English is FUNNY

English tuh complicated ya. Banyak rules dan banyak exception yang bikin keder. Kadang bisa salah persepsi dan salah mengartikan sebuah kata. Belum lagi dengan banyaknya idiomatic expression. Jadi intinya mah Bahasa Inggris itu ribet.

Tapi saya seneng banget ama yang namanya bahasa Inggris ini, sayangnya nggak berbanding lurus sih sama kemampuan bahasa Inggris saya. Belum lagi soal grammar dan pemilihan kata, masih susah membuat kalimat yang benar dan supaya enak dibaca. Pokoknya masih PR banget. But I’m still eager to learn, that’s why sometimes I try to write in ENGLISH…..(maafkan ya dengan grammatical mistakes, wrong spelling dsb).

Baiklah ini sebenernya mau cerita apa sih?

Oh ya mau cerita tentang beberapa hal lucu yang yang saya dan teman-teman saya alami tentang BER-BAHASA INGGRIS ini….

1) AT LEAST ONE

Jaman saya masih kuliah, pulang kerja saya sering nebeng temen-temen guru yang punya mobil, tentunya yang mengarah ke Slipi dan Sudirman.

Suatu hari saya nebeng mobil si Alex, guru expat yang Englishnya cas-cis-cus banget(yayiyalah). Gayanya emang lumayan songong kalau kata orang-orang. Banyak juga nih temen-temen guru yang cewe-cewe waktu itu ga demen ama si Alex ini. Tapi kalo kata saya mah dia fine-fine aja, soalnya emang gaya ngomongnya aja bleguk, orangnya baek kok *yaiyalah, gw kan sering nebeng getohhh*

Temen saya si Elis, salah satu yang kurang suka ama si Alex ini. Gak tau juga apa yang disebelin. Tapi saya curiga sebenernya si Elis ini mah naksir kali ah….kan Alex ini lumayan ganteng orangnya *ditoyor ama Elissss* πŸ˜€

Nah, lalu terjadilah percakapan dimobil bersama Alex dalam mobilnya. Saya lupa sih tepatnya lagi ngomongin apa, tapi trus tiba-tiba saya denger dia ngomong:

Alex: Elis, one!

Me: (bingung,,,,,Haaaa? si Elis kenapa?, apa dia tau si Elis benci banget ama dia) ……
“Elis???? ”
(kata saya memperjelas)

Alex: Elis, one (masih mendengar yang sama sayanya)

Me: (keder), Miss Elisssssss? (saya coba memperjelas)

Alex: AT LEAST ONE!!!! (dia ngulang sambil mukanya udah kesel)

Hahahahaha……..

askhirnya nalar, maksudnya ” at least one”

maluuuuu woyyy maluuuuu……*listening comprehension-needed*

UDAHLAH LAGI NUMPANG πŸ˜€

 

2) MAKE UP YOUR MIND

Cerita temen kost nya rekan guru-guru.

Mereka ceritanya mau jalan-jalan ke Citraland Mall yang ga jauh dari tempat kost mereka, eh tapi gerimis, jadi terjadilah percakapan sebagai berikut.

A: “Wah, gerimis! gimana nih, kita jadi pergi ga?”

B: “Duh, jadi ga yah. Bingung juga.”

C: “Pergi aja yuk, cuma gerimis doank kok.”

A:”Tapi males deh kalo gerimis mah.”

B: “Duh pergi ga yah?”

A: “Eh iya deh pergi aja”

C: “Duh, gimana sih guys, pergi apa nggak sih? MAKE UP YOUR MIND!

*sementara percakapan antara si A, B dan si C sedang berlangsung tentang mereka pergi atau nggaknya ke Mall Citrland, datanglah si Z dan nimbrung”

Z: “Duh, klen ini, macam betul aja…cuma mau ke citraland aja PAKE MAKE-UP SEGALA……tak usahpun cantik-cantik, cuman dekatnya! (Logat medan cencunyahh)

Tiba-tiba suasana hening, dan lalu si A, B dan si C pun saling liat-liatan, lalu pecahlah suara tawa mereka…Ngakak abisssshhhh….

si Z gak ngehΒ apa maksud MAKE-UP your mind itu. dikirain artinya pake make-up macam bedak dan lipstik, jadi menurut si Z, ngapain pake make-up cuma mau ke citraland aja. Padahal kan maksudnyaaaa…….

3) FOR RENT NELLA

Ini kejadian yang akan selalu dikenang oleh temen-temen (para pemuda-pemudi di gereja saya).

Suatu hari kami jalan-jalan ke Bandung dan menginaplah di Villa punya salah satu anggota jemaat. (Lumayan kan yeee gratisan), nah kebetulan villanya ini masih baru, trus villanya ini juga disewakan.

Pada hari minggu pagi kami pergi ke Lembang untuk belanja keperluan masak-memasak untuk makan siang kami. Nah yang ikut belanja ada beberapa cewe-cewe termasuk saya dan si uppa (waktu itu masih pacaran). Si uppa yang nyetir.

