I Made A Mistake With Ayam Bakar Rica

Berhubung masih tidak konsumsi nasi (lanjutan mayo minggu lalu itu) sekarang jadinya mesti mikir makan lauk apa yang enak dan minim penggunaan minyak. Nah beberapa menunya adalah ayam bakar dan ikan pepes yang resepnya saya pakai pas diet mayo kemaren itu. This time, semua masakan saya pakai garam. Ahhhhh rasanya nikmat banget.

Btw, efek mayo ini ternyata keren abis deh! Bikin jadi ga nyari-nyari cemilan lagi (ciyeee) bikin cepet kenyang and for now I say goodbye dulu deh ama nasi. Let’s see ya sampai kapan bertahannya. But at least ada usaha lah untuk ngurangin jumlah kalori yang masuk.

Setelah kemaren-kemaren sukses makan dengan porsi kecil tapi mengenyangkan, ehhh hari ini saya baru aja melakukan kesalahan. So, I Made Ayam bakar rica for my lunch today (without rice of course,ganti potato) tapi kakkkk….SALAH banget! Makan ayamnya ampe 3 potong masakkkk??? *huaaa nangis di treadmill* buahahaha…kenapa bisa ampe 3 potong gitu sih Jo??? Saking enaknya kakakkkk….hihihi tak apalah kan ntar sore kita bakar lagi cardio di rumah.

Padahal tadi pas potongan ke 2 udah kenyang banget tapi karena isap-isap bumbunya yang nyelip-nyelip nyisa di tulangnya…bikin saya akhirnya tergoda untuk makan satu potong lagi. Oh my!!! I made a mistake with this delicious Ayam bakar rica. Yasudahlah ya, makanan ga perlu disesali, sekali-sekali gakpapa..cincaylahhh gak bikin bb naik 5 kilo kan? hiihihi.. sekarang mau share resepnya ahhh.. gampil soalnya nemu di sajian sedap.

AYAM BAKAR RICA

Bahan2:
1 ekor ayam, dipotong 8 bagian (saya cuma pake 8 potong sedang)
1 sendok teh air jeruk nipis (saya pake air lemon 1/4)
1 3/4 sendok teh garam
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2 sendok teh gula pasir
300 ml air (cuma pake 200 ml air)
2 sendok makan minyak goreng
6 buah cabai merah
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat
2 cm jahe
Cara membuat:

Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Diamkan 15 menit.Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk kasar, daun jeruk, dan serai sampai harum.Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan sisa garam dan gula. Aduk rata. Tuang air. Biarkan sampai bumbu meresap dan kuah kental.Bakar ayam di atas bara api sampai harum.( saya bakar di happy call saja)

Hello ayam bakar Rica! I like you a lot.

Hello ayam bakar Rica! I like you a lot.


Xoxo
JOEYZ-Yang Kekenyangan

48 thoughts on “I Made A Mistake With Ayam Bakar Rica

  1. Jo, aku ngebayangin Ayamnya diganti tempe atau tahu kayaknya enak juga kali ya. Nyobaa aahhh *entah kapan nyobanya *simpen dulu resepnya :))) *buka masih 5 jam lagi

    • Iya den…di resepnya juga dibilang kok bisa ganti apa aja yg kita suka selain ayam. Ini beneran terhari den secara aku kan ga bisa masak eh kok ya ini tumben enak benerrr #mujidiri hahaha.. selamat mencoba ya

      • Jo, sejak dulu aku konsisten food combining. Dah dapat 5 tahun lebih, sejak kerja di Jakarta. Ini lebih enak ketubuh Jo karena makan apa saja masih bisa. Hanya tinggal padu padan aja. Dan berat badan stabil diangka 49 buat aku yang sebelumnya pernah sampai 55 haha. Food combining soalnya lebih banyak konsumsi buah dan sayuran segar.

      • huaaa kamu 49 dan? asim banget sih. aku sebenenrnya masih belajar2 si food combining ini.pokoknya asam harus ketemu basa..gitu ya den? ampe beli bukunya dan baca2 di internet tp belum terlalu mudeng2 amat

      • Itu sebenarnya simple Jo. Basicnya : bangun tidur minum perasan jeruk nipis anget, trus sarapan eksklusif buah sampai waktu makan siang. Jadi sarapannya dikit2 gitu. Jeda beberapa jam sekali. Jadi perut ga begah. Trus kalo makan siang dan malam, protein hewani ga bisa dicampur sama karbohidrat. Protein hewani bisa dimakan barengan protein nabati-atau karbohidrat bisa dimakan barengan dengan protein nabati. Daan ini yang terpenting : perbanyak raw vegetables karena sayur melalui proses masak enzimnya akan hilang. Jadi kayak makan ampasnya aja tanpa nilai gizi. Kalau kamu mau, aku bisa kirim via email juklak food combining. Gampang kok dipelajarinya. Karena FC itu intinya bisa tetap makan enak tapi sehat 🙂

  2. Kalo gw ngak makan nasi bisa pingsan kak
    Btw aku 2 bulan turun 9kg dengan tidak makan malam sama sekali, terakhir boleh makan jam 4 sore dan malam nya hanya minum jus aja

    • Yuk dicoba mar….aku ampe isep2 tulangnya saking enaknya. *hihi lebay* iya ya 3 potong still fine…cuma berasa begah banget mar makanya merasa sedikit bersalah tapi langsung bakar ajalah olahraga dirumah

  3. aakkk Kakak Jo,, salah banget mampir ke blog mu jam segini, hawanya laperrrr…
    Katanya kl diet mayo itu nggak boleh bandel dikit yah Mba, kl bandel harus ngulang lagi dari awal..

    • Jiahahahaha maap keke….kan aku postingnya dah dari kapan tau nih. Hmmm kalo cheating dikit mah gpp keknya.kemarena ku ada cheating2nya kok Nyicip dikit2 hehe

  4. Jo, lg sempet ngeblog nih.. bukain blog kali aja mayo2an udh ditulis. Edan ya bok, menggilaaaa bgt gw jadinya makannya nih, kmrn puasa ternyata turun 2.5kg.. tp gatau skrg udh naik braaapaaaa hwaaaaaa. Susah ya ngumpulin niatnyaaaa hiksss

Leave a Reply

