Book Review : Intelegensi Embun Pagi

20160226_115508.jpg

Supernova 6 : Intelegensi Embun Pagi, by Dee Lestari! Cover yang mewah, like it….

mtf_etiev_215.jpg.jpg

Buku ber TTD dee, isi goodie bag saat launching buku IEP minggu lalu.Β Thank you mba dee

 

6 buku, 99 keping, 15 tahun dan satu penulis….

Ahhhhhh, rasanya seperti baru menyelesaikan satu babak dalam kehidupan, saat selesai membaca serial supernova yang satu ini yakni si Intelegensi Embun Pagi (IEP). Rasa-rasanya hampir mustahil bisa mereview buku dengan tebal 690 halaman ini tanpa spoiler. Walau Sondang udah rengek-rengek untuk dispoilerkan aja because she enjoys spoiler dan katanya aku one of tukang spoiler hahahahaha…. Dani juga bilang, kalau saya selalu bikin orang jadi pengen baca kalau review satu buku (mungkin karena saking spoilernya ya Dan haha). But ok, mari yuk dilihat dulu review versi saya dan sekuat tenaga semoga ini tidak mengadung spoiler, ya palingan 14 % cincailah yak πŸ˜„

Judul buku: Intelegensi Embun Pagi
Penulis : Dee Lestari
Tebal halaman: 690 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2016

SINOPSIS (Dari back cover)

Setelah mendapat petunjuk dari upacara Ayahuasca di Lembah Suci Urubamba, Gio berangkat ke Indonesia. Di Jakarta, dia menemui Dimas dan Reuben. Bersama, mereka berusaha menelusuri identitas orang di balik Supernova.

Di Bandung, pertemuan Bodhi dan Elektra mulai memicu ingatan mereka berdua tentang tempat bernama Asko. Sedangkan Zarah, yang pulang ke desa Batu Luhur setelah sekian lama melanglangbuana, kembali berhadapan dengan misteri hilangnya Firas, ayahnya.

Sementara itu, dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Jakarta, teman seperjalanan Alfa yang bernama Kell mengungkapkan sesuatu yang tidak terduga. Dari berbagai lokasi yang berbeda, keterhubungan antara mereka perlahan terkuak. Identitas dan misi mereka akhirnya semakin jelas.

Hidup mereka takkan pernah sama lagi.

REVIEW

Menurut saya ini buku yang paling epic yang pernah saya baca, dan yakin seyakin-yakinnya bahwa yang nulis punya sesuatu yang spesial dalam otaknya atau barangkali Dee memang datang dari dimensi lain? Apakah jangan-jangan dia dikirim dari Asko? Who knows….Hahahahaa beneran deh sampe kepikiran sama sang penulis yang menurut saya terlalu jenius untuk bisa nulis serial ini selama 15 tahun lamanya dengan ending yang Indahnya kebangetan…..errrrrrr Gemeshhhh πŸ˜„πŸ™†

Buku yang paling spesial yang pernah saya baca karena belum pernah nemu tema cerita seperti ini, Dee berhasil menciptakan alam semesta sendiri dalam bentuk fiksi yang semuanya berkaitan. Benang merah dari buku 1-5 dapet banget. Di buku ke 6 ini sangat spesial karena akhirnya terkuak semua misteri pada tiap buku dan tiap karakter yang ada di dalamnya. Bahkan, yang paling spesial dari buku ini adalah bahwa kita diberi ruang untuk mempertanyakan banyak hal sekaligus mendapatkan jawaban atas pertanyaan kita. Itu sebabnya buat saya, membaca buku Dee ini saja rasanya tidak cukup. Habis baca ya HARUS KUDU MESTI DIBAHASSSSSS!!! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚hahahaha jadi beruntunglah saya punya beberapa teman yang bisa diajak ngebahas buku ini. Yakni one of ortu murid di sekolah (kita ga kelar-kelar bahas di WA), Maya, Leony (temen kerja dulu) Smita (petitepoppies) dan Sondang coming soon ya darling. Sumpah! Ga sabar juga ngebahas ini di kolom komentar dibawah nanti. Silahkan komen sebanyak dan sepanjang kalian suka, I’ll be glad to read it. Please komennya jangan melenceng dari topik yak. Hahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