Nah pas pulangnya udah mendekati perumahan itu, didalam mobil kami ngobrol ga ada abisnya, ngomongin villa-villa yang ada disekitar situ. Percakapannya seperti ini:

A:” Wih…bagus-bagus ya villanya”

B: “Iya ya, eh liat deh, ternyata Β ada nama-namanya ya, tuh yang itu villa anggrek namanya”

C: “Iya, yang tadi kita lewatin namanya villa kayu”

Uppa: “Okeeee sampe deh kita”

Lalu kita yang didalam mobilpun siap-siap turun karena kita udah nyampe depan villanya orang gereja kami itu. Eh tapi pas kita mau buka pinta mobil, tiba-tiba salah salah seorang dari kami nyeletuk dengan suara yang keras:

T: “OHHHH KALO VILLA INI (maksudnya villa yang kami tempatin ini) namanya FOR RENT NELLA taukkk” (dengan pedenya)

trus kita kan kurang jelas maksudnya apa? lalu saya nanya,

Me: “eh apaan maksudnya?”

T: “Itu loh tadi kan kita liat villa-villa disini ada namanya, nah kalo Villa ini namanya FOR RENT NELLA……”

Spontan kita seisi mobil ketawa semua…….begitu kita ngeliat papan iklan yang digantung di balkon luar villa itu. mungkin kalian bisa liat foto dibawah ini:

wpid-img_43086883968213.jpeg

 

 
Ngakak guling-guling
#justForFun….Enjoy your weekend friends πŸ™‚

 

29 thoughts on “English is FUNNY

  1. itu yg for rent nella bercanda doank apa beneran ga ngerti kak ? hehehe
    kalo yg make up your mind kan pasti beneran ga ngerti yah.. lucu yah jd ada bahan ketawaan πŸ˜› huahahaha

  2. Hahahaha. Lucu – lucu. Btw ajarin aku bahasa enggris doooooooooong 😦 supaya bisa nulis blog bahasa inggris panjang lebar kaya blog mba πŸ˜€

    • Puji…. kamyuuu salah orang….hahaha minta ajarin yg Englishnya udah keren. Aku suka tp ga berbanding lurus ama kemampuan berbahasa Inggrisnya. Enaknya Practice nulis diblog sendiri ya ga bakal di ejekin… (paling worst ya diunfollow) lol πŸ™‚
      Ayo gpp ji…mulai aja…*semangatin puji* πŸ™‚

  3. Ha….ha…epic tuh Jo. Memang kalo pake idiom itu yang denger harus ngerti kalo ngga salah paham. Aku berusaha juga ngga pake idiom yang ribet kalo ngeblog bahasa Inggris. Belum lagi ada beda idiom British & USA English.

    Tahu bedanya I’m pissed (British) & I’m pissed off (USA)? Memang belajar bahasa asing harus rajin praktek, ngga usah malu bikin salah. Jadi sering lah nulis dalam bahasa Inggris buat prakteknya. Aku aja nekat ngeblog bahasa Inggris Jo πŸ˜‰ Good luck!

      • I am pissed itu artinya kebanyakan minum alkohol jadi sering pipis (pissed). Ini artinya sama dengan hangover. Kalo I’m pissed off marah besar. Kamu pasti tahu.

        Maksudku tulis ini karena di Indonesia kebanyakan orang pakenya USA English gitu.

        Jadi dapet inspirasi untuk nulis post tentang belajar bahasa Inggris dan bahasa asing pada umumnya Jo. Thanks for the inspiration.

      • Ohhh baru tau mba yo… thank u.
        Emang ini English complicated tp aku ttp seneng sih. Dulu sampe beli buku khusus ttg daily idiomatic expression. Sayangnya cuma dibaca2 aja ga dipraktekin jadinya lupa. Makanya aku juga seneng ama postingan mba yg dulu ttg belajar bahasa inggris..ok ditunggu postingan ttg belajar bahasa asingnya ya mba yo. πŸ™‚

  4. Lucu deh ka Jo, ngakak guling2 haha
    Yang paling lucu For Rent Nella, padahal uda jelas nulis nya ada enternya banyak tuh πŸ˜€
    Emang harus lebih sering latian listening ya biar ga salah denger dan salah pengertian πŸ˜›

  5. hahaha

    jadi inget temen yang sering ngancem saat kami2 labil

    “make up your mind, or I will make up your face!”

    hahahahaha

  6. Hahahhaa ada ada aja. Masih kepengen bisa cas cis cus inggris tapi yaaaa masih kebanyakan malu deh, mesti berburu expat nih kayaknya #eh *ditoyor mbul*

  7. Geli deh dengernya. Iya tuh dulu aku pernah dimasukin ke kelas English conversation para dosen yg lagi mempersiapkan English mereka untuk mengambil Masters program di Australia. Gurunya orang America, cowo, gampang emosi. Kesian banget bbrp dari dosen ini Englishnya malah parah. Sekali waktu sang guru marah2 salahsatu kata yg dia ucapkan itu …”see, you should …..” eh salahsatu dosen cowo dengan tampang bingung longok2 kiri kanan dan ke luar jendela. Aku udah pengen ngakak deh liatnya. Waktu Matt masih kecil, masih duduk di grocery cart, aku belanja ama dia di Wal Mart Neighborhood. Ternyata mereka udah muter lagu2 Natal, krn saat itu aku pengen banget anak2 bisa bhasa Indonesia, aku bilang gini “tuh, denger lagu Natal”. My little Matt geleng2 kepala sambil bilang “Not I am not. No I am not Nakal, mommy” LOL

Leave a Reply

