Kue Kesukaan Uppa (resep: carrot cake)

Ahhhhh belum afdol rasanya blog emak-emak *sok bisa baking*  ini kalo belum share resep disini.
*ehemm…keselek kedondong* :))))

Jadi sebagaimana diketahui bahwa saya ini ‘buta resep’ alias susah mudeng baca resep..musti diresapi berulang-ulang. Jadi kalo ada yang share resep pake bahasa Inggris..saya pasti males praktekinnya…karena yang bahasa Indonesia aja saya keder apalagi Bahasa Inggris kan….

Oke berikut adalah resep carrot cake yang sebenernya udah sering banget saya praktekin. Resep ini dapat dari mba Elly_Ferry dari Instagram (random aja sih nemunya)
Anyway ini adalah kue yang uppa suka banget loh ..biasanya dia mau yang polos aja, ga pake topping segala.

So here is the recipe:
RESEP CARROT CAKE
Bahan:
-250 gr gula (150 gr gula pasir+100 gr gula palem
-sejumput garam
-300 gr tepung terigu protein rendah (aku pake segitiga biru)
– ¼ sdt kayu manis
-350 gram wortel (harut halus jangan diperas)
-150 ml minyak sayur
Cara membuat:
-kocok telur, gula, garam, hingga kental dan berjejak dengan speed mixer tinggi
-Ayak bahan kering, kemudian masukkan, kemudian masukkan kedalam adonan dengan speed rendah hingga tercampur rata.
-Masukkan wortel parut, aduk rata dengan spatula
-Tambahkan minyak perlahan kedalam adonan, aduk hingga tercampur rata. Pengadukan dilakukan dengan metode aduk balik, pakai spatula besar.
Hati-hati dengan minyaknya jangan sampai ada yang mengendap dibawa, harus teraduk semuatapi jangan sampai over mixing, supaya tidak bantat.
-Tuangkan adonan kedalam Loyang yang telah dialasi kertas roti
-Panggang dengan suhu 180 c selama 30 menit. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan
-Tunggu hangat lalu keluarkan dari cetakan.
RESEP TOPING
-250 gr cream cheese
-50 gr blue band
-1 cup kecil yogurt plain yang kental
-60 gr keju cheddar (parut)
-1 sdm gula halus
Aduk semua bahan dengan mixer, lalu oles ke kue masukkan ke kulkas selama 30 menit.

and taraaaaaaaaaaaaaaaa…..ini carrot cake percobaan pertama dulu:

Tergolong dibilang sukses. ..first try

Tergolong dibilang sukses. ..first try

 

in slice

in slice

Lalu beberapa hari lalu saya coba pake crumble atasnya, pake crumbel ini bukan karenna sok kreatippp alias lagi ga punya krimcis..crumblenya terdiri dari gula palem, chocochips dan kacang mede yang disangrai dan ditumbuk kasar…aduk semua dan tabur ditengah kue dan diatasnya sebelum masuk oven.

and here is my carrot crumble cake…(hahhaa ngarang)

wpid-20141004_091552.jpg

Anyway, sebenernya setiap saya baking sebenernya saya risih kalo dibilang ‘ih pinter bikin kue ya si Joice sekarang’ , menurut saya kurang tepat, karena sebenernya saya lebih sering gagalnya kok daripada suksesnya. Di postingan saya yang terdahulu, COOKING CHALLENGE 1, dan COOKING CHALLENGE 2 dari sana saya bisa liat memang ada yang improve(Sedikit banget improvenya) dengan baking skill saya, tapi kayaknya juga belum bisa dibilang pintar, bayangkan saya belum lulus-lulus yang namanya bikin kue chiffon, padahal kan keliatannya simple dan gampang ya, eh tapi bok, udah ENAM kali saya bikin dan ga pernah sukses, ada aja kurangnya. Kurang mateng dikit lah, bantet lah..kempis lah…ahhhh syebeell, bikin kapok. Tapi so far kue yang paling sering dibikin adalah ya tetep donk si Kue anti gagal MUFFIN, banana cake, brownies, dan pie susu. Tapi favorit dari semua kue itu adalah si QUICHE LORRAINE, dan kapan itu saya coba pake resep lain dan hasilnya juga enak seperti resep dari mba yo yang juga enak. Basically, I like pie-pie an gitu sih. SUKA BANGET!