Jadi mari kita bahas elemen-elemen penting dalam buku ini:

GASPOL DARI AWAL-AKHIR

Dalam salah satu wawancara Dee tentang buku ini, dia bilang bahwa buku ini emang udah ga pakai intro-intro panjang lebar. Memang ada sedikit info or background tiap karakter pada buku-buku sebelumnya, tapi saran saya memang mesti baca supernova 1-5 dulu biar gak lost pas baca IEP ini. Bahkan yang udah baca aja jadi pengen re-read semua dari awal lagi. Terlalu seru untuk dilewatkan dan memang banyak hal yang saya juga udah rada lupa terlebih buku Akar dan KPBJ.

Intinya, baca buku dari awal dulu deh karena di IEP ini Dee Gaspolllll terus dari awal sampai akhir, kita yang baca kayak ga dikasih kesempatan untuk santai-santai. Which means, ceritanya terus-terusan seru yang gak berkesudahan alias alur yang cepat dan gak bikin bosan.

INFIlTRAN, PERETAS, UMBRA & SARVARA

Saat kita baca IEP kita akan akrab dengan empat kata diatas. Well sebenernya banyak lagi sih istilah-istilah lainnya, yaitu tentang gugus, Asko, dan sebagainya. Tapi, keempat istilah diatas akan jauh lebih sering kita temukan.

Infiltran adalah penjaga untuk para peretas agar aman dari jangkauan para Sarvara. Peretas itu adalah si 6 tokoh yang nantinya akan bertemu. Udah pada tahu kan tokoh-tokohnya? Yes Bodhi dkk.

MISTERI TERKUAK

Satu persatu misteri terkuak. Siapa Gio sebenarnya? Apa peran Gio dalam supernova ini?

Apa yang terjadi pada Bodhi saat bertemu dengan Elektra?

Bagaimana Ferre, Dimas, Dan Ruben berperan dalam buku ini dan berkaitan dengan tokoh lain?

Di buku ke 5, saat Alfa naik pesawat menuju Indonesia Alfa bertemu Kell yang dulu pernah mati kena granat saat bersama Bodhi dalam buku Akar. Kell pernah bilang ke Bodhi, kalau Bodhi akan melahirkannya kembali. It’s true, Kell kembali. Saya sempat curiga kalau si Kell ini Sarvara, eh ternyata dia one of my favorite Infiltran. Dasar bule Gila!!! πŸ˜‚

Kita juga akan tahu, siapa Isthar sebenarnya. Isthar yang sangat digilai oleh Alfa adalah perempuan yang sama dengan yang ditemui Bodhi di Bangkok, yaitu Star. Apa peran Isthar? Huoooo ternyata peran Isthar cukup penting.

Kemana Firas?
Nah, ini pertanyaan yang paling-paling saya pengen banget tanyakan sama Ibu Suri yaitu hilangnya Firas (ayah Zarah dalam buku Partikel) dan terjawablah pertanyaan saya, dan bagian ini saya merinding!!! Errr gilak deh pokoknya.

Pokoknya semua misteri di buku 1-5 akhirnya terkuak. Makanya beneran gaspol ini namanya πŸ˜ƒ

TWIST: LOTS OF SURPRISES

Banyak momen dimana saya ternganga-nganga saat baca IEP ini.
WHATTTT?
ANJRITTTT!!!
GILAKKK!!!
WHAT THE H…..???!!!

Nah kata-kata kek gitu sampai keluar dari mulut saya. Gak ngerti lagi gimana jeniusnya si penulis kok sampai bisa bikin twist seperti itu. Iya, siap-siap aja deh kita terkaget-kaget pas baca IEP ini karena emang banyak banget surprises dari sang penulis.

