Galau Ngeblog

So far, tujuan saya ngeblog adalah untuk menumpahkan isi otak ke dalam tulisan, yang nantinya untuk dibaca-baca lagi. *fyi, saya suka banget bacain postingan sendiri, diulang-ulang terlebih postingan lama*. Yes kembali pada hakikatnya bahwa blog ini awalnya adalah to keep the bitter sweet memories in life. Walaupun saya coba sekuat tenaga untuk ga nyeritain yang pahit-pahit di blog ini. Pengennya yang seneng-seneng aja biar bisa jadi reminder untuk ucapan syukur dikala hidup sedang pahit. *Padahal seringan pahitnya sih* πŸ˜€

Beberapa waktu belakangan ini saya suka galau ngeblog. Kegalauan saya datang dengan beberapa hal di bawah ini:

1) Spesifikasi Blog

Awal ngeblog, dulu pake alamat http://www.teacherjoice.wordpress.com karena mau bikin blog ala-ala guru-guru preschool di luar negeri sana yang kerennya minta ampun. Huhuhuhu apa daya saya ga mampu dan berhenti, alias give up karena ternyata ga gampang ya bikin postingan full English dengan konten blog yang fully tentang dunia mengajar saya.

Blog sekarang bagaimana? campur aduk ga jelas. Banyak sekali rencana mau bikin page tentang “SUKU BATAK” lah, trus mau bikin page tentang “TEACHING” lah….tapi kok ampe sekarang belom juga direalisasikan.

Iya, pengen banget sih punya blog yang rapih, ga acak adut kayak sekarang ini. campur sari ga jelas.Tapi so far, inilah kemampuan yang saya punya. Terimalah aku apa adanya ya temans *salim atu2* πŸ˜€

2) Tentang Foto

Ini nih, gara-gara Ryan abis bikin postingan tentang copyright, saya jadi ingat kalau foto saya pernah dipakai oleh tr*bun news tanpa seijin saya. Nah, ketauannya karena si Neng Orin (si master penulis Fiksi itu loh) posting di IG nya tentang resensi dia atas buku Gelombang nya Dee di surat kabar tersebut. Eh pas saya lihat, kok ada penampakan muka saya ya? Lalu bilang ke Orin. Tapi Orin juga ga ngeh tuh, tapi akhirnya Orin kasih alamat emailnya ke saya. Kirim email deh ke pihak media bersangkutan. Lama banget balasanya. Saya email lagi, baru dibalas, terus dia mau cek dulu katanya, di edisi yang mana. Lalu ga berapa lama, mereka kirim email lagi dan meminta maaf karena mereka ga tau katanya pemilik foto itu. Yang bener aja masbro! situ kerja di media kok ga tau kalau foto dari google itu kan ada asal-muasalnya…piye toh mas….masssss! Untung hatiku seluas samudera sedalam lautan, dan setinggi angkasaΒ ya, jadilah kumaafkan mereka itu, dengan cara gak saya bales lagi email dari mereka.

emal dari mereka

emal dari mereka

Foto yang ini nih, yang dicomot. Yaelah tau mau masuk koran kan, mukanya ga gue tutupin pake buku si Dee yak! *brb, ambil gincu* :D

Foto yang ini nih, yang dicomot. Yaelah tau mau masuk koran kan mukanya ga gue tutupin pake buku si Dee yak! *brb, ambil gincu* πŸ˜€

Dengan kejadian diatas itu, saya jadi ragu-ragu tiap kali mau posting foto. Tambah lagi saya orangnya paling malas edit foto dan kasih watermark pun ga pernah. Hmmmm PR banget deh ini. Suatu hari nanti kalau lagi lowong, mau ngutak-ngatik blog ah, mau hapus-hapusin foto-foto yang sekiranya ga penting. Sebaliknya saya akan selalu mencantumkan sumber foto yang saya pinjam dari google or websitenya. *Padahal sih tetep harus ijin ya bok* Ahhh ngeblog ini kok merepotkan hidup aja sik? Β *makin galau* πŸ˜€

3) Search Engine

Saya sempat mengnonaktifkan serach engine untuk blog ini. Jadi ga ke detect di google or mesin pencari lain deh tentang hal-hal yang ada di blog ini, kecuali langsung visit blog ini. Sayang tapinya ya? akhirnya saya aktifkan lagi waktu ultah blog yang pertama tahun lalu. Emang dasar emak-emak labil.Hehe :)))

4) Promosiin Blog

So far sosmed yang saya jadikan tempat memporomosikan blog adalah Twitter dan Instagram. Jangan ampe ini blog dibaca ama ortu murid di sekolah, dan orang-orang yang saya hindari. Males aja gitu. Tapi kejadian donk suatu kali bulan Oktober lalu, tiba-tiba ada pesan di WA saya.