QUICHE LORRAINNE eith spinach...yummmm

QUICHE LORRAINNE eith spinach…yummmm

pie susu/egg tart yang tetap menjadi favorit. Lumayan sering juga bikin ini (kalo lagi ga males)

pie susu/egg tart yang tetap menjadi favorit. Lumayan sering juga bikin ini (kalo lagi ga males)

 

Nah, satu kue yang paling sering saya bikin kan juga si carrot cake ini, tapi terus terang aja nih, kadang-kadang kue wortel ini kok ga mateng ditengah ya….? padahal pinggirannya udah mateng, terus kalo kelamaan di oven takut bantet or gosong. Anybody know what’s the tips? makanya saya sertai resep diatas, siapa tau ada yang mau kasih tau tips2 supaya carrot cake ini matang sempurna. Tapi saya heran, kadang sukses juga sih..matang secara keseluruhan. Help me please! because uppa really love this cake I made….and I want my carrot cake tastes better each day *tsahhhhh istri soleha banget dah ini ya*

So that’s my story about my baking thing, dan dari antara 10 jenis kue yang pengen dicoba bikin, maka  saya tinggal punya utang 1 lagi yaitu bikin tiramisu…… ahhhh belum nemu moodnya ini mau bikin tiramisu padahal puji dan mba Ria udah share resepnya.

So, catch you later friends, lega deh, akhirnya saya bisa tiap hari bikin postingan selama  libur satu minggu ini….. *yang walaupun ga jelas semua isi postingannya..lol* tapi mari kita tepuk tangan! yeayyyy! clap-clap hoorayyyyy!

Have a sweet Friday, my blogger Fellows!

33 thoughts on “Kue Kesukaan Uppa (resep: carrot cake)

    • Oh ya tiramisu resep aku gampang banget Jo, krn ga pake baking tinggal aduk2 dan campur2, aku males bikin2 yg resepnya ribet secara hidup ini juga uda ribet hahahaaaa…

      • Oh si carrot cake ini bisa ga pake mixer toh…jadi penasaran…iya mba aku kalo ga mood ya males aja mau nyoba. Kemaren malah nyoba lemon cake dan ga bisa dikeluarim dari loyang hehehe..mau coba resep mba ria ah…(huhu keminggris tapi yakkk 😦 ) *cemennn*

      • Resep lemon cake aku gampang bgt koq Jo, coba deh… Iya ntar ya aku posting resep carrot cake tanpa mixer dan anti gagal hahahaaa… Ovennya di panasin dulu Jo sebelum baking, pas lagi campur2 itu panasin oven sebelumnya.

    • Iyaaa meyyy udah setahun nih bakingnya lumayan aktif. Kukira bakalan sebulan dua bulan aku bertahan. Soalnya kan aku orangnya bosenan hahaha..
      Eh carrot cake aku pun dah mulai bosen…jadi setiap baking aku ga makan…buat uppa aja

  1. Aku pun suka banget carrot cake mbak… pake kacang-kacangan dan toping krimcis. yum yumm… Kalo bikin carrot cake, aku nggak pake mixer cuma aduk-aduk aja trus aku pake baking powder mbak..

    • Hahaahaha….padahal gue paling males loh disuruh nyatet resep. Jadi resep2 itu biasanya cuma gue screencapture dan..kalo mau baking tinggal buka hp.hahhaa pemalas… iya td sempet ada yg error..jadi gue publish ulang..ternyata udah ada..jd postingan pertama gue delete

  2. Gw udah males skarang baking2 krn jarang berhasil juga hahha I d prefer cooking though, and btw bakery cuman 200 meter dr rumah hahaha

    tapi itu ya egg tart lu astagaaaaa bikin ngecesss

  3. Kalo kalo wortelnya ngendap ditengah mungkin karena gak rata ngaduknya, bisa disiasati di wortelnya ditaburi tepung. Kl gak pas ngaduk dipindah di baskom yang lebar dasarnya jadi kecampur semua. Pelajaran jaman les di ncc siih, tp prakteknya ya kadang tetep gak sukses. Sorrrryyy sok teu. Hobby baking jaman 2tahun lalu trus skrn berenti. Tp pengen lagi gara2 liat postongan mb joey. Dasar pinginan

  4. Lam kenal jo…wahh rajin benerr bebikinan…pie susunya ngilerin..kalo carrot.cake blom pernah cobain makan..ga suka wortel karena bukan anak kelinci..( ngaco.com)

    • salam kenal juga yance
      hahaa ga rajin2 amat sihhh cuma kalo lagi mood aja.
      coba deh kue wortel asli ga bau langu samasekali…palke wortel import aja lebih manis

Leave a Reply

