Belajar Terus Tak Akan Membuatmu Mati Kebosanan

Apa yang membuat kita betah kerja di sebuah tempat selama bertahun-tahun?
Jawabannya gak jauh-jauh dari kenyamanan, gaji yang mencukupi, rekan kerja yang baik, bos yang asik. Iya kan? In my case, libur yang banyak dengan gaji full (total 2.5 bulan dalam 1 tahun) plus diskon besar untuk anak-anak bersekolah di tempat saya mengajar (walau tetap sih ngarepnya gratis ajah…hihihi).

Jadi apa sih sebenernya yang bikin saya masih betah kerja disini, selain karena hal-hal menguntungkan diatas?

Nah ada satu hal nih yang masih bikin saya tidak jenuh karena merasa belajar terus di sini . Selain mempelajari karakter anak (plus orangtuanya), cara menangani anak (plus ortunya juga, haha emang ada aja satu dua yang ortunya susah diajak kerjasama), maka menurut saya hal ini adalah yang bikin saya selalu merasa ada tantangan setiap tahunnya yaitu TEMA BELAJAR YANG SELALU BERGANTI, tema belajar per term (per 3 bulan yang selalu beda). Jadi ya kalau di sekolah saya yang dulu-dulu (so far udah pindah ke 4 sekolah) selalu punya tema yang itu-itu aja dari tahun ke tahun. Misalnya gini;

Jan : Weather and season, Feb: Animals, March: Our Body, April: Food and Nutrition, May: Plants and gardening, Etc.. Nah disini masih manusiawai ganti temanya tiga bulan sekali yang otomatis ganti dekor kelas, pintu dan bulletin board juga tiga bulan sekali. Jadi inget di sekolah yang dulu mabokkkkk banget ganti dekor tiap 1 bulan sekali, untung dulu mah masih muda dan energik hahaha sekarang dah  mayan renta bok.

Nah jadi dalam 1 term itu selama tiga bulan ada 10 minggu jadi kita pecah jadi 10 sub theme. Misalnya belajar Food and nutrition, jadinya seperti ini:

week 1: Why do we need food, week 2: The importance of healthy food, week 3: fruits, week 4: vegetables, week 5: grains, week 6: dairy products, week 7: protein, Etc.

Nah kira-kira kayak gitu deh. Saya paling semangat untuk breaking down the theme into sub theme. Jadi diantara beragam tema yang sudah pernah kita pelajari, ada beberapa tema yang bikin saya harus lebih dalam lagi researchnya, lebih banyak baca buku dan googling berbagai kegiatan yang bisa saya lakukan sesuai tema bersama murid-murid saya. Berikut ini adalah tema yang menurut saya bikin saya muter otak but at the same time bikin pengetahuan saya makin bertambah. Have I told you that being a teacher you will also learn at the same time? Yes of course you know that and that is one of the reasons why I love being a teacher, esp the early childhood teacher.

Jadi tema-tema itu adalah sebagai berikut:

Music and Art

Ini waktu pertama tema ini dicetuskan oleh sekolah pusat (sekolah kami ada 3 kampus) saya menggerutu karena saya benar -benar blank mau ngajarin apa ke anak usia 4 tahun tentang art? Kalau tentang music masih ok lah ya cuma mengenal jenis-jenis alat musik, lah tapi ini mau memperkenalkan anak sama Pablo Picasso, Joan Miro, Van Gogh, Andy Warhool dan kawan-kawannya. Gimana caraaaa??? Akhirnya kami pun guru-guru mau gak mau harus ikutan belajar and surprisingly kami jadi ikut-ikutan tahu sedikit tentang aliran-aliran lukisan dan famous artist tadi. Dalam kurun waktu 7 tahun ini kami sudah dua kali mendapatkan tema ‘Music and Art. Biasanya pada akhir term kami akan ada event yang berhubungan dengan temanya. Untuk tema ‘Music and Art’ ini tentu kami ada performance dari tiap kelas dengan aliran musik yang berbeda-beda dan waktu itu kelas saya menggabungkan musik Dangdut dan R&B…ahhh seru deh lihat anak-anak muridku nyanyi dan joged Terajana semangat banget. Untuk artnya sendiri lumayan menguras tenaga karena kita mengadakan Art Exhibition yang super duper remfong but really really FUN! Pokoknya tema Music and Art ini paling Top deh! (baca di sini tentang art exhibition kita beberapa tahun lalu)

OUTER SPACE

Outer space or solar system would be my favorite theme of all times. Iya seneng banget waktu ada tema ini dan bikin saya semangat untuk break down the theme, nyari ide untuk aktivitas anak, art worknya, sciencenya. Pokoknya keblinger dalam artian positif banget deh kalau temanya Outer space. Basically gurunya suka banget hal-hal mengenai luar angkasa jadi kadang saya sendiri susah kontrol diri kalau udah circle time ngebahas sub-tema kita per minggunya. Kegiatan kita diakhiri dengan performance dari tiap kelas dengan lagu or tarian menggunakan kostum semacam rocket, alien, astronot dsb. SERU!!!!!

