Bahasa Rahasia

pic is borrowed from here

pic is borrowed from here

Hello, Bonjour, Buenos dias.

Gud day guten tag, konichiwa.

Ciao, shalom dobreydiyen…….

(potongan lagu: theme song kalo lagi ngerayain UN day disekolah)

 

Pernah berfikir ga untuk menciptakan sebuah bahasa sendiri?

Dulu jaman SMP, saya dan sahabat saya Lydia membuat sebuah buku yang isinya kode-kode tertentu yang cuma diketahui oleh saya dan dia. Iseng banget deh! Jadi waktu itu kita naksir ama cowok. Cowok yang saya taksir dikasih nama koka, cowok yang dia taksir dikasih nama kaka, Lydia namanya diganti jadi Kiki dan saya sendiri jadi keke. Asli deh itu kita berdua bagaikan tinggal diplanet lain karena kita punya bahasa-bahasa tertentu yang orang lain ga bisa mengerti. Tujuannya apa? ya selain karena iseng, supaya orang ga ngerti apa yang lagi kita omongin, karena tentu menurut kita itu adalah rahasia. Entahlah kenapa kami sampe segitunya dulu.

Kalau ditanya berapa bahasa yang saya kuasai? mungkin jawabannya cuma 3

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa Batak.

Dulu saya pengen banget bisa bahasa Korea (ok I know, its just because I watched too much Korean Drama), dan pengen bisa bahasa Mandarin juga. Makanya kalau lao tze, alias guru mandarin dikelas saya lagi ngajar, biasanya saya duduk anteng deket anak-anak dan ikut belajar dan mendengarkan, nyatet kosakata, supaya bisa belajar dikit-dikit. Eh ampe sekarang tetap aja ga bisa-bisa. Paling taunya  cao an, ni hao, lai-lai, hen pang, ren, shou dll yang anak TK juga tau. HAHAHAHAHA…..

Sekarang ini kalau saya disuruh belajar bahasa, masih mau sih. Pengen bisa bahasa yang sering dipake di Eropa sana. Enak kan ya if one day ke Eropa ga lost translation gitu.

Anyway, ini sebenernya mau bahas tentang yang terjadi dirumah saya belakangan ini. Jadi gini, saya dan uppa suka pake pake bahasa selain bahasa Indonesia saat kami lagi ngomongin sesuatu supaya si Gwinette ga ngerti. Dulu sih kita selalu pake bahasa Inggris (ciahhh, gaya!!!) , eh tapi sekarang Gwin udah makin banyak vocab Englishnya, jadi kita suka switch ke bahasa Batak deh, padahal bahasa batak kami pun kadang masih belepotan juga. Berbahasa rahasia sama Gwinette ini kalau misalnya kita mau ngomongin, kenapa dia ngambek, apa yang dia rebut dari adeknya, dll. Tapi yowes lah, khusus untuk Gwinette, bahasa rahasia kami ya pake bahasa batak itu. Gak tau deh nanti kalau ternyata akhirnya dia juga jadi ngerti bahasa batak. Hihihihi….

Nah yang paling epic adalah kejadian tadi pagi dengan mbak ART kami tercinta. Si mbak kami ini udah lumayan lama kan kerja bareng kami, sejak Gwin usia 6 bulan. Jadi dia udah hapal deh kebiasaan kami dirumah. Saya dan uppa selalu pake bahasa Inggris kalau mau ngomogin hal yang dia ga perlu tahu. Misalnya tentang dia ikut apa nggak ke mall, dia dikasih berapa untuk beli makannya pas malming, atau kalau pas kami tinggalin dia dirumah, atau tentang apa ajalah. (Kadang suka males masuk kamar untuk bicara, dan uppa itu suaranya gedeeee menggelegar kalo ngomong, sekampung bisa kedengaran, makanya harus pake bahasa rahasia).

Dirumah kami, mesin jetpump air nya lagi rusak, jadi musti di pasang dan cabut colokannya, ribet deh karena otomatisnya error. Jadi si uppa kan suka ingetin untuk jangan terlalu lama colokin jetpumpnya kalau airnya lagi ga dipake, selain karena brisik, juga nanti pompanya bisa jebol. Juga kalau colokannya belum dicabut, airnya musti nyalain sesekali. Nahsi uppa tadi seperti biasa ngomong gini:”

uppa: ma, always tell her, don’t forget to turn on the water once in a while”

Eh tiba-tiba si mbak kami jawab dari dapur: “ini airnya masih dipakai kok, pak. Masih dinyalain sekali-sekali.