Bagian saya paling kaget adalah tentang tokoh yang tadinya dibuku sebelumnya adalah tokoh protagonis, eh ternyata belakangan baru ketahuan belangnya. Pengen piteesss dan jorokin Trio SARVARA ke Sumsara!!!!! Errrrr 😑😑😑

Another surprise adalah bahwa banyak tokoh-tokoh yang tadinya cuma berperan pemanis aja di buku sebelumnya, nah ternyata mereka punya peran penting di IEP ini. Aslikkkk kaget banget bagian Toni alias Mpret dan Bong temennya Bodhi… Gak nyangka!

PERTEMUAN PARA PERETAS

Waktu membaca KPBJ, Akar, Petir dan Partikel gak pernah saya bayangkan kalau ternyata nantinya tokoh-tokoh ini akan bertemu dalam sebuah misi yang sama sampai akhirnya saya baca “Gelombang”. Di buku Gelombang kita akhirnya tahu kalau nantinya para tokoh ini akan bertemu.

Scene yang paling saya nantikan adalah bagaimana akhirnya para Peretas yakni Bodhi Cs ini akan saling bertemu dan berinteraksi, juga apa sebenernya misi mereka? Kebayang ga sih tokoh-tokoh yang udah melekat di hati kita eh terus ketemu semua di satu buku. That is why bukunya jadi makin menarik untuk dibaca.

KARAKTER YANG MAKIN KUAT

Semua karkater sang tokoh utama dalam supernova adalah karakter yang kuat, karakter yang melekat di hati kita. Saya yakin masing-masing pembaca setia serial ini punya favorit tersendiri dengan alasan-alasan tertentu. Di twitter bahkan rame pake hastag #TimAlfa #TimBodhi #TimZarah #TimElektra #TimGio… ya ampun sebegitu gilaknya ya para pembacanya. Selalu saya bilang kalau saya #TimZarah si gadis Turunan arab yang cantik dan berbakat.

Tapi gak bisa dipungkiri kalau karakter Bodhi yang paling kuat diantara semua peretas ini. Bodhi si traveller yang ingin menemukan jati dirinya. Bodhi si peretas kisi.

Alfa dan Gio gak kalah menawannya, karena penggambaran dua tokoh ini rasanya bikin hati perempuan klepek-klepek. Kalau disuruh pilih Alfa atau Gio, saya pasti galau akut hahahaha sebab duo peretas ini sama ketjenya. Beberapa orang bilang bahwa Alfa adalah tokoh yang kurang kuat karakternya, tapi ternyata kita dikejutkan dengan berbagai hal mengenai kekuatan karakter si Abang ganteng satu ini dalam buku IEP.

Nah!!!! Ya kalau tokoh yang satu ini, mendadak jadi favorit saya selama baca IEP. Yes si Etra alias Elektra alias Petir Gadis yatim piatu yang hidupnya nelangsa banget, seorang sarjana yang penggangguran dan tiap hari cuma makan mie instan dan telur saking menghemat sisa tabungannya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚hahahaha. Elektra yang akhirnya berhasil membuka warnet terkenal di Bandung yakni Elektra Pop. Elektra yang berhasil bikin kita kesal dengan ulahnya membakar Asko, juga betapa lemahnya dia dibanding tokoh supernova lain. Tapi siapa sangka ternyata justru Elektralah salah satu kunci keberhasilan untuk pertempuran para peretas melawan sarvara. Gak cuman itu, di buku ini si Elektra makin BODOR ajaaaahh!!! Errrr gemes maksimal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Saya yakin, menyatukan tokoh-tokoh utama dalam satu buku dan makin memperkuat karakter dari tokoh tersebut bukanlah perkara mudah. Tapi, bukan Dee namanya kalau dia gak mampu bikin kita kita kehilangan kata-kata. Semua tokoh makin kuat karakternya dan makin membuat kita cinta dengan tokoh-tokohnya.

