Art Exhibition Ala anak Preschool

Dalam rangka ingin menuntaskan tulisan-tulisan yang udah hampir mau jamuran karena kelamaan nangkring di DRAFT! tulisan ini akhirnya di publish juga.

Salah satu kesukaan saya jadi guru TK adalah banyak school events yang lucu-lucu. Di sekolah tempat saya mengajar selalu punya tema yang berbeda-beda tiap 3 bulannya. Jadi dalam 1 tahun ada 4 tema. Kalo diskolah terdahuluΒ temanya ganti per bulan or per minggu dan temanya udah ketebak banget. Tapi di sekolah ini selalu berganti-ganti tanpa pernah ada pengulangan setidaknya sampai 5 tahun mendatang. Contohnya nih, Tema 3 bulan terakhir kemaren kan “UNDER THE SEA” jadi tema ini terakhir kita bahas ya 5 tahun lalu. Dah lama banget kan ya. Ada beberapa tema yang menjadi favorit saya, salah satunya “SOLAR SYSTEM” danΒ excited banget waktu tau ada tema ini, saking semangatnya saya langsung ngacir ke library cari source tentang solar system dan saya dapet 1 buku yang menarik lalu saya coba breakdown the topics untuk dijadikan acuan saat membuat lesson plan .

Β  Ada juga tema yang saya ga suka dan males banget karena bener-bener blank ga tau apa yang mau diajarkan ke anak umur 4 tahun.Yaitu waktu temanya “ART & MUSIC” waktu itu tahun 2011 kalo nggak salah. Sebel banget karena saya nggak ngerti tentang famous artist dan semua jenis-jenis lukisan. Tapi ternyata justru dengan tema yang saya nggak ngerti sama sekali itu saya malah jadi belajar. Searching-searching di internet dan mulai dapet gambaran. Saya juga banyak nanya ama temen yang ngerti tentang art ini. Puncaknya adalah kita mengadakan ART EXHIBITION dan ini bener-bener kerja keras banget deh. Inget banget waktu itu kita hampir tiap hari selama seminggu lembur terus ampe jam 9 malem untuk nyiapin pameran ini.

Di pameran ini kita memamerkan hasil karya anak-anak yang sudah dikerjakan selama 3 bulan dan akan dinikmati oleh para orangtua murid yand datang kesekolah. Sebelum mereka datang mengunjungi kelas-kelas yang udah disulap jadi museum jadi-jadian, mereka juga ada kegiatan bersama anak mereka masing-masing. Kegiatannya boleh pilih 2 dari empat kegiatan. Waktu itu ada : wood painting, mug painting (pake acrylic) dan mask making juga scrapbooking. Excited banget orangtuanya, tapi mereka lebih excited banget pas udah masuk kekelas-kelas dan lihat hasil karya anak-anak mereka yang dipajang disana. Jadi waktu itu kita ada 5 ruang kelas, yang dibagi dalam kategori berikut ini:

1) Water color

Kelas saya waktu itu menampung semua artwork anak-anak preschool yang menggunakan media water color untuk di display.

Ini salah satu karya murid  dikelas saya waktu itu. Judulnya "sunset"....ngerjainnya lumayan susyehhh

Ini salah satu karya murid dikelas saya waktu itu. Judulnya “sunset”….ngerjainnya lumayan susyehhh

The display of students' art work in my classroom

The display of students’ art work in my classroom

still my students' art owrk. "SELF-PORTRAIT" I know it looks messy, but that's their own work, they drew it by themselves

still my students’ art owrk. “SELF-PORTRAIT” I know it looks messy, but that’s their own work, they drew it by themselves

These are the art work of Toddler students (2-3 yo)...

These are the art work of Toddler students (2-3 yo)…

2)Crayon

Dikelas ini, dikumpulkan semua pekerjaan anak-anak yang menggunakan crayon sebagai media art nya. Orangtua serasa ada di museum jadi-jadian deh.

This is the room for displaying all studnets' art work using CRAYON

This is the room for displaying all studnets’ art work using CRAYON

My students' art work, using crayon

My students’ art work, using crayon

crayon

crayon

3)Paint

all art-work using paint

all art-work using paint

189975_1902398326137_1484984_n 198912_1902435127057_747109_n Semua art work yang menggunakan paint ada dikelas ini.Sayangnya saya udah ga tau simpen dimana file-file foto ini. Karena ini event yang udah lumayan lama juga sih. Tahun 2011 bok!!!

4)Famous artist

Ini favoritnya semua orang waktu itu. Rekan kerja saya IA namanya, dia emang anak sastra prancis dulunya, makanya dia paling niat banget bikin kelasnya mirip museum kecil. Dikelas dia dikumpulin semua artwork anak-anak tentang famous artist. Waktu itu kita fokus pada beberapa artist. Yaitu: Vincent Van Gogh, Paul Klee, Joan Miro, Pablo Picasso, Andy Warhool. Dan karena saya mau ga mau mesti tau siapa tokoh famous aratist itu, jadilah saya belajar dikit-dikit tentang mereka. Sebagian hasil googling dan sebagian dari temen-temen. Asli sebelumnya buta banget deh. Oh ya tahun ajaran baru ini, tema ART AND MUSIC bakal diulang lagi, huaaaa seru!!! eh tapi mudah-mudahan ga pake art exhibition deh…..sumpehh ini rempong to de max kakaaaaaa.