Jreng!!! Jreng!!!

*hening*

hahahahahha keren amit mbak gue!!!!

diana ngarti loh bok!!!

Trus pernah kapan itu juga si uppa nanya ke saya tentang makanan.

Uppa: “No more food ma? Can I finish this? (ngebuka tudung saji diatas meja makan) how about her? Did she eat already? (her disini maksudnya si mbak)

lalu dia pun tiba-tiba menjawab: “udah pak, makan aja, gampang saya mah ntar bisa masak indomie aja”

hahahahahah…..kece banget kan mbakku!

Ealahhh yasud…. kita musti switch nih ke bahasa batak aja deh kayaknya ya. Biar kita punya bahasa rahasia.

Anyway ada satu sisi yang saya mau bahas disini. Yaitu tentang bagaimana etika menggunakan bahasa ‘rahasia’ ini tempat keberadaan kita.

Jadi gini, menurut saya ada kalanya saat kita menggunakan bahasa rahasia ini  juga kurang sopan ya, misalnya aja mbak kami tadi, dia merasa kita lagi ngomongin dia kalau kita lagi  pake bahasa inggris ditengah-tengah pembicaraan kita. Tapi ada saatnya sih saya merasa ada pembicaraan mengenai teman gereja kita or rahasia keluarga kita dan dia ga perlu tahu tapi dia lagi ada didalam mobil yang sama misalnya.

Iya kalau dia nggak berpikiran kalau kita bicarain yang ga baik tentang dirinya. Nah makanya berbicara bahasa rahasia ini musti pintar-pintar juga ya kapan dan dimana cocok digunakan.

Ditempat saya bekerja dari dulu, disekolah manapun orang phillipine yang saya temui, mereka selalu nge-gank, dan selalu bicara bahasa tagalog ke sesama mereka. Padahal udah dilarang disekolah. Harus full English. yang Indonesia juga begitu, ngumpul pake bahasa Indonesia. Kadang ada kalanya saya pengen bisa semua bahasa supaya saya bisa ngerti apa aja yang orang sedang bicarakan saat saya ada disitu.

Menurut kalian, penting ga sih punya ‘bahasa rahasia’ yang saya maksud diatas?

Sopan ga sengaja berbahasa asing supaya tidak dimengerti oleh orang yang ada didekat kita? Kalau kasusnya saya dan uppa yang mau membicarakan tentang mbak kami itu…kayaknya bisa dikategorikan kurang sopan ya? walaupun kami ga bicarain yang aneh-aneh sih, cuma tentang dia ikut apa nggak or tentang kerjaannya dll.

Selalu menarik ya kalau membahas tentang bahasa ini…..(anak linguistic yang fail)  😀

Anyway, Bahasa apa sih yang pengen kalian kuasai?

xoxo

ps: Ini postingan yang harusnya diposting tanggal 13 Juli. Sekarang pompa air/jetpump kami udah ga rusak 🙂 (informasi penting) hehe

48 thoughts on “Bahasa Rahasia

  1. Hahaha, bahasa Indonesia kadang-kadang bisa loh jadi bahasa rahasia kalau lagi jalan-jalan kemana gitu. 😛

    Iya sih ya, kalau mau berbicara ketika pembicaraan didengar orang lain yang mana orangnya nggak ngerti bahasanya, memang harus lebih berhati-hati, hehehe 🙂 .

      • Nah sama kayak Zilko.. Bahasa rahasiaku sama Bubu di sini ya bahasa Indonesia. Kalo lagi jalan2 trus mau ngomongin apa gt langsung deh cas cis cus berdua. Kayaknya nanti gantian kalo lagi di Indo bahasa rahasianya bahasa Swedia ajah.. Hahaha

        Nah kalo sama si kecil nih yg agak bingung.. Kalo nanti dia bisa Indo dan swedia trus Inggris pula.. Laaah gimana yaaa.. Hahaha

      • Hihihi asik ya be tinggal di switchaja. Seru kalo tau beberapa bahasa asing kecuali bahasa inggris. Inggris kan mostly orang ngerti.