SIANJUR MULA-MULA

Siapa sangka, Sianjur mula-mula yakni kampung halamanku, kampung halaman Alfa sagala ternyata adalah salah satu tempat penting dalam cerita ini. Saya beneran ga expect kalau tempat ini akan disebutkan lagi. Saya sampai tanya Ompung saya tentang Dolok siamaung-maung apakah benar tempat itu ada atau hanya fikitif belaka? Ternyata ompung saya tidak ingat, tapi dia pernah tahu kalau di Samosir sana ada semacam kata-kata yang mengingatkan anak-anak yang gak mau nurut ortunya, yakni “Unang mangalaoi ho, lak i alang Dolok simaung-maung anon ho”. ARTINYA, jangan suka melawan nanti ditelan dolok siamaung-maung kamu. Hissssss serem yak!

 

DELUSIONAL

Membaca buku Dee mau gak mau membuat saya menjadi delusional akut! HahahahaπŸ˜‚πŸ˜‚ coba ya, tiap malam saya mimpi piknik ke Asko! Hadeuhhh!! Belom lagi pas saya akhirnya selesai baca bukunya Jumat sore, saya baru sadar cucian piring dah numpuk aja. Lalu rasanya pengen banget Trio infiltran intervensi untuk beresin piring-piring kotor saya. Hahahaha memang parah nih tingkat delusionalnya.

Diakhir cerita saya jadi berfikir, kalau diantara kita memang ada yang namanya Infiltran, Peretas dan Sarvara. Cuman aja masing-masing dibungkus dengan yang namanya badan dan kulit manusia. Yes, right? Hahahaha *parahhhh delusionalnya*

TAWA DAN HARU!

Salah satu candu pada buku ini adalah banyaknya tawa yang dihadirkan Dee lewat trio infiltran yang bikin saya ketawa sampai sakit perut. Apalagi kalau Kell sudah berinteraksi dengan Bodhi dan Alfa! Asli kocak banget. Bagian favorit saya ya “Tim Chen-Doll” dan asinan bogor! Ampun deh Kell!!!! Dasar bule gilak!! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Pertemuan kembali antara Bodhi dan guru Liong, juga Kell adalah momen lucu yang bikin saya ngakak gak karuan. Si Bodhi terlalu sentimentil, si Kell terlalu gokil dan Liong terlalu LURUS! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

20160229_221119.jpg

When Bodhi met Kell!! πŸ˜€

 

Elektra gak kalah konyol dan lucunya. Udahlah lagi genting-gentingnya ealahhh tetep aja BODOR! Apalagi kalau udah bareng si Mpret aka Toni makin gak BenerπŸ˜‚πŸ˜‚. Bagian favorit saya adalah waktu para peretas mau mencari dimana Portal cermin dan masing-masing nyebutin tempat-tempat yang tak terjangkau manusia. Dengan polosnya si Elektra nyebutin “Timbuktu” sebagain salah satu ujung dunia….wakakakakak!!! Diketawain lah dia ama temen-temennya… trus pakai acara ngomong bahwa fakta itu menurut Donald bebek. Yasalaaaammm Etraaaaa!!! πŸ˜‚πŸ˜‚

 

Sebenernya banyak scene-scene lucu lainnya yang dijamin menghibur banget ditengah ketegangan saat Infiltran dan peretas menghadapi Sarvara. Namun, sebuah cerita tidak akan punya magnet bagi pembacanya jika tidak ada momen mengaru-birunya kan?

Momen mengaharu biru ini ternyata dipersembahkan oleh Alfa Sagala!!! Cuma satu yang pengen saya lakukan saat membaca halaman 647, yakni teriak sekencang mungkin! ALFAAAAAAA!!!!!

Ahhhhh terlalu indah ending dari cerita ini, Sayang untuk dilewatkan bagi siapapun. Maka saya memberi nilai 5 out of 5 untuk buku pamungkas dari serial supernova ini.

