasti saya makin pede nge-baking kalo itu hasil googling dan liat steps yang detail.

Apalagi kalo beberapa blogger udah pamer di IGnya masing2 tentang hasil bakingnya…..makin pengen bikin  *Duhhh kompetitip banget ga sehhh?*

Eh tapi menurut saya sih bukan kompetitif ya, tapi lebih kepada motivasi, jadi gini..kalo misalnya nih si mak Sondang berhasil bikin sesuatu trus ga serta merta jug saya pengen ikutan bikin. Saya biasanya akan pengen bikin kalo saya merasa emang seneng or tertarik ama makanan itu. Contohnya ya si Roti kentang yang famous itu. So Far udah bikin roti kentang sebanyak 6 or 7 kali deh (lupa).

Tapi saat beberapa orang rame bikin suatu masakan yang saya rasa saya kurang tertarik, ya saya ga ikutanlah. Pokoknya saya hanya bikin sesuatu yang emang saya bakal suka makannya.

Nah ada beberapa jenis makanan yang  saya pengen banget bisa bikin karena saya emang suka makannya. Apakah itu?

1) Roti

2) Brownies

3) Pizza

4)Klappertart

5) macaroni schotel

6) Pie (fruit pie, pie susu/egg tart)

7) Red velvet cake

8) Carrot cake

9) Tiramisu

10) Quiche Lorraine

 

Okesipppp, cukup banyak juga ya listnya. Trust me…..all those list of food, emang makanan yang saya syukaaaa banget makannya…BANGET-BANGET!

Tapi so far, yang udah berhasil dibikin adalah no 1-6

Dan dan saya akan coba Quiche Lorraine dari resepnya mba Yo selama liburan panjang ini. (Iya saya lagi libur panjanggg…jangan pada ngiri yaaa cuma sebulan aja kok liburnya hahahaa)

Tapi nih, nyali bikin Quiche lorraine akhirnya kekumpul karena saya udah berhasil bikin pie susu, karena basically sama deh cara bikin crustnya. Pokoknya musti bisa nih bikin si Quiche lorrain ini (berharap sama enaknya sama yang saya makan di Padma)

Yes, yang terakhir kemaren saya puas banget ama hasil Pie susu buatan saya (egg tart) asli enakkk banget! and ga nyangka ternyata bikinnya ga sesulit yang saya bayangkan.

Oh iya satu hal yang perlu diketahui dari saya adalah, bahwasanya saya ini BUTA RESEP, artinya saya ini paling susah mudeng baca resep bahasa indonesia, nah bayangken lahhh kalo disuruh baca resep keminggris segala! repot ah cynnn!

Makanya suka banget baca resep mba Tituk, dan blogger-blogger indonesia yang lainnya. Kalo ada yang kasih link resep bahasa inggris, saya langsung ciut.Hahahahaha……

Ohya dari antara semua hasil masakan saya, yang paling puas adalah si PIZZA dan PIE SUSU tadi….makanya bikin pizza udah ampe 3 kali. Ternyata seru dan gampil dan hasilnya enak. Ampe suaminya kakak ipar saya aja bilang enak. Jarang-jarang loh! hahahaha……*GR to the moon and back*

LOL

Oke,,,oke,,,sebelum kebabalasan GR nya….. (inget jo, roti kentangmu jarang berhasil noh, apalagi banana cake baru 2 kali perfectnya)…… 😀

Sekian cerita baking-bakingnya….harap maklum ya bila postingan ini terdengar seperti pamer alias norak. Ya namanya pun masih beginner dan ini ntar buat dibaca-baca lagi kalo semangat bakingku menurun yaaa kakaaaaa….. supaya apa???? yah supaya cemunguddddh lagi kan!

UHUYYYYY!!!