        Wah kalau sikecil nanti bisa 3 bahasa ind-swed-eng
        kalian pake bahasa daerah aja untuk bahasa rahasianya 🙂

      • oalah…si bubu orang apa sih be? eh maksudnya apa udah lama di tinggal di LN ya jadi bahasa indonesianya terbatas? eh sorry jadi nanya2…. 🙂

  2. Aku ma chicco juga sering pk bahas inggris klo didepan yuli ( ART ) eehh gak taunya dia ngerti juga dikit2 Pas ditanya2 kok dia inggrisnya makin jago. Ternyata dia suka diajarin ama suster dikomplek rumah yg sisuster itu emang ikut orang bule hueheheeh.

    • Hahaha….itu dia nis….ART sekarang mah pinter2….trus apalagi kalo judulnya nannybyg pernah kerja di luar negri….ngomong ama anak majikannya aja pake English

  3. “Sopan ngga berbahasa asing supaya ngga dimengerti orang disebelah kita?” Hmm, susah jawabnya. Dunia makin kecil Jo, orang makin pinter berbagai bahasa. Aku pernah ketemu orang Belanda di bis yang bisa bahasa Jawa halus. Aku juga pernah diomongin orang di Berlin, dipikir aku ngga ngerti bahasanya, aku celetukin aja 🙂

    Sebaiknya sih saran aku kalo bisa keruangan lain supaya orangnya ngga bisa denger.

    Aku suka bahasa. Sekarang pun pingin belajar bahasa Portugis & Mandarin. Bahasa Portugis karena kedengerannya sexy, bahasa Mandarin karena seru aja biar gampang nawar kalo belanja ha…ha…

    • Eh iya ya mba yo….banyak yang udah mempelajari bahasa asing yang kita ga nyangka2. Pernah lucu banget…ada copet di bis lagi mau beraksi…pake bahasa batak….langsung diplototin ama mamaku….. dan ditegor… copetnya ga nyangka ada penumpang orang batak… lamgsung ngacir mereka turun dari bis….hahahaha malu2in ajeee nih copetnya orang batak…lol

  4. Bahasa rahasia kita zaman sekolahan hampir sama Jo. Kalo kami pake huruf ‘g’. misalnya dadu, ngomongnya: daga dugu 😀 tentang ngomongin org didepannya dgn bahasa rahasia, sebenarnya nggak sopan ya. Tapi lihat sikon lah. misalnya belanja berdua di pasar pas traveling ke hongkong, mustinya agak menjauh dikit dari penjual utk membicarakan harga yg dia tawarkan ke kita. Tapi kan pasarnya rame dan waktu kita terbatas. Jadi yah pake bahasa rahasia ajalah di depan dia 😀

    • Hehehe iya ya mess musti liat2 sikon ya…aku pengen belajar bahasa asing deh rasanya….tagalog aja dulu deh biar ngerti guru2 pinoy diskolah itu ngomongin apa ya… soalnya mereka udah ngerti bahasa indonesia….

  5. sejauh ini pake bahasa rahasia cuma berani di toko2 mangdu kalo mau nawar harga.. aku pake bahasa khe / mandarin / tio chiu / hokkien kak dirumah (mama papa cina abis)..
    tapi bener loh berbahasa rahasia harus hati2 khususnya inggris dan mandarin, udah hampir semua kalangan ngerti kayanya 🙂

  6. Ih jaman gue dulu smp juga suka begitu sama temen gue. cuma bener kata mbak Yo, sekarang kan batasan bahasa makin tipis jadi susah juga ya, jangan jangan ada aja yang ngerti :D.
    Oya mo curcol dikit ah. Penguasaan bahasa gue kan relatif sedikit ya, paling bahasa Indonesia, sedikit Inggris, sedikit sunda. Pas kuliah di Jakarta yang banyakan mayoritas orang daerah yang ngomong hokkien, mandarin, atau khek, berasa banget gue jadi alien. Kan gue tampang chinese tapi kaga bisa ngomong. Kadang sedih juga sih soalnya beneran kayak orang budek cuma planga plongo doang pas kumpul2

    • Makanya aku pingin belajar bahasa Mandarin May, biar gampang nawar ha…ha…Seriously, ibu mertuaku Cina dari Sungai Liat, Bangka. Dia masih bisa bahasa Khek dan sedikit bahasa Mandarin. Makanya aku pingin belajar cuma disini ngga tahu kursus dimana.