Fav Quotes
“Manusia itu ngomong A, padahal B. Mukanya bikin C, padahal di hatinya D. Tujuannya E, tapi mutar-mutar dulu sampai Z. Bahasa itu, kan, gunanya buat jadi topeng. Manusia belum sanggup transparan” hal, 415

Terimakasih ibu suri, atas karya yang begitu menakjubkan. Gak rela rasanya serial favorit disudahi disini. Sengaja bacanya pelan-pelan yakni menghabiskan 7 hari untuk 690 halaman namun seperti yang dikatakan sang penulis “sebuah akhir akan mengasilkan sebuah awal, kata TAMAT akan menggiring kita ke PENDHULUAN yang baru. So, sampai jumpa lagi Foniks, Akar, Petir, Partikel, Kabut dan permata. Plus tentunya trio kwek-kwek infiltran favoritku. Masih penasaran sama gugus Kandara…dan tentu Permata, sang peretas puncak. Kalau kata Kalden Sakya, “TUJUH BELAS TAHUN AKAN BERLALU SEKEDIP MATA”……so, sampai berjumpa kembali di gugus lain!

 

Xoxo,
Joeyz-yang menggilai Supernova

57 thoughts on “Book Review : Intelegensi Embun Pagi

  1. #TimZarah lagi nunggu IEP datang beberapa hari lagi nih, setelah diajak jalan2 dulu ke Iceland, Norway, dan Budapest *IEP dah jalan2 lintas benua, yg beli duduk2 dirumah haha. Jooo, makasih yaa buat Reviewnya (yg sedikit mengandung spoiler haha) jadi ada sedikit gambaran nih. Aku yg bener2 penasaran itu Firas itu sebenarnya kemanaaa coba. Nanti aku akan santai membaca IEPnya sambil mengingat2 lagi tokoh yg lain, karena sudah lamapun dan 2 supernova pertama ga kubawa kesini bukunya.

  2. Ah gila ini mah, reviewnya mantaaaap. Gue beler Jooo gara2 baca IEP di hari kerja. Tidur malem bangun subuh demi bang Alfa, Zarah dkk
    OMG emang twisting banget ya, Dee Lestari kereeen banget bikinnya. Gue sampe sekarang pun masih susah move on dan masih NGAREP sangat Dee bikin lanjutannya lagi hahahaha *teteuuuup*

  3. Keren reviewnyaa!!
    Tapi beneran adegan Elektra ‘nembak’ Alfa pengen banget ngarahin tangan Elektra ke Ishtar /? Dan selesainya baca IEP, hampa gara-gara Alfa gaada masih bertahan–berhari-hari.
    Eh Si Bong belum pulang dari kantor Re, kan? Ngapain aja sih mereka, ah Maksur ini benar-benar!!

  4. hidup Chen-dol!!! #timkell #bulegila

    selesai namatin IEP yang ada masih berada di asko berhari-hari. Ga balik balik ke dunia nyata mbak Jo!! Waktu akuk ngeWA itu udah pengen spoiler banget loh mbak, karena saat aku ngeWA adalah saat Alfa dkk lagi otw ke Sianjur Mula Mula.

    Badan rontok efek liburan dan gathering ga bikin aku lelah buat begadang baca IEP mbak

  5. gak berani baca postingan ini… takut spoiler! hahahaha.
    buku gua baru bakal dateng ntar weekend depan. gak sabar mau baca!!! πŸ˜€

  6. IEP kelar semalem aja saking penasarannya… trus kesel. Hahahaha…. tapi biarpun kesel aku masih memberikan kesempatan kok, sekarang lagi baca ulang semua serial supernova, dan mau mengakhiri dengan IEP lagi…

  7. walopun lagi-lagi gw gak ngerti, tapi emejing amat yaa, gw inget terakhir kali terhanyut ke “dunia lain” itu pas namatin harry potter. Antara hampa campur nelongso πŸ˜€

  8. πŸ™‚ Perasaan yang sama kaya mba joeyz14 sewaktu saya baca Partikel. Banyak sekali kemiripan di partikel dengan tempat yang pernah saya tinggali, mulai dari Bogor, kampus IPB, kebun Raya, Jembatan merah, Tanjung Puting (kalimantan tengah), sampai saya benar-benar mencari tahu tentang desa Batu Luhur beserta Bukit Jambulnya. IEP itu ibarat kata “last but not least” (mudah-mudahan). Bisa dibilang itu buku pamungkasnya seri Supernova tapi mudah2an bukan akhir dari cerita Supernova, karena di endingnya masih banyak banget yang saya ingin tahu lebih jauh. Hari pembebasan, peretas puncak, permata, peran Diva, nasib anggota gugus kandara, Firas, serta pertemuan antara Bong dan Ferre di segmen akhir terlalu sayang buat dilewatin gitu aja.