My first roti sobek kentang, yang disinyair gagal kalo dar bentuk. Kempesss gitu dia pas keluar dari oven. Kebanyakan ragi deh kayaknya

My first roti sobek kentang, yang disinyair gagal kalo dari bentuk. Kempesss gitu dia pas keluar dari oven. Kebanyakan ragi deh kayaknya

 

termasuk yang berhasil roti sobek kali ini

termasuk yang berhasil roti sobek kali ini

20140418_112758

 

Banana cake dari resspenya Mba Ira di momiesdaily.com berhasil tapi belum perfect banget karena pisangnya belum mateng banget

Banana cake dari resspenya Mba Ira di momiesdaily.com berhasil tapi belum perfect banget karena pisangnya belum mateng banget

Brownies dari resepnya thebrowneyedbaker (bener ga ya nama websitenya) termasuk paling sering bikin ini karena saya seneng brownies dan ini kan ga butuh mixer jadi simple

Brownies dari resepnya thebrowneyedbaker (bener ga ya nama websitenya) termasuk paling sering bikin ini karena saya seneng brownies dan ini kan ga butuh mixer jadi simple

wpid-20140523_222006.jpg

Pizza yum yum!

Pizza yum yum!

 

 

cake tape with cheese....hampir sukses *kurang mateng dikit*

cake tape with cheese….hampir sukses *kurang mateng dikit*

chiffon cake yang ke 2...gagal maning! *hiksss ngitungin telor sekilo berapa??* lol

chiffon cake yang ke 2…gagal maning! *hiksss ngitungin telor sekilo berapa??* lol

brownies in a cup *iseng-iseng*

brownies in a cup *iseng-iseng*

my lovely egg tart/pie susu....

my lovely egg tart/pie susu….

Semoga semangat nge baking ini nggak cuma sementara aja ya, dan terus berkembang…..*biasanya sih panas2 diawal aje*

Okelah……..

Salam SEMANGAT BAKING! 😀

 

25 thoughts on “Cooking Challenge part 2

  1. pameeerrrrr…! LOL
    Jo, aku kemaren minggu nyobain bikin donat resepnya Puji Hamzah yang diadopsi sama De, eeehhh gagal totaaalll nggak ngembang. Ujung2nya dibikin bulet2 kecil aja, goreng, dimakan sama baginda raja, kata beliau enak kok, kayak odading. Ampuunnn dijeee, niat bikin donat kok jadinya odading, siiihhhh…? *lempar celemek* LOL

    • Buahahaha…. ho’ohhh pamer abissshhh ini mahhh!!! Lahhh odading apaan sih mba fit? Masih sepupuan ama donat kali ya ? *pukpuk baginda raja….pake donat*

      • Jo, serius nggak pernah makan odading? Itu loh yg suka dijual sama mamang tukang gorengan, biasanya suka bareng sama pisang molen. Cobaaa… niat awalnya bikin donat loh itu, DONAAATTTT!

      • Buahahahaha…. asliiij belom pernahhhh… coba ntar ku google deh *niat beneeurrrr* dapet salam manis dari permifan….hahahaha

      • joe.. biasanya odading itu dijual sm tukang cakwe. kalo cakwe kan gurih, nah odading ini semacam versi manisnya cakwe. anak2ku bilang itu kue bantal, cakwe gulingnya 😀

  2. aku jugaaa…. bikin apa yang lagi rame orang2 bikin, yang diposting di IG… hahaha…. bukan kompetitip, tapi karena gak ada ide aja.. yo wis ngikut aja apa yg lagi ngetren 😀
    dan kalo gampang tapi enak, diulang-ulang teruuusss sampe bosen. ntah bosen makannya, ato bosen bikinnya 😀
    roti kentang, fitbar, scone, kayanya dua bulan ini tiga menu itu yang selalu muncul di dapurku. gak kreatif memang 🙂

    • Ahahahahah aku plus si muffin mbaaaaak. Aduh itu aku bangun kesiangan mau berenang atau ke.mana kek pastiii selama.masih ada waktu setengah jam, ini pasti bisa dibikin. Pake cup itu amat sangat memudahkan

    • iya aku suka roti kentang, pizza dan brownies jadi ya diulang2 terus. aku belum kepengen bikin fitbar dan scone mba….soale belum tertarik. eh tapi kalo disodorin yang udah jadi sih mau2 aja hahahaha……
      Ohya mba aku waktu itu nyoba puding oreo punya mba tituk….btw itu telornya amis ga sih? and mateng ya dia? kan ga ikut dimasak?

