Early Check-in, Bayar?

Hi semuanyaaa, nampaknya semangat ngeblog lagi mundur nih, selain emang karena lagi memasuki bulan-bulan sibuk, ini juga karena kemalasan akut yang sedang melanda. Btw, tulisan ini udah ada di draft sih sejak minggu lalu, tapi malas periksa dan edit-editnya. Jadi mumpung ada waktu lowong, saya publish aja dulu deh. Beneran takut keburu malas total. Banyak banget padahal yang mau diceritain. Anggap aja ini postingan pemanasan dari cerita liburan kemaren. What? pemanasan mulu?kapan cerita intinya neng?hehehehe ya maap-maap…beklah! anggap aja ini bagian dari cerita liburan kami, diawali oleh cerita yang kurang enak dari tempat kami menginap.Jadi tolong dimaafkan bila ceritanya ga bikin terhibur. 🙂

Oke, ini adalah postingan yang sedikit banyak akan mengkritik sebuah hotel waktu kami berlibur di Malang beberapa waktu lalu. Maaf sekali, tapi karena pelayanan mereka ini, mood kami (terlebih si jc) jadi agak terganggu. Badan pegel, mata ngantuk dan asli super kangen banget ama yang namanya kasur. Ya iyalah 15 jam perjalanan kan ya. Pengennya nyampe hotel bisa leyeh-leyeh sebelum kita berwisata di Malang.Tapi nih, ada kejadian ga ngenakin dari pihak hotel yang udah di booking si Jc dari jauh-jauh hari. Pas kita datang, emang itu jam 9.30 pagi nyampenya, emang belum waktunya untuk check-in sih. Tapi Jc yakin banget kalau kita bisa early check-in karena dia sudah mengisi form request yang terlampir di Ag*da. Baiklah, maka si orang Front officenya pun bilang “apa ibu Jc sudah bayar early chek in?” Nah si Jc ga nalar donk maksudnya apa, soalnya dia merasa udah bayar semua. Jadilah dia bilang kalau dia udah bayar yang 10% +10% dan setau dia udah ga ada embel-embel lagi. Lalu si masnya juga ga nalar apa gimanalah pokoknya kita akhirnya disuruh naik ke kamar. Nah ini juga awalnya masalah, si Jc request yang non-smoking room, eh malah dikasih yang smoking room. Tapi akhirnya bisa teratasi sih, ada kamar yang kosong (oke ya coba itung keanehan orang di hotel ini, kok ga usaha cari dulu ya, baru bilang ga ada yang non-smoking room?).

Setelah akhirnya kita masuk kamar lalu cuci kaki dan basuh-basuh muka, kita pun tiduran di kasur saking capeknya. Lalu gak lama, sekitar 5 menitan, ada orang hotel telefon dan bilang kalau kita harus bayar 50% dari harga kamar hotelnya per malam karena kita sudah early check-in. WHAT???? gak terima donk si Jc! Dia masih sabar-sabar ngejawabin masnya, tapi tetep ngotot jc ga mau bayar. Lalu Jc bilang, kan dia sudah bayar semua biaya tetek bengeknya via Ag*da, dan semua beres. Gak bakal ada biaya tambahan. Si Jc merasa benar karena dia mengisi kolom request saat pemesanan hotel. Rekuesnya ada 2 yaitu non smoking room dan early chek in. Yang lebih pentingnya, bahwa di dalam lampiran tersebut ga ada tertera tulisan tentang biaya yang dikenakan bila tamu hotel melakukan early check-in. Si mas front office pun coba kasih ke manajemen dan jc makin ngotot donk, akhirnya jc ngalah, yaudah mas kami keluar aja lagi dari kamar, kami tunggu check-in jam 2 siang aja, mendingan nunggu daripada mesti bayar harga 1/2 hari dari tarif per malamnya. Tapi mereka ga bolehin kami keluar..dihh aneh!*gak mau rugi banget* Eh tapi kalo Jc emang orangnya strict banget soal beginian. Duhhhh kalo itu saya mah, pasti udah saya bayar langsung tuh, gak mau ribut panjang lebar *bayar pake daun? sok banyak duit lu Jo!* hahaha..