“Hi Miss Joice, how are you? I am Β K’s mom, I found your blog, through Dee’s twit this morning…wowww! you are the narsum of Dee in Gelombang?”

Makkkkk!!! mati gak lu? langsung ga percaya! oh no! aku ga rela kakakkk! lah emang kenapa gitu kalo ada parents yang baca blog kamu jo? ihhhh gengsi donk ah! malu aja gitu… *jaimmm ya bok!* Ya itulah emang resiko ngeblog dan berusaha mempublikasikannya. Teman-teman dekat saya sih pada suka baca blog ini, tapi gak rutin. Btw, saya akhirnya jadi tuker-tukeran nove sihl ama si ibu yang nemuin blog saya itu. Ternyata dia hobi baca juga. Dia janji tak akan memberitahukan blog ini pada ortu lain di sekolah. HAHAHAHAHA…..

5) Gaya bahasa

Yang menjadi kegalauan saya lainnya adalah gaya bahasa. Dulu kan pake full English ya blog saya ini*gayanyaaa…padahal grammar aja masih berantakan* tapi pas pake bahasa Indonesia kadang pun masuh galau..mau pakai bahasa sehari-hari atau yang formil. Tapi saya putuskan it depends sama topik apa yang saya bahas. Kalau bahas cerita sehar-hari ya ga usah berat deh bahasanya…Tapi kalau bahas tentang Education or teaching stuffs, maka saya akan lebih kalem bawaannya….alias lebih formil lah ya bahasanya. *berarti gue belum nemuin jati diri nih dalam ngeblog* ahhhh auk deh..

Yasud gitu aja dulu ya curcolan tentang ngeblog siang ini.

See you later aligator
See you soon big baboon πŸ™‚

80 thoughts on “Galau Ngeblog

  1. foto saya pernah juga dipakai orang. cuma di media online. kompasiana. dan nyantumin sumbernya juga salah.

    foto saya lagi gendong anak… kalau nggak salah judulnya ada kata-kata suami yang kaya raya gitu deh πŸ˜€

      • Tapi ya sama kayak gw kmrn2 sih Jo. Googling. Dpt gambar ya ambil aja. Gitu.
        Tp dia kan pakai buat berita dia. Buat komersil. Harusnya sih gak gitu.
        Coba baca tulisannya yang ada di link gw deh. Buzzerbee. Dia juga foto2nya diambil sm majalah. Dan jawabannya gak enak bener.

  2. Masalah foto ini emang sering bikin galau tapi ya gimana, narsis juga kadang (sering). Mo kasi-kasi watermark juga malesan..haaa :\
    Kalo saya sejauh ini stick di personal blog aja ah, acakadut gituu yg penting hati senaang hahaha Kecuali mungkin kalo mo dijadiin profesi, boleh laa dipikir lagi :mrgreen:

  3. Kalau blog sudah mulai banyak yg baca, memang sebaiknya ga posting yg galau2 πŸ˜€ . Postinganku yg galau2 dulu2 banget sdh banyak ku hapus, ga asyik banget klo banyak yg baca hehe. Soal copyright, nah sejauh ini aku sdh nemu bbrp postingan gardeningku di copas habis, full satu postingan, berikut foto dan videonya. Baru satu blog yg kulaporkan, males lapor lainnya krn banyak ngisi form laporannya haha.

    Sama Jo aku ngeblog nih males juga klo sampai orang2 terdekat pada tau, nyokap dan adikku sih pada tau, cuma ga pengen spt teman kntr dulu atau teman greja pd tau, pdhl sih klo cari di google pasti ketemu juga ya blogku haha.

    • Nahhh iya kan. Manis pahitnya kalo blog udah lumayan banyak yang baca *padahal baru seuprit followersku* :)) jadi emang akan menghapus beberapa postingan ga jelas dan foto yg ga ngaruh2 amat. Hehehe

      Ada beberapa orang yg ang kuhindari emang utk ga baca blogku. Kalo suami dan keluarga sih tau…

  4. Masalah foto juga sama. Kalau lagi rajin, ngasih watermark, tapi kebanyakan malesnya. Akhirnya disetiap tulisan selalu disertai keterangan kalau semua dokumentasi milik pribadi. Mudah-mudahan ngaruh haha

    • Iya PR banget ya. Secara aku kan ga punya waktu lowong buat bikin foto2 watermark dan edit2 itu. Sukur2 bisa nyelesaiin tulisan.

