Merdeka untuk seorang guru TK

image

Story telling, painting, playing and do lots of outdoor activities… that’s what kindergarten students supposedly to do. NOT THE READING, WRITING AND COUNTING. now you tell me why? Jangankan ga ada calistung di TK, ada calistung aja masih dibanding-bandingin sama sekolah lain. Yang pelajarannya paling rendah atau kurang dalam akan sepi peminat. Demand and supply memang spertinya berlaku juga disini. Jadi, bisakah balik seperti dulu aja..jaman waktu kecil…bahwa belajar calistung akan dimulai di SD dan tidak ada lagi yang namanya UN…. with that..I will  shout loudly…..HAPPY INDEPENDENCE DAY INDONESIA!
-Joeyz, guru TK yang masih resah-

32 thoughts on “Merdeka untuk seorang guru TK

    • Happy independence day for you too di LA ya koh….ya semoga ada banyak perubahan yang lebih baik didunia pendidikan kedepannya πŸ™‚ *ga sanggup bayangin anak2ku duduk di bangku SD nanti* 😦

  1. Sejak kapan anak TK musti bisa Calistung Jo? Disini anak belajar itu kelas 1 SD. Kasihan ya anak-anak TK di Indonesia jadi ngga bisa hanya main & belajar sambil bermain disekolah.

    Selamat hari kemerdekaan bu guru. Jangan resah ya πŸ™‚

    • Ga tau sejak kapan ya mba yo…tapi 10 tahun terakhir yang kutau yah seperti itu. Aku inget banget kalo akunga pernah sekolah TK dan aku masuk SD. Di SD aku baru belajar nulis dan baca. And I think I was fine. I AM FINE.

      Harus tetap resah mba yo..supaya ada usaha untuk memperbaiki apa yang kita bisa. Aku pun dilema karna aku adalah guru tk yang mengajarkan calistung….karena tuntutan kurikulum, tuntutan sekolah, dan ekspektasi orang tua…

  2. iya ya mbak Jo, padahal anak TK itu mestinya asyik bermain dan bersosialisasi bukannya belajar calistung plus pelajaran bahasa lain 😐
    suka miris kalau lagi kunjungan ke TK anak-anaknya duduk diem di kelas belajar calistung. Tapi efek tuntutan SD juga kali yah yang pengen anak yg masuk ke SD harus udah bisa calistung ><

    • Iya ira….soalnya nanti pas SD hidupnya baru akan mulai serius. Karena sudah ada ujian dan pelajaran yang berat2. So masa bermainnya harus puas di masa TK donk yaaaa πŸ™‚
      hiksss pukpuk murid2ku….

  3. Selamat hari kemerdekaan da πŸ˜€

    Semoga ke depannya pendidikan kita bisa lebih baik yah. Anak-anak bisa belajar dengan bahagia tanpa tertekan sebaliknya selalu diberi motivasi yang benar untuk mengembangkan diri.

  4. Gw masuk TK 0 kecil itu sekitar tahun 1983 dan saat itu gw pun udah ada pelajaran hitung2an dan membaca. Pas SD kelas 1, 2 tahun kemudian ya lgs belajar lancar membaca. Sementara anak2 tetangga, mereka cuman ke sekolah buat bermain sedangkan gw ke sekolah aja tas udah paling berat ama buku, o ya gw sekolah di BPK Penabur.
    Keknya kl tahun2 skarang, semua metode nya udah sama kayak gw sekolah dulu yah. Kesian sih, tp so far gw bangga bisa baca lebih dulu xxiixixi

    • anak penabur gitu lohhh mba Fe….paling dikenal dengan pelajaran yang dalam ya…

      Iya bisa jadi. Jangan-jangan penabur nih yang dijadiin acuannya. Hehehehe secara kan dari Penabur yang rata-rata menang dalam lomba2 di kancah international πŸ˜€