 

DINOSAURS

Sebenarnya masih banyak lagi tema yang bikin otak saya njilemet tapi diakhiri dengan kepuasan luar biasa, kayak waktu bahas ‘ Science and Technology’, ‘Endangered Animals’ , ‘Festivals’ etc. Tapi menurut saya, tema Dinosaurs adalah salah satu tema yang ajaib juga. Ampunn deh awalnya saya ga bersemangat banget waktu di awal tahun ajaran kita dikasih tau oleh sekolah pusat kita (di jl. Lamandau) untuk tema di tahun ajaran mendatang dan salah satu temanya adalah Dinosaurs. What??? Dinosaurs??? Ga salah tuh? Aslik deh ilfil banget. Eh trus malah asik googling tentang dinosaurs dan segala jenisnya. Dulu paling ga peduli deh nama-nama dinosaurs cuman tau T-rex doank…Hahahahaha….Eh sekarang malah hafal semua sampai fakta-fakta tentang dinosaurs. Seruuuu…seruuuu! *ini gurunya suka too excited kalau dah bahas theme. Murid2ku..kalian yang tabah yakkk* 😂

 

 

Now, I have learnt a lot. Menjadi guru apa pun bahkan guru TK sekalipun (yang sering di anggap remeh sama sebagian orang) akan tetap membuat kita bertambah ilmunya. Sharing your knowledge itu bukan mengurangi ilmu kita bahkan sebaliknya kita akan terus merasa bertambah-tambah. Jadi, kalau ada yang bertanya pada saya kenapa belum bosan kerja disini? Tentu jawabannya, “BECAUSE I ALWAYS LEARN A LOT THROUGH DIFFERENT THEMES”. Belajar terus adalah salah satu hal di dunia ini yang tidak akan membuatmu mati kebosanan, dan menurut saya selalu ada hal yang akan membuat kita akan terus belajar di manapun kita berada. Asal kita mau dan melakukannya dengan senang hati.

Anyway, tentu gak harus menjadi guru untuk bisa learning something and sharing knowledge. Bahkan berbaik hati ngajarin junior or pegawai baru di tempat bekerja juga akan memperkaya ilmu kita sendiri. Kalau kata uppa, yang udah lumayan sering pindah kantor katanya tiap jadi pegawai baru ada aja yang baik sharing ilmunya ngajarin uppa dan ada aja yang enggan bahkan pelit berbagi ilmunya… itu pilihan masing-masing sih ya. But for me, sharing our knowledge will sharpen our brain too and to help you to “stay alive” (dalam artian ga mati bosan di tempat kerja) we need to find what are things that will make us learn and dig some more knowledge. In my case, learning from the various themes will make me learn and learn again every day.

Being a teacher for these past 12 years and staying in the same school for these past 7 years has taught me to keep on learning for many-many years ahead. No matter how old this teacher would be… I will keep on learning and would be glad to share the knowlege to the little ones whom I called as my students, my beloved little cheeky monkeys.

Xoxo,
Teacher Joeyz

*OMG finally kelar juga tulisan ini, asli buntu ngeblog gara-gara Captain Song Joong ki….* 😂😂😂

Advertisements

24 thoughts on “Belajar Terus Tak Akan Membuatmu Mati Kebosanan

  1. ya ampun dimana-mana demam Jong Ki, termasuk gw ka ahahahha
    enak ya ka ngajar gitu tiap hari ketemu anak-anak, mungkin gw juga kalau jd guru pasti betah krn basic-nya juga suka anak kecil 🙂

  2. Kayaknya ada yang “salah” jika seseorang merasa bosan ketika belajar, menurutku sih ini 😛 . Dan ada rasa paradoksnya loh, semakin dalam kita belajar, semakin kita mengerti bahwa yang namanya manusia itu nggak tahu apa-apa, hahaha 😆 .

    Ah itu nanti anak-anaknya yang suka kelas dinosaurs gedenya bisa jadi kayak Ross Geller yang di Friends itu tuh 😛

  3. Ini juga nih yang aku rasakan walaupun baru 3 tahun jadi guru hehehe. Life long learner banget kan yaa 😀 btw, dekorasi pintunya bikin aku sirikkkkkk. Suka banget deh sama dekorasi pintunya. Aku kadang kehabisan ide buat dekor mendekor pintu, ujung-ujungnya larinya ke Pinterest hehehe

  4. aaaakk mbak Jo juga nonton DotS ya? hari ini episode terakhirnya mbak!! *udah baca panjang, gagal fokus karena satu kalimat di akhir 😆

  5. Semangat k Jo,,,
    aku juga salut banget sama guru TK (dan teman2nya) karena merasa sendiri ‘ngajarin’ anak-anak itu gampang2 susah, jadi kalo ga gurunya KEREN banget caranya udahlah selamat menerima banyak pertanyaan yang bikin gita googling dulu wkwkwk #pengalaman
    PS : dots nya aq masih eps 2 kakak,,, wkwkwkwk

  6. Semakin banyak berbagi, maka semakin banyak juga yang kita dapatkan ya Mbak :)). Jadi makin semangat buat berbagi soal apa-apa yang saya ketahui di dalam blog :hehe. Soal belajar, iya semua orang memang harus belajar, di mana pun dan kapan pun. Nggak harus dari buku, belajar dari teladan orang lain yang dijadikan panutan juga sesuatu yang bagus banget :hehe.

  7. Outer space sama Dinosaurus kesukaannya Baron tuuuh miss Joeyz, setiap pinjam buku di sekolah pasti temanya Dinosaurus, Dino pemakan tumbuhan, Dino pemakan daging dll. Trus kalau bikin prakarya pasti imaginasinya nggak jauh2 dari alien, spaceship padahal dia sekarang jadi penakut looh, takut didatengin alien… hahaha… hebring dan salut deeh sama guru2 KB/TK/prechool. Kreatifitas, stamina dan kesabarannya warbiasyaaak….

  8. Justru guru TK/ Playgroup itu Jo yang paling keren diantara profesi mengajar menurut gw. Kenapa? Karena selain dari ibunya, dari guru itulah si anak yang tadinya tidak tau menjadi tau. From zero to hero, from nothing to something…eeeaaaaaaaaa 😛

  9. Wahaha….. Klo dari saya pribadi sih hampir nggak ngerti bagaimana ngajarin anak2 usia 4 sampai 5 tahun. Asli butuh kesabaran banget buat njelasin semua materi