Resep Pancake (Anti Gagal)

My double G lagi hobi banget ngemil (ya dari dulu sih) dan karena itu si Kakak selalu request minta dibikinin cemilan. Terlebih saat weekend, maunya dibikinin pancake. Ya berhubung mamanya ini pun masih amatiran di dunia masak-memasak, jadi saya akhirnya sibuk cari-cari dan coba berbagai resep pancake. Sampai akhirnya nemu resep pancake yang menurut saya so far paling berhasil. Dari dulu sering bikin pancake tapi ga pernah cakep hasilnya. Padahal kan kalo dilihat-lihat simpel ya. Reesep pancake anti gagal ini saya dapat dari akun IG nya mba @anitajoyo (one of my fav instagram account) Makasih sebelumnya untuk mba @anitajoyo yang baik banget suka share resep-resepnya, udah gitu foto-foto beliau ini kece-kece banget! Salute!!!!

Tadinya mah males nulis resep di blog ini, karena kan bukan ahlinya ya, tapi ini request dari members BEC tadi pagi di group chit-chat, dan janji mau nulis malam ini, biar besok pagi bisa praktek langsung hehehe..

Yasud…daripada panjang lebar, marilah kita lihat resepnya.

 

Pancake tadi pagi

Pancake tadi pagi

RESEP PANCAKES:

Bahan-bahan:

-250 ml buttermilk (susu+air jeruk nipis 2sdm) >> saya pake lemon

-165 gr terigu
-1/2 sdt garam
-2 sdt baking powder

-2 sdm gula pasir

-1/2 sdm butter, cairkan

-1 butir telor kocok lepas >> tadi saya pake 2 telor karena telornya ukuran kecil

CARA MEMBUATΒ 

-Dalam wadah, campur terigu, baking powder, garam, dan gula

-Buat lubang di tengah-tengah. Tuangkan buttermilk. Aduk dengan whisk.

-Tambahkan telur kocok, aduk sampai merata dan tidak menggumpal

-Beri butter cair, aduk.

-Panaskan wajan anti lengket, oles mentega sedikit, tuang satu sendok sayur adonan.

-Kecilkan api. Biarkan sampai adonan berlubang-lubang. Balik. DONE!

NOTES:

-Buttermilk diganti whipcream lebih enak (Tapi saya belum coba euyy)

-Adonan lebih oke kalo didiamkan dulu 15 menit, sebelum di tuang ke wajan satu persatu

-Pan dioles mentega pertama aja, untuk selanjutnya nggak perlu, biar permukaannya mulus.

-Pakai pan diameter yang kecil bisa jadi 10-12 pancake

SELAMAT MENCOBA YA TEMANS….semoga berhasil (bagi yang mau mencoba resep ini)

Ohya kalo ada yang mau nambahin tips and tricks bikin pancake yang lebih dashyat, boleh donk di share disini

xoxo

40 thoughts on “Resep Pancake (Anti Gagal)

  1. Pancakenya cantik bulat2 bisa sama ukurannya. Aku bikin ga pakai takaran pakai self-raising flour sama soya milk karena ga bisa minum susu. Kayaknya seru kalau pakai lemon, ntar kalau sudah pindah aku coba.

  2. Aku ga keberatan makan pancake sendirian. Proses bikinnya yg males, hueheheh. Biasanya klopun bikin, Papahku yg bikin. Itupun ga makan buat aku aja…. #yaeyyalah

  3. Kalau pancake yg amerika kalau ngga salah…putih telurnya dipisah lalu kocok kaku, hasilnya jd tebal dan fluffy gitu..pernah nyoba buatan teman πŸ™‚

    Fotonya cakep maaak.. Suka lihatnya.. πŸ‘πŸ‘

  4. Whoaaa ini diaaa… Pengen nyoba, pengen bikin pancake secantik itu ❀ Makannya plus eskrim, nutella, potongan pisang *beeeuh kalorinya jadi tinggi hahahaa
    Telur kecil2 itu telur ayam kampung yaa mbak Joice? ^^

    • Nggak tia..telurnya kebetulan ukuran agak kecil. Kan suka ada yg gede banget…trus kecil banget.jadi kalo yg sedang mah ya 1 aja telurnya

      Selamat mencovmva ya Tia

  5. aku suka pancakeee.. dan itu resepnya sama kaya yg biasa ku bikin kak joeyz enyakkkkk ukurannya aja yg beda soalnya aku biasa pake ilmu kira2 huahaha πŸ˜€

  6. Betul teh Wie bilang Jo, teknik buat American pancake yang tebel tapi fluffy itu telurnya dipisah putih dan kuningnya. Kuning telur dicampur gula kocok rata, terus tambahkan terigu & susu. Putih telur kocok pake tangan atau mix hingga berkembang kaku seperti meringue (yang kalo wadah dibalik putih telurnya ngga jatuh). Baru campur semua dengan cari aduk lipat, supaya udaranya ngga keluar, jadi pancakenya flufffy.

    Coba buat pancake pake ricotta deh, enak juga. Tadi pagi aku buat kue dadar pake tepung beras & santen. Enak juga.

  7. saya sekali bikin pancake… tapi jadinya malah kyk kue apem biasa… malah mungkin lebih bagusan kue apem… bentuknya ga karu-karuan… :))

    bikin yg biasa aja ga bisa, gmn yg kyk gini ya??

  8. mbak jooo, kalo aku tepungnya aku tambahin. jadi 2 ons-an. biar agak tebel gitu. ga cair banget. trus jadinya lebih banyak. yes, hello this is istri pengiritan speaking. hihihi πŸ˜€

  9. suamiku doyan banget pancake mba jo, sedangkan istrinya males kalo bikin karena masaknya itu lho yang mesti sabar nungguinnya, ditinggal dikit eh gosong πŸ˜€

    • Makasih Andin, iya pancake is everyones fav ya. Dan nampaknya aku akan berkutat dengan bakin dalam minggu ini. Baru nemu Toko bahan kue yg super lengkap….hmmm can’t wait

Leave a Reply

