Pertama Kali Ikut Baking Class

Beberapa waktu yang ย lalu akhirnya ngerasain yang namanya baking class. Dah lama banget pengen ikutan baking class di toko bahan kue langganan saya tapi selalu timingnya ga tepat. Sebenarnya topik baking class yang diikutin ini ga terlalu menarik buat saya karena temanya adalah making Asian Fusian Bread. Asli deh bikin roti itu tidak semenyenangkan kalau kita bikin kue (minat orang emang beda-beda kan ya). Dulu awal-awal baking emang pernah lumayan sering bikin roti, itu tuh roti sobek kentang resepnya mba Ira yang diposting dari mommiesdaily.com. Kenapa saya kurang tertarik bikin roti? tentu karena bikin roti itu butuh waktu lama untuk menunggu adonan mengembang apalagi kalau kayak saya yang ga punya mixer khusus untuk roti, hmmmm bisa ampe ubanan dah ngadonin adonan sampai kalis dan plus tangan bisa berotot kek Ade Rai (ishhh kemaren ketemu Ade Rai di Ikea..godek bingitsss ya neikkk). Pokoknya bisa ampe kondean deh tangan kalau ngadonin secara manual. ๐Ÿ˜€

Kali ini saya bisa ikutan baking class karena kebetulan dua minggu lalu itu libur sekolah selama seminggu lebih, mid term break gitulah ceritanya. Ah, tanpa ragu lagi saya daftar aja ikutan baking class kali ini. Penasaran sama tips-tips dari chefnya dan siapa tahu suatu hari nanti saya kedatangan roh rajin untuk bikin roti plus roh kebaikan dari semesta untuk memberikan saya sebuah mixer, gak muluk-muluk sih cuma pengen KITCHEN AID ajahhh kok! *lirik-lirik manis ke Jessie di negeri Pakde Sam sanaaa* uhukkkkk…..hahahahaha kode…..kode. ย ๐Ÿ˜€

Biaya yang saya harus bayarkan saat itu adalah Rp.150.000 saja, sudah dapat buku resep, snack, dan lunch (Bakmi GM) juga tentunya bawa pulang hasil baking kita hari itu. Jam 8 pagi saya berangkat dari rumah dan menghantarkan kue pesanan dulu ke sekolah tempat teman saya mengajar. lumayan deh ada pesanan 50 red velvet. Lalu saya mampir lagi ke tempat saya beli wallpaper dan sofa, lalu jam 9.30 akhirnya tiba di venue dan langsung duduk manis disana. Ternyata acaranya sudah dimulai walau peserta yang hadir baru 5 orang, karena mereka mau mengenalkan produk-produk dari pihak sponsor. Ya memang ini semacam program dari perusahaan tertentu yang mana bahan-bahan untuk membuat kue dan roti yang mereka punya akan dipakai pada demo baking class kali ini dan tentu saja tersedia di toko bahan kue tempat acara ini diselenggarakan.

Yang saya suka dari baking class ini adalah, bahwa chefnya yang bernama Chef Fuji San ini orangnya sumpah gokil abis, kocak banget deh, segala-segala diplesetin ga pernah serius. Ada seorang ibu-ibu yang selalu komentar dan kerjaanya protes ajaaaa kzl deh tapi ya si Chef Fuji San tetap sabar menghadapi emak-emak remfong kek gitu. Selain chefnya humoris, juga baik banget kalau ditanya-tanya apa aja selalu mau dan bisa jawab dengan baik. Lalu kita bikin roti apa aja hari itu? uhhh banyak banget saya aja udah lupa nama dan jenis rotinya makanya lihat foto-foto dibawah aja ya tentang roti dan kue apa saja yang kita bikin hari itu :

Chef Fuji San and his assistant

Chef Fuji San and his assistant

yummyummm bread

yummyummm bread

The bread that we made on that day

The bread that we made on that day

IIts bluberry something I forgot the name. Btw ini kuenya diundi, yang lucky ya boleh bawa pulang kue ini. Hmmmm aku mahh ga hoki dah...tapi gapap lah ga suka berry2an soalnya

Its bluberry something I forgot the name. Btw ini kuenya diundi, yang lucky ya boleh bawa pulang kue ini. Hmmmm aku mahh ga hoki dah…tapi gapapa lah ga suka berry2an soalnya

This is one is more tempting! ohhh akhirnya tau gimana cara hias kue model begini walau ga tau kapan mau dipraktekin

This is one is more tempting! ohhh akhirnya tau gimana cara hias kue model begini walau ga tau kapan mau dipraktekin