Lalu karena mereka tetap ngotot kalau kami harus bayar, dan Jc lebih ngotot lagi gak mau bayar, akhirnya si Jc KESEL! “Duh mas, saya dah keliling Indonesia (bo’ong, padahal ga gitu2 amat sih), ini bukan pertama kali saya booking hotel dan asli ya mas, ini pertama kali saya diperlakukan begini.” Gimana nggak keki coba? udah capek-capek naik KA 15 jam, pengen banget rebahan di kasur, eh malah diribetin urusan early check in. Si orang manajemennya tetep ngotot, kalau mereka udah bilang tadi di Front office tentang biaya early check in. Aneh emang, karena penalaran si Jc biaya si 10 %+10 % tadi itu udah termasuk semuanya dan emang di website ga ada tertera biaya early check in. Wah pihak manajemen makin ngotot, si Jc makin keki, akhrinya telepon ditutup. Si Jc ngotot gini, karena dia bilang early check in itu biasa, dan ga kena charge lagi kecuali mereka cantumkan biaya early chek-in di website. Telepon lagi deh tuh si pihak front office, mau disambungkan ke manajemen hotel! aukkk dah…berbelit-belit amat ya ini. Makin tambah naek ke ubun-ubun, si Jc dah bingung mau ngomong apa, dan dia bilang kalau hotel ini ga profesianal, dan ga update dengan Ag*da. Jc juga bilang kalau dia early chek in juga waktu traveling ke Santorini dan ke Rome, dan mereka ga kasih charge hotel karena dia udah book hotel dan mengisi request form yaitu salah satunya tentang ‘ealy cehck in”. Ohya, saya juga ga kena charge waktu early check in di Tuktuk tahun lalu. Karena emang lagi sepi hotelnya.

Akhirnya si jc kesel trus bilang “mas, saya udah booking ini waktu saya masih di US, karena saya tahu kalau bakal nyampe pagi dan kalian ada lampiran request early check-in di a*oda makanya saya isi dan ga ada tuh biaya charge tentang early check-in tertera. Waktu saya ke Santorini juga nyampe pagi dan ada lampiran early check in..mereka fine-fine aja, ga ada charge tambahan. Di Rome juga saya nyampe subuh..semua ga pake ribet permasalahin early check-in. Kecuali lagi high season dan kamar penuh..fine! Gak papa. Lahh ini kok aneh sih!,ngapain bikin form request donk?”

Panjang lebar lah si jc ngomel-ngomel. Akhirnya telefon ditutup dan mood kita jadi berantakan. Udah ga enaklah suasan hati pokoknya. Beberapa menit kemudian telefon bunyi lagi, dan itu orang front office yang menelfon dan minta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi. Maaf telah membuat suasana liburan jadi tidak menyenangkan. Ya kalau soal maaf tentu saja dimaafkan donk ya, tapi ya untuk bikin suasana hati enak lagi, saya akhirnya bikin joke-joke jayus gak penting dan akhirnya kami kembali ceria lagi. The limbong sisters kembali menggila lagi (eh plus si kk G).

Anyway, kami akhirnya ngebahas kenapa ya dari awal kami nyampe tadi di lobby hotel, kok ngeliatnya sinis dan gak ramah gitu ke kitanya? Trus kita ingat, kita datang naik angkot AG yang kita sewa dari stasiun KA. Hahahahaha iyeee naik angkot cuy. Kita keliru, si mas bilangnya taxi, eh pas nyampe parkiran ternyata angkot. Yaiyalah 30rb sajah itu dari stasiun ke hotel. Angkotnya udah tua dan reot pulak kan. Plus tampang kami kucel banget pas turun dari angkot. Kalo kata Jc mungkin mereka anggap kami ini orang udik yang baru pertama kali liburan? Makanya diperlakukan seperti itu, kira-kira benar ga ya prasangka kami? Huhhhh menyebalkan ya kalo sampe gara-gara itu kami dianak tirikan!

Btw, kita akhirnya dapat kamar yang viewnya ke Gunung Arjuna. Adik saya si Jc pernah nyampe puncak sebanayk 4 kali! makanya dia seneng banget .huhhhh bikin ngiri ajah!!!

Btw, kita akhirnya dapat kamar yang viewnya ke Gunung Arjuna. Adik saya si Jc pernah nyampe puncak sebanayk 4 kali! makanya dia seneng banget .huhhhh bikin ngiri ajah!!!

Advertisements

48 thoughts on “Early Check-in, Bayar?

  1. Hehehee…. sebel ya kalau udah capek digituin 😦 ehh tapi Jo ada beberapa hotel yang mengenakan biaya early check in dan ada banyak juga hotel yang gak bolehin kita masuk hotel sebelum waktunya check in biarpun udah bayar. Ini kejadian di kita waktu di JEpang kemaren. Semua hotel yg kita inepin gak bolehin early check in walaupun kita bayar. Ngeselin banget.