All the art works related to famous artist

All the art works related to famous artist

199062_1902451447465_4055105_n

Toddler's art work, inspired by Andy Warhol

Toddler’s art work as my background inspired by Andy Warhol

My students' art artwork, inspired by Paul Klee

My students’ art artwork as my background, inspired by Paul Klee

My students' artwork, inspired by Pablo Picasso

My students’ artwork, inspired by Pablo Picasso (The Three Musicians)

famous artist

famous artist-artwork

5) Usable art Nah kelas ini tempat semua useable art. Artinya semua artwork yang bahannya terbuat dari barang-barang bekas dan bisa berguna. Contohnya kelas saya bikin gelang dan kalung yang terbuat dari kertas-kertas majalah bekas yang digulung dengan teknik tertentu dan taraaaa jadi deh gelang dan kalung manis. Ahhh tak usah kalian tanya gimana ribetnya hidup kami waktu itu…..Eh tapi fun banget sih. Ini event yang lumayan berkesan buat saya karena hal yang baru dan nambah wawasan tentang art, dan yang kedua adalahevent ini dapat feedback yang positif dari para orang tua murid. Mereka seneng banget waktu itu.

usable art-by my students (we made bracelet and necklace using old magazine's paper)

usable art-by my students
(we made bracelet and necklace using old magazine’s paper)

Usable art

Usable art

Sebenernya nih..isi blog saya yang dulu (blog yang satu lagi) itu awalnya postingan tentang school events dan teaching stuffs macam postingan ini, eh sekarang malah banyakan tulisan-tulisan ga penting macam curcol dsb. hihihihi……semoga tahun ajaran ini rajin ngapdet school events deh, lumayan buat jadi acuan or review untuk tahun-tahun ajaran berikutnya

So, itu sekilas info tentang salah satu school event yang saya sukai…… Have I told you that being a preschool teacher is so much fun? Yes, it’s so much fun here in PRESCHOOL!

KEEP CALM AND BE A PRESCHOOL TEACHER! :D

KEEP CALM AND BE A PRESCHOOL TEACHER! πŸ˜€

Β 

29 thoughts on “Art Exhibition Ala anak Preschool

      • Jadi guru selain ngajar juga juga belajar ya. Good job, Jo. Huahahah entah kenapa liat guru kayak elo kok gue tenang ya ntar cari sekolahan kalo punya anak *udah ancang2 mo nitip anak punya ajah belooom* πŸ˜†

      • Hahahahaha…..makasih may atas kepercayaannya …..
        Tenang aja may…masih banyak kok sekolah-sekolah yang punya sistem pendidikan yang baik. Asal jeli-jeli aja dan banyak observe.
        Punya anak entah kapan yang penting niatnya mulia sepertimu *halahhh bahasanyaaaa*

      • πŸ˜† Iya sekarang cari sekolah ortu juga mesti proaktif ya. Dulu jo, sekolah di kampung halaman gue udah by default, cuma satu satunya. Dulu mah gak ribet kayak sekarang dan sebanding dengan bayarannya yang emang mursida. Bagus sih kalo sekarang kan orang tua juga ada andil, ikut tau. Cobaaa emak gue dulu, udah yang penting anaknya sekolah πŸ˜†

    • wah hebat udah meronce aja….tapi Aila mungkin ga terlalu tertarik….keegiatan art lain mungkin lain kali dicoba….meronce itu kan lumayan ribet ya
      πŸ™‚

  1. aaaakkk… lucu2 banget itu gambar self portraitnya!! Dan cara display karya anak2 juga apik! Tembok rumahku udah penuh tempelan ‘karya’ anakku, jadi pengin nyontek bikin gantungan karya kayak di TK mu ini, cakep!!

    My new blog post: Laut Biru Banget http://bit.ly/1kK8xyR

  2. Keren, Jooooo. Aku selalu saluuut sama guru muda jaman sekarang. Kreatif kreatif amat. Meskipun banyak teknologi informasi ya, teteup ini kan banyakan yang manual. Ihihi thank you ya guru guru yang cantik dan kreatip, bikin anak-anak di dekolahnya jadi betah tah tah dan tau keragaman dalam berkarya

    • Ahhhhhh terharu aku baca komenmu…semacam apresiasi pada kami guru-guru ini…..ehmmm makasih yawww
      yeahhhh I really thank the power of internet dan segala blog guru2 diluar sana yang kerennya kebangetan. Aku kalo udah browsing2 cari bahan dan ide bisa nyangkut paling lama di blog guru2 itu dan bener2 bisa lupa waktu ampe stay late di skolah. Ahhh tapi aku juga suka liat sekolahku ini memebaskan gurunya berimajinasi dan berkreasi……beberapa temenku ada diskolah yang udah ada patokannya dan bikin guru jadi ga kreatif dan mentok ngikutin itu dari tahun ke tahun…its kinda boring buat aku.thank u again mak..mmuwahhhh

  3. Pingback: Belajar Terus Tak Akan Membuatmu Mati Kebosanan | Joeyz14

Leave a Reply