Gimana? cukup menggoda gak roti dan kue-kuenya? chefnya juga kasih beberapa resep bonus yaitu pizza dan dua kue yang ada di foto diatas itu. Saya lumayan banyak merekam dengan video di camera handphone cara mengoleskan whipcream dan menghias kue supaya bisa mulus gitu, plus tentu saja cara melipat dan menggulung roti yang terlihat mudah dan simple tapi pas dipraktekin tentu aja bikin senewen karena selalu berakhir lengket ditangan dan gak ketje kayak punya chefnya. Tapi saya jelas puas banget dengan ikut kelas ini saya makin semangat bikin kue dan sepertinya akan mulai serius menerima pesanan. Lumayan loh ini penyaluran hobi sekalian menambah pemasukan. I had so much fun on that day……sampai gak berasa udah jam 2 aja dan sesi baking class berakhir sudah. Saya ga berhasil bawa pulang roti karena jatahnya dikit-dikit banget so amblassss tak makan ditempat ajah hahahaha *laperrrrCeuuuu* ๐Ÿ˜€

Thank you Chef Fuji San, kamu sungguh chef yang baik hati dan lucu sekali! Anyway dulu saya pernah punya cita-cita kalau suatu hari saya mau nikah or punya suami seorang chef, alasannya tentu sangat cetek yaitu pengen dimasakin yang enak-enak terus tiap hari…hahahahaahaha Tapi terus temen saya bilang, ngapain lu punya cita-cita suami kok nanggung banget jo, harusnya lu punya cita-cita kawin ama Jutawan alias orang kaya raya banget yang bisa hire chef supaya lu dimasakin ama chef tiap hari…..WKWKWKWKWKW….ide bagus juga ga tuh kira-kira? LOL ๐Ÿ˜€

Yowessss segitu aja dulu cerita dari saya kali ini. Lagi pengen banyak banget bercerita di blog tapi masih hectic sungguh belum nemu ritme ngeblog asik lagi nih sejak pindahan (oopppps belum cerita tentang pindahan rumah). Tapi ya gitu saya udah bertekad kalau nih blog ga boleh dicuekin kelamaan dan target saya at least ada satu postingan per minggunya. Bukan mau ngejar views or stats tapi biasanya kalau kelamaan saya malah makin malas dan bingung harus memulai menulis lagi.

Can’t wait for another baking class ๐Ÿ˜€

Okay, catch you later guys!

xoxo,

Joeyz

38 thoughts on “Pertama Kali Ikut Baking Class

  1. Jo, pas banget nih bangun tidur langsung baca postinganmu. Rasanya pengen nyuwil roti dilayar hp haha. Jadi sebentar lagi perluasan usaha kue plus roti nih Momma G? Semoga sukses jaya laris manis tanjung kimpul yaa ๐Ÿ˜

  2. Gak terlalu mahal ya Jo baking classnya *yaiyalah ada sponsornya. Hihihi… Btw itu yang ikutan kebanyakan buibu ato semuanya buibu Jo? Gw kok mupeng ya pengen ikutan. hahaha.

    • iya Dan karena ada sponsornya jadi ga mahal. Untung chefnya gokil jadi kita ga boring lah. ada pesertanya bapak-bapak satu orang dan, dai udah dua kali katanya ikutan baking class dan katanya dia mau buka usaha kue makanya ikut kelas…yuk dann ikutannn hahaha

  3. Saya termasuk yg suka gagal kalo bikin roti.. ntah bantet lah, keras atau gak pas lah rasanya. Lebih suka bikin bolu, muffin gitu2 deh yg gampang2 aja. Paling yg jarang gagal itu kalo bikin donut (eh itu masuk roti2an jg kan ya mbak? Hehe), itu pun resepnya ga boleh dimodif krn bs gagal. Lols.

  4. Loh bukannya dulu sudah pindahan Mbak? Sekarang kok pindahan lagi?
    Memang ya, doing something that is our passion itu sangat membahagiakan dan melegakan, seperti bisa melakukan itu saja sudah membuat hati bahagia :)). Sekarang lebih bahagia lagi says kalau dibuatkan roti dan kue-kue… lanjutkan, Mbak!

    • Ya ampun mba Fe justru ini aku ga tertarik bikin roti dikarnakan susah dan saiyah ga punya mixer khusus roti… nanti pesen di breadtalk ajalah yaaa…hihihi

    • Di daerah Taman Palem Jakarta barat mba Rik…..tapi kelas mereka gak tentu. Topiknya bisa beda-beda tergantung pihak sponsor dan chefnya. Tapi kalau emang beneran mau nanti kukasih no telpnya

  5. Keren eda ku. Yang rajin yach buatnya biar aku bisa datang kesana dan nyicipin kue/roti buatan mu. Ngomong-ngomong kitchen aid aku baru keingat kalau mamak ku punya mixer kitchen aid rasanya baru 3 kali dipakai sekarang uda nga tau itu mixer ada dimana. hikssss…

  6. Yah, Jo. Ini mah tetep aktif di blog. Banyak banget postingan kamu yang belum aku baca. Klo ampe ikut baking class itu udah langkah pertama to move forward to the next plan. Jadikan kami para taster ya. . . hehe . . .

Leave a Reply