  2. Jadi akhirnya Mbak bayar lagi buat biaya early check in atau tidak, Mbak? :hehe.
    Adik Mbak keren… sudah traveling ke mana-mana dan sudah naik puncak G. Arjuna sebanyak 4 kali :hehe. Yep, meski ada pengalaman tidak enak yang terjadi, semoga sisa liburannya berkesan menyenangkan dan bisa jadi banyak cerita :hehe. Saya tunggu cerita selanjutnya ya :hihi.

    • Nggak bayar dink gar. Adekku ngotot abisssa.

      Adekku traveler sejati kayaknya gar. Hehehe doya jalan banget. Jaman sekolah di malang dulu rata2 anak sekolahanku udah naik arjuna minimal 1 kali. Aku doank yg katrok.takut kena hukum kalau ketauan naik arjuna

      Iya nih lagi malas bercerita..pdhal banyak baget yg mau diceritain

    • Iyaa males ya chris. Boleh aja bayar asala jelas rules yg tertera di website kan. Utk apa kasih form request kalo ga bisa dipenuhi mereka.kzl kan gt .hehehe

  3. Waaa di hotel itu kak? Ko ngeselin? kayanya pas aku nginep disitu baik2 aja, hehe.. Kalo aku jadi Kak Jo udah pasti aku amuk massa itu FL hahahaa

  4. Aku baru tau soal fasilitas pilihan bisa early check in ya Jo. Thankius, soalnya selama ini kami kalo nyampe kecepetan (bahkan cuma kecepetan sejam juga) kami tunggu sampe jam 2 nya, dan aku biasanya merepet (doang, gak pake aksi ish rugi amat ya) “enak banget sih hotel ini ya, kan kita sering juga nyampe hotel jamnya lebih lama dari jam check in tapi mereka tetap itung satu malam” ternyata bisa adil juga ya (asal bisa dinegosiasikan ya)

    • Iya tapi harus telfon lagi deh hotelnya, ada yg strict banget ada yg baik dan bolehin early check in or late check out.

      Aku yg dituktuk wktu itu nelfon dulu, bisa ga kami masuk kamar jam 9 pagi? Katanya bisa dan ga kena fee apa2. Plus itu kan lagi bukan musim libur, dah gt kami CO nta jam 3 sore…baek bener dah itu hotel. Adekku malah pernah check in subuh dan gpp. Ya aturan ga usah kasih form donk ya kalo request kita ga bisa dipenuhi. Atau kasih keterangan yg jelas

  5. Gak pernah perhatiin masalah early check in ini nih. Jadi ada masukan nih. Makasih ya Jo. Untungnya mood kalian kembali membaik. Gak kebayang liburan mood gak baik sama sekali.

    • Gak semua hotel begitu mba ria. Beberapa hotel boleh early check in kok. Apalagi kalau mereka melampirkan form request. Dan kalaupun kita harus bayar, artinya puhak hotel harus mencantumkan biaya or charge early check in. Aku pernah early check in dan free. Apalagi kalau bukan high season

  6. Early CI dan late CO kalo di Indonesia emang gitu sih, lumayan ketat mereka, mungkin itu income mereka jg.
    Tp kl udah ada kesepakatan di awal mestinya ga ngerepotin tamu jg lah.

    Btw walaupun uda ngisi extra note di agoda kl mau early CI tp kl ga ada reply lgs dr hotel yg menyetujui, setau gw sih emang ga berarti ada penyetujuan ya..

    Tulis aja di trip advisor review nya Jo biar pelajaran buat yg lainnya.

    • Ealah kepencet. Maksudku harus jelas donk ya apa yg tertulis di website dan saat kita di hotelnya. Memang aku pengen review tuh tadinya di tripadvisor. Kan aku bilang ke adekku, bilang aja dek, ntar review saya bisa buruk untuk hotel ini di tripadvisor dan di blog pribadi saya. Makanya kayaknya mereka jadi nyerah juga deh. Abisa kesel mba, ada beberapa hal lagi soalnya yg bikin kesel tapi udah males ceritainnya

      • Menghindari resek nya sistem hotel yg beda2 rules nya, kl nyampe pagi2 buta gw biasanya pesen kamar dr hari sebelumnya sih, secara gw cranky berat kl capek haahaa