    • Hi Eriska. Salam kenal
      Huaaa iya kalau kata bu suri aku punya dua ikatan dengan supernova. Yg pertama tentu aja si Alfa di sianjur mula2 which is my hometown lalu sama Akar yaitu wihara tempat Bodhi ditemukan pertama kali itu percis disamping sekolah berasramaku.

      Sayangnya bukit jambul itu gak cuma fiktif kata Mba Dee

      Kayaknya bakal ada lanjutannya ya

  9. daan sampe halaman terakhir baca IEP aku masih gak ngerti maksud dan tujuan adanya gugus asko dan 64 gugus lain itu apa?? rada kecewa dikit sama endingnya sih..koq penjelasannya cuma gitu aja, cuma rebutan konversi antara peretas sama sarvara aja.. tolong pencerahanya yaa

    • Amel…..ga usah dipikirin bagian itunya. Emang itu tujuan dee lestari yaitu menyisakan banyak tanya bagi para pembacanya supaya nanti ada lanjutannya. Hehehe…kalau aku sih puas2 aja bacanya. Walau tetap masih pengen lagi…kurang rasanya

    • Hi Tia, ia agak bingung kalau langsung baca IEP. Mending baca dulu supernova sebelumnya supaya biaa ngerasain sensasi gemez2nya pas baca iep. Hihihi..selamat membaca

  10. Hai mba Jo.. Bener epic banget IEP ini sebagai penutup walaupun masih banyak setting yg gantung misal kaya Bong ketemu Re..
    And saya mo minta tolong, buku yg saya beli ternyata ada halaman yg ilang cuma 2 lembar sih tapi penasaran aja jadinya, tolong minta fotoin dong hal 659,660 sama 677,678.
    Saya mo minta tuker buku pas dibawa malah keujanan :((
    Please ya.. Tengkyu

  11. spoiler banget nih hehehe….. kesiksa banget menerima kenyataan klo sampe sekarang blom bisa baca IEP. Tanggal 19 Februari gw berangkat kerja ke pedalaman Sorong, Papua Barat. Tepat sehari sebelum peluncuran bukunya. Mau beli online males ongkirnya seharga bukunya klo dikirim kesini. Tapi Sang istri dah beliin buat kado special gw…. Gak sabar nunggu pulang lebaran buat baca IEP.

    Salam kenal…

  12. waktu baca kaya lagi muter filem dikepala, ikut tegang apalagi pas pertempuran terakhir, ga bisa berenti baca,hahaha. sempet agak sebel sama si alfa gara2 dia kaya berhianat tp akhirnya malah jatuh kagum, rencananya mateng banget. keren.
    abis baca sampe tandas, ky ada yg ilang gitu rasanya, “beneran selesai?”.

    ngomong2 sy juga #timZarah, terus2an ngebayangin gmn sosoknya dia kalo beneran ada didunia nyata.

  13. I knew it. As soon as I finished reading the book (which was very very late – I joined the Pre Order and read the book last week lol), I said to myself that “I bet Jo would have been reviewing the book and love it so much”.

    Thank you Jo…. Review ini jd balancing banget. Beberapa yang gw baca krg mendukung banget IEP ini. Bnyk yang kuciwa juga.

  14. Ketika di baca mudah untuk di bayangkan. Tiap baca kaya nge push tombol “play “.. Kalo di bikin film bodhi cocok nya di pernanin sama vinogb.

  15. Satu tanda tanya yg belum terjawab sampe akhir ??? Kenapa Toni dilarang oleh Liong utk menghubungi Bong atau yang laen dari gugus Kandara ??? Sampe lembar terakhir belum ketemu jawabannya…. Sudi dijawab mbak 😊😊😊

Leave a Reply