      Harusnya bikin disclaimer ya no copas tanpa ijin…

  5. Aligator dan Big Babon itu maksudnya apa, Mbak? :hihi.
    Blog memang banyak ceritanya ya Mbak, suka duka berganti-ganti meski teteup banyakan sukanya πŸ™‚
    Teruslah menulis, teruslah blogging, teruslah menginspirasi πŸ˜€

  6. Santai aja Joo, blog yang begini ini enak dibacanya. πŸ˜€
    Kalo gw upload gambar sih langsung upload aja Jo. Gak kepikiran soal copyright. Perkara dicomot orang ya dosanya dia dan gw percaya bakalan dapet balasan setimpal kok (dia dan gw sebagai pembuat fotonya. Hihihi..

  7. Banyak galaunya ya Joyce! EH kita ounya kebiasaan yang sama ya, aku juga suka bacain postingan aku lagi trus mulai ganti-ganti klo ada yang gak sreg hahahaha,,,,btw, itu orang media aneh deh jelas-jelas tampang orang yang kepampang masa gak ada pemiliknya hahaha….

    • Galaunya cuma ngerasa kok ngeblog jadi ga asik lagi ya kalo banyak sekali yg mau dipertimbangkan pas mau publish sebuah tulisan.

      Hahahaa tossss mba Mikan. Iya seru ya baca2 lagi. Suka kuganti2 juga kata2 yang sekiranya ada yg kurang tepat. Atau nemu istilah yg lebih keren πŸ™‚

  8. kalau baca post jadul bikin ketawa n ngakak lucu cos masih binggung mau di bawa blog aku awalnya..
    duh ngak dapat apa apa joe fotomu dicomot..?
    tapi ngak papa dia dah niat minta maap ya.

  9. posting lama jgn diapus Jo, di private aja buat kenang2an dibaca lagi…
    Aku udah 4 tahun off in search engine tapi tetep tiap hari ada masuk mamipapa *kok tetep keluar di google yah, apa krn udah ketik mamipapa*
    tadi barusan ada temen sma ngaku baca blog sampe kaget tanya dia tau dr mn?
    Karna google, waktu itu g lg cari info tentang penang πŸ™‚ nice info, salut buat temen2 yg share info berguna dan rajin ngeblog, it’s so much informative for everybody who needs

    itu jawaban dia, kok bisa nemu yah pdhl blognya udah di off search engine… gmn caranya biar gak ketahuan… sempet takut juga kl emak2 sklh tau blog ini untuk jaga2 semuaposting sekolah gak tulis kl sampe tulis biar ada dokumentasi di protect paswot haahahah

    dulu rajin foto dipakein WM resolusi kecilin skrg malas buang waktu aja, praktis tinggal uplot2 emg dr hp doang kok.., kl mau posting baru buka komp hihihi
    ini niat loh komen panjang dr ipon *pdhl suseh*
    justru yg asik blog campur sari jo jd gak bosen bacanya, sekolah ada, buku ada, korea ada, anak2 ada hihihi

    • Ahhhh Felicia sang Ratu eskatwo kesayangan!! Baca komenmu hati gue jadi adem dan galau berkurang.. hehehehe…iya ah males amatlah bikin ribet aja. Orang bisa nulis 1 postingan perminggu aja dah sukur2…

      Search engine harusnya ga bisa lagi ya. Hmmm kali dia ketik mamipapa lalu muncul websitenya. Eh tp.ga tau jg dink.

      Good idea..ga usah diapus.di password aja ya. Okedeh πŸ™‚

  10. Paling emosi kalo ada yg nyolong foto trus bilang nya nemu di google atau Internet. Orang media pula. Pasti org itu gak punya otak. Lu masih baik lho gak bls lg. Pernah kejadian juga ama gw, gw suruh mereka muat di edisi berikutnya pernyataan maaf.

    Btw gw juga sama ama lu, suka ngebaca baca lg postingan yg lama. Emang tujuan utama nge Blog gw juga buat dokumentasi pribadi aja. Seneng dibaca baca lagi. πŸ™‚

    • ini komen nyemplung di spam.Lagi iseng2 cek spam eh ternyata beberapa komen pengunjung masuk di spam.