      • Gak amis kok… kalo ragu2 tambahin bubuk vanili aja. Putih telurnya mateng dengan dikocok sampe kaku dan disiram agar2 panas kayanya hihi… aku pernah nyobain disimpen 3 hari di kulkas masih bagus tuh, gak berlendir sama sekali, kusimpulkan itu mateng lah yaa… *bukan jawaban ahli, coba tanya mbah google aja 😀 *

  3. Joooo ahahahah jagoooo itu pie susu bys bye made in bali lah yaaa. Kalo pizza itu secara harga murahan beli ya mozarella crab stick dan jamur sama tuna mahal jugaaa hahahah tapi puwas. Novi blg kalo yg makanan impor jatuh harganya pasti sama krna bahannya emang mihil. Si bronies dr contekan meta cuma sekali loh hihihi. Dan iya kalo.makanannanya suka aku akan coba trus tp.kalo biasa aja aku ya harus gampang syarat utamanya. Btw di pizzamu biasanya topingnya apa? Saos ditaro duluan baru toping kan?

    • Haahahaha…itu pie susu kedemenan aku mak….
      udah lama pengen bikin tapi ga nemu resep yang bikin aku mudeng deh. As I said before aku ini buta resep.
      Brownies itu bagaikan muffin untuk dirimu mak. Kapan aja bisa bikin saking gampilnya. Kalo muffin agak jarang sekarang.
      aku pengen coba scone itu tapi belum tertarik banget sih. aku lagi napsu banget pengen bikin quiche lorrainnenya mba yo tapi belum nemu cetakannya dari kemaren kliling2 pasar ga ada. dan juga red velvetmu aku pengen bnget. Kalo tiramisu aku lagi hobi nyemilin tiramisu yang di cup punya breadtalk. hadehhhh lemak deh lemak!
      topping pizzaku: sosis, paprika 3 warna, tuna, bombay, udah itu aja. pernah juga sih daging sapi giling yang udah kurebus dulu. saos dulu baru toping.
      *lahhhh aku jadi lafarrrrr deh ahh* 😀

  4. iih…kok bisa sih jooo….bikin roti and cake kaya gituuuu… aku msh bersahabat dg wajan ajaaa… msh males mesra2 sama oven, pdhal udah pengeeen banget. alasan klise, ga punya mixer…qiqiqiqiq..

    • aku juga ga punya mixer da…..makanya waktu itu makingnya browinies ama muffin mulu..karn aga butuh mixer…eh ini oake mixer nyokap yang udah lama ga dipake….*lumayaaaannn* hehehe

  5. Jo, Hebat praktek terus! Bagus Jo semuanya. Pasti puas kan kalo makanannya jadi dan rasanya enak? Aku ada tip nih: kalo udah sering praktek, lama-lama baca resep bisa liat kalo ada yang ngga klop atau bahkan bisa dimodifikasi.

    Yang penting untuk baking kenal bahan, buat roti-rotian pakenya wheat flour, untuk tart pake white fine flour. Boleh kok mau tanya aku lewat email kalo mau praktek Quiche Lorraine.

    Anak-anak dan suami seneng kan ya kamu rajin masak 😉

    Sukses ya Jo masak-masaknya!

    • Wah makasih buat semangat juga tipsny mba yo.

      Aku kadang suka ga mudeng ama istilah-istilah bahan-bahan kue mba yo, jadi aku lebih suka dikasih tau brand nya or gambar si bahan itu sekalian *hahahha lemot banget emang*

      ia tiap abis bakin itu si uppa bisa mujinya puluhan kali, termasuk yang bantet dn gagal sekalipun. Mungkin dia mikir, akhirnya bini gw ada kemajuan juga setelah sekian tahun jadi istri….lol! 😀

      Nantikan cooking challenge ku part 3 ya mba yo…mudah2an udah menghasilkan masakan no. 7-10 hehehe

  6. Ka Jo, hasilnya bagus tuh, uda kayak yang dijual, apalagi pie susu, my favourite tuh 😀
    Aku juga belum pernah nyoba bikin sendiri kayak kue gitu, ada nya dulu bantuin mama bikin adonan hihi 😛

  7. Pingback: Momma G Jualan Kue | Joeyz14

Leave a Reply