      • gue juga anak penabur fe’. dari TK sampe SD. SMP tobat ! hahaha … fe’ loe penabur berapa ?! gue sembilan. dulu tuh kalo bawa tas segede-gede gaban. waktu itu udh ada pelajaran baca. paling inget dulu, apa lah tuh namanya aku lupa, anak TK udh disuruh tulis apa yang didikte guru. bangga bener kalo dapet 100. satu sisi sih beruntung karena jd cepet bisa baca. tp kalo dibandingin sama TK sekarang, mending banyakin mainnya deh sama aktivitas yang mengasah kreatifitas anak. mereka lebih butuh itu. masa keponakan-ku di TK udh disuruh belajar bedain mana barang-barang dari besi, mana dari plastik. buseeetttt …. jangan2x pas SD, prakarya udah disuruh buat rudal kali ye …

      • ehemmm ada anak penabur lagi ini…
        anak-anak genius nih katanya dulu kalo yang sekolah disini…berat soalnya kan pelajarannya. Aku sih pasti ga sanggup deh hehe

  5. Jo, disini anak tk itu blajarnys ga serius kyk di Indo deh. Lebih diutamakan mainnya… Ada pengenalan huruf, ug diajarin dlm bentuk nyanyian. Kasian ya, msh krucil2 gitu uda hrs belajar yg aga berat lah pastinya buat anak srumuran itu. Btw, meskipun telat sehari, happy independence day to Indonesia ya Jo, moga2 ada perbaikan, ga makin labil. Ikutan lomba makan krupuk ga Jo?πŸ˜€πŸ˜›

    • Ih kayaknya Aussie emang keren deh bidang pendidikannya….setauku dulu sekolah tempat aku ngajar yang pake kurikulum aussie…mereka fun banget proses belajar mengajarnya

      happy independence day juga mba Ria yang nun jauh disana…

  6. Merdeka!

    Merdeka untuk gw adalah bisa nyiapin acara ulangtahun Fayra dengan seksama, krn ultahnya 1 hari setelah HUT RI. Hahaha emak cemen!

  7. 😦 gue dulu pas TK juga cuma nggambar dan maenan doang. Itu tahun 1986-87 deh,dan gue happy banget ke sekolah. Gue bs baca karena dilatih nya dari rumah karena gue suka baca dan punya banyak buku anak2 tp di sekolah mah maen doang. Kasian ya udah punya tanggung jawab gitu masih kicik padahal…

  8. kalo dulu…sekolah yg paling oke itu yang banyak permainan outdoornya…
    banyak nyanyi2nya….
    banyak cekikikannya…

    Hampir aja mau masukin anakku ke sekolah….baru trial satu hari langsung lemes, masak kegiatannya di dalem kelas 2 jam, gurusnya juga statis…
    *langsung melipir deh….

    • masih ada sih sekolah yang banyak bermainnya..contohnya tk mini pak kasur
      masih bertahan sampai sekarang walaupun banyak persaingan sekolah2 international

      semoga anaknya mba sheeta ketemu sekolah yang fun dan pas dihati ya πŸ™‚

  9. Wah syukur masih ada TK yang tidak calistung. Rata-rata anak jaman sekarang makin nggak diberi kesempatan untuk jadi anak-anak. Kompensasinya saat pada dewasa, kelakuan malah jadi kekanak-kanakan he..he.. Tapi untung masih ada orang-orang seperti bu guru joeyz14. πŸ™‚

  10. wah mengajar TK ya mbak ^^ keren ini.
    mengajar anak2 lucu ini tentu butuh kesabaran ekstra ya mbak.
    saya rasa malah harus lebih sabar daripada nangani anak SMP dan SMA, hehe saya blm pernah merasakan ngajar di TK soalnya πŸ˜€
    syukurlah klo ga da calistung, kadang suka kasian liat anak2 TK yang belum mau dan mungkin blm saatnya belajar yg rumit2, tapi malah diajarin di usia sedini itu.

Leave a Reply