      Iya gue pernah baca postinganmu yang tentang foto emma di tabloid deh kayaknya ya? Jadi yang bikin heran itu kok bisa ya jawaban dari mereka ngambil di google? okelah kalo cuma orang awam yang cuma buat have fun aja masih termaafkan, lah tapi ini kan orang media ya, nulis buat komersil. ckckckckck. Saking ngeselinnya, males ngebalesnya.

      Iya kan pada hakekatnya kita bikin blog buat dibaca-baca lagi di kedepannya.

  11. Kalo gw emang diusahain buat ngurangin poto narsisum Jo, tapi masih sering upload poto bocah n suami sih 😁😁. Emang gw juga parno kalo poto qt dipake trus lebih parah lagi kalo disalah gunakan itu lho..
    Poto km mah cakep pisan itu, walopun pihak korannya tetep gak etis utk memuat poto tanpa ijin.
    Setuju ama Felicia, di private aja, semua tulisan itu adalah kenangan hidup kita kok. Bitter sweet nya.

  12. Blog teteh isinya gado-gado.. segala blek disitu, cuma masa galau sudah berlalu seiring dihapusnya Multiply hehee ..udah sepuh gini, kayanya ndak pantes lagi buat galau menggalau gitu 😁

    Samaaa..foto2 teteh ngga ada yg pakai WM.. Kalau sudah niatnya ngga bagus mah ya, pake wm pun tetep dicolong dan dihapus wm nya…

  13. haloha Neng Jo, aku mau ngomentarin yang tentang foto aja ya.. kalo udah aplot foto ke internet, nggak usah berharap jika suatu saat foto kita dicomot lalu dituliskan sumbernya darimana. ikhlaskan aja. makanya kalau nggak siap, lebih baik jangan diaplot neng. kalau pun pengen tetep aplot, bikin aturan yang tegas di page “about” atau di tiap foto yang dirimu aplot: dilarang keras mengambil foto tanpa seizin/tanpa pemberitahuan ke Joyce. gitchu jo…

    • Memang benar yg kamu bilang Mess. Tapi ini kan sekelas tr*bun news loh, kok bisa ya cara ngejawab emailnya macam ga ngerti dunia or etika copyright? Dan mereka ngambil buat komersil kan.

      Yes, tq for the advice. Will put disclaimer on my profile.

  14. aku juga suka baca ulang tulisan blog aku mbak Jo
    terus kalau ada typo, suka dibenerin πŸ˜†
    kemaren-kemaren juga sempet galau ngeblog mbak, tapi jatohnya malah ga asyik ngeblognya karena kebanyakan mikir, akhirnya balik lagi ke hakekat awal ngeblog

  15. hihihi, aku juga me-non-aktif-kan Search Engine blog ku yg skrg da, soalnya di blog lama tiap hari ada aja yang search pake nama asli, lengkap pula…kan horor hahaha.

    soal ngambil foto dari internet, itu si redaksi ngasal bgt deh jawabannya ya, masa dia ga bs telusuri asal foto itu dari mana sih? ckckkckc

  16. Thank you for the advice. Sekarang saya mulai pasang watermark di setiap photo. Untungnya ada app di iphone yang bikin semuanya lebih gampang daripada lewat komputer πŸ™‚

    ps. Dulu pernah ada photo saya di flickr yang mau dipakai oleh 2 American students buat project biology mereka, itu saja mereka masih nanya loh. Masa editor di tribunnews ga ngerti soal itu si? Hmm.. O.o

    • Hi Stephanie…. yes better.use watermark..aku belum nemu aplikasi yg bikin wm lebih mudah.
      Yes its so funny right? Aku bingung ama jwbn mereka ituloh kayak ga ngerti etika copyright

  17. Haha.. dulu pas dua tahun pertama ngeblog, aku juga suka galau gitu… :))

    Kalau sekarang sudah mulai jarang galau gara-gara blog, soalnya sudah mulai masa bodoh. Yang penting nulis terus… πŸ˜€

    • huaaa Ditter….ini komenmu kenapa pada nyemplung di spam sih? πŸ˜€

      Ho oh galau mulu nih beberapa bulan terakhir. blognya juga masih baru sih dit. Ini masih tahun ke 2 kalau blog yang ini..

Leave a Reply