      • Hahaha iya. Kalo ke glodok atau ke pecinan biasanya kepake banget buat nawar atau sekedar nongkrong2 di warung kopi nya. Seru sih. Hahaha aku malah cina coret, ga pernah di ajarin mandarin 😀

    • Hihihihi mayaaaaa!!! emang orang ga bakal percaya ya may kalo lu ga bisa bahasa mandarin or minimal hokien secara rata2 orang cina kan bisa ya. gue juga sama kaya mba yo pengen bahasa mandarin, karena sih gue pikir sekarang dimana2 requirement untuk bahasa udah mulai memasukkan bahasa mandarin ini di persyaratannya. apalagi didunia mengajar.

      • Iya lah, gue jaman gue kuliah dulu asli gue di bilangnya bukan cina coret lagi tapi cina di coret coret 😆
        Secara gue nama cina kaga punya, ngomong cina pun gak bisa. Sekarang nyesel juga sih Jo karena mandari jadi second language di dunia kerja, andai dulu nyokap gue cas cis cus ngomong sama gue 😀

  7. Penting itu ka Jo, apalagi kalo ada ART gitu, tapi harus tau waktunya juga sih.
    Dan ART sekarang canggih2 loh, mgkn karena uda sering denger orang dirumah ngomong ya, jadinya lama2 ngerti juga bahasa rahasia kita hahaha

    • iya mereka udah sering nonton fllm kali ya sur…mereka juga jangan2 ada di socmed. hp mereka kan keren2 loh. Ada pulak yang hp nya lebih keren dari majikannya.
      makanya bahasa rahasiaku kadang2 bahasa daerah aja.

  8. Aku gak pernah bahasa rahasia Jo hihi soalnya aku ngerasain gak enaknya diomongin sama org yg bisa bahasa hokien trus aku gak ngerti. Kalo sama matt ada yg rahasia2 gitu biasanya sama dia diseret buat ngomong pelan2.

  9. Aku punya bahasa rahasia sama kakak2 hehe.. Tapi ya emang harus hati2 klo pake bahasa rahasia , kita ga pernah tau orang yg sekitar kita ngerti apa engga. Ada cerita satu hari mantan bos aku dulu overheard penumpang satu kereta sama dia, ngomong pake bahasa indonesia ttg “malam” mereka haha. (Sptnya mantan bosku dianggap chinese atau vietnam atau filipin) Epic

  10. Bahasa rahasia jarang paling kalau ma suami aku pakai kode lewat WA…
    Waaah aku juga kalau sama anak – anak aku sering ngobrol pakai inggris walau belepotan karena masih tahap belajar, tapi asyiik aja…
    Kalau aku mau ambil kursus Inggrisma Jerman aja.

    • Hihihihi kode lewat WA lucu juga. Aku pernah tuh ama suami ku, pas laagi ngumpul2 ama temen2ku, dia udah ga betah mo minta pulang, dia kirim WA eh tapi akunya ga buka2 hp, akhirnya dia kasih kode, suruh liat hp. hihihi ternyata dianya udah bete.

      kursus bahasa Jerman boleh juga tuh….susah tapi ya…

  11. dulu waktu aku dan kakak2ku masih kecil, bokap nyokap kl ngomong sesuatu yang anak2nya ga boleh denger pake bahasa Belanda, but it doesn’t take long karena kita satu per satu pun mulai ngerti, lah salah sendiri kenapa masukkin anak2nya ke kursus bahasa belanda kan? xixiii