    • Deket unbraw tje…
      Trus ya…mereka itu mulai mikir kali untuk ga memperpanjang perkara pas si jc bilang : tadinya saya mau review yang baik ttg hotel ini di trip advisor dan blog pribadi saya, eh ternyata saya malah diperlakukan begini. Makanya kayaknya mereka akhirnya ngalah dan minta maaf…tapi bukan itu intinya, mereka bikin suasana hati jadi ga enak…

  7. Emang si ada beberapa hotel yang gak bisa buat early check in dan mau gakmau haris nunggu. Tapi klo buat early check in bayar aku juga belum pernah ngalamin si. Tapi seneng deh baca adeknu yang ngotot abis2an ke managament hotel! Tapi biar mau dipikir kalian udik or apapun selama gada bukti harus bayar early check in ya harusnya gak kejadian ya masalah ini.

    • Iya memang niss. yang jadi permasalahan tuh kenapa mereka ga update tentang kolom request dan cantumin rules biaya or charge early check in nya kan ya.

  8. Bener Fe bilang Jo. Setahuku di Booking.com juga kalo book early check in bahkan extra bed harus ada konfirmasi dari pihak hotel. Aku sering juga begini dan beberapa kali dapet konfirmasi bahwa requestnya ok. Ada early check in yang bayar ada yang gratis juga, baik hotel maupun apartemen di Indonesia.

    • Aku baru tau loh mba Yo kalo early check in itu ada bbrp yg harus bayar. Selama ini aku kira early check in itu “bonus” aja dari hotel kalau pas datang kepagian eh ada kamar yang udah tersedia tanpa ada biaya lagi.

      • Early check in dan late check out dicharge extra Be di beberapa hotel. Menurutku sih wajar karena melewati atau sebelum waktu check in/check out, kan time is money. Aku pernah early check in di satu apartemen di Jakarta jam 7 pagi, bayar karena check in resminya jam 2 siang. Hanya di cerita Joice diatas ini ngga jelas dari pihak hotelnya.

        Ada hotel yang no charge early check in/late check out. Info ini jelas biasanya dibagian FAQ.

      • thank you untuk informasinya ya mba yo. Memang yang bikin kita kesal itu, kenapa kami disuruh naik dan masuk ke kamar alu setelah itu baru konfirmasi tentang pembayaran early check in. Juga di hotel sebelumnya pernah early check in tanpa balasan dari hotelnya. Kita mengira kalau mereka lampirkan form request artinya mereka memberikan itu sebagai privilege kecuali mereka lampirkan juga biayanya. Tapi kemarin itu udah pada asem semua mukanya begitu liat kita turun di lobby pake angkot reot hihihi….ini sih pikiran ngaco kita aja 🙂 juga waktu kita tanya tentang nono smoking room, langsung bilang ga ada, tapi setelah kita coba cek lagi, eh baru dia bilang ada. Kurang profesional sih menurutku

      • iya sama be…kukira pun begitu..soalnya beberapa kali adekku isi form request ga ada balasan dari hotel tapi fine2 aja tanpa biaya tambahan

  9. ya jelaslah kan early ci jam segitu…dimana2 hotel yg memang udah punya brand di indonesia c/i normala it kan jam 2…pling pgi klo g mw di charge jam 12… klo jam segitu ya udah pasti di charge…cm mungkin tiap hotel nominal charge nya lain2… tapi kesalahan dr front office nya kenapa tidak lgsung ditagih didepan dan di infokan klo early check in ad charge nya …jd terlihat g profesional

    • Loh kan saya dah bilang diatas, bahwa hotel itu kasih pilihan early check in atau nggak? Dan itu ga ada nyebutin biaya chargenya loh. Yang salah hotelnya kenapa ga kasih info yang benar di websitenya…juga orang front officenya. Karena menurut pengalaman banyak kok hotel yg bolehin early check in tanpa pungut biaya asalkan sedang tidak high season….info mereka yg ga jelas..jadi jelas bukan salah kami. Ngapain dia kasih pilihan early checkin kan

  10. Kalo sudah bayar sebelumnya tidak apa2 sepertinya,
    Soalnya saya biasa check in ngga di target, kadang jam 11 malam, kadang jam 9 pagi, tapi sebelumnya sudah bayar di agoda. Males ngatur waktu, enaknya liburan tuh melupakan itu semua, jadi lebih bebas. halah… hahaha

    Gila aja early check in di charge 50%, itu hotel sakit kayanya. 10-20% sih ok lah… hahaha

    Tapi setiap hotel beda2 kebijakannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s