  12. hahaha keren2 bahasa rahasianya kaya sandi morse kah? ada temen dulu bikin alfabet pake titik sm kombinasi garis buset deh ampe bingung nulis apaan walau udah dikasih kebetan

    trus ada temen dulu punya ortu kl ngom rahasia depan anaknya pake bhs perancis hahaha krn anak2 yah ngerti inggris semua dari sekolah belajar, blom dari kursus

    kita kl ntn korea aja ngerti dikit2 kan vocab dia contoh uppa hahah apalagi prt yg tiap hr dengerin, kl nalarnya jalan dia akan cocokin omongan ke tindakan lama2 jd tau hihihihi

    kl dulu aku di rumah sama nyokap ngom pake cantonese soalnya jarang bgt org yg bisa dibanding mandarin, tapi bokap nggak bisa jd nyok ngom ke bokap pk bhs mandarin (dr kecil udah di cekokin bahasa mandarin sama cantonese sampe eneq) dan gak pengen lah yau ngeles2 gituan obsesi pengen bahasa jepang (dulu sempet les) udah lancar baca hiragana katakana, kosa kata sapaan, angka, penunjuk, kata ganti, kalimat bingung krn beda sama bahasa indo yg S P O K kalau dia subjek bisa di belakang kalimat trus keterangan bisa awal kalimat, kl huruf kanji krn sama ky mandarin kdg tau arti tp dilafalkan baca secara mandarin bukan jepang contoh tulisan kanji jepang (negara) kl lafalnya jepang baca kanjinya kan ni hon kl mandarin re pen tulisan yg sama, kl skrg nggak usah ditanya pengen bgt bisa lancar baca tulis ngom korea hahaha salahkan drama korea tapi dari nonton bisa loh walau nggak dlm bentuk kalimat paling kosa kata lumayan loh waktu ke seoul dulu ngobrol sama guide korea yg bisa bhs indo smp dia takjub bisa tau kosa kata bukan yg umum hanya gara2 ntn drama korea huahaha … ayo Jo belajar korea sembari nonton korea kl hangeulnya liat kamus aja (waktu itu diajarin sama guide smp dia print in a e u o u pake hangeul sama konsonan nya tapi males belajarnya *_*

    • iya dulu bikin bahasa rahasia pake kode2 macam sandi morse trus ada vocab2 tersendiri gitu. hihihi dasar iseng dan norak deh kami dulu.

      gue sempet beli kamus bahasa korea jaman awal2 gila korea sekitar tahun 2005….ampe beneran niat loh itu mau les bahasa korea, sayangnya gue pas banget lagi kuliah lagi di Atma.
      emang keren ya para tour guide itu…aku mau sih belajar bahasa korea or mandarin, tapi ga kuat ama tulisannya….apalagi mandarin….susah buangettt!!!

  13. Yaampun curiga itu si mba ternyata kursus di EF! Hahahaha!
    Eh kok bisa ngerti ya dia? Mugkin kalo menurutku sih.. dia rada ngeuh dgn salah satu kata yg diucap, misal “water” ato “food, eat” kan gampang ya itu mah, dia jd menyimpulkan sendiri arti percakapannya apa trus dia sautin deh haha *analisa cetek*.

    Kalo menurutku emg kurang sopan sih mba ngomong bahasa rahasia dpn orglain. Aku sll jadi korbannya 😦 tetanggaku jawa semua aku sunda sendiri. Kalo lg kumpul mrk jojong wee ngobrol pk bahasa jawa sementara aku planga plongo, dan itu bikin aku kikuk bgt, kayak g dihargain gitu sih aku. Boro2 aku bisa nyambung kan kalo g tau mrk ngobrolin apa. Huhu jahattt 😦 hahahaha

  14. Aku jugaaa jaman sekolah aku suka nama2 samaran gitu ttg gebetan hahahahah.. Sekarang kalo bahasa rahasia, depan anak Bahasa Jawa. Depan mbak bahasa Englais. Kayanya mbakku dikit2 paham sih.. hihi.. Abis suamik aku mau diajarin bahasa isyarat lain suka apatis, aku udah muka serius, dia malah, “Aku nggak ngerti. Watsap aja.”

    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz….

    • Buahahaa….suamimu kurang bisa kerja sama ya smit….trus kurasa mba2 itu tau dikit2 kata perkata dan relate sama kejadian dihadapannya..jd berasumsi sendiri..misalnya kata “water” itu dia ngerti dan relate ke jetpump 🙂 *sok menganalisa*

Leave a Reply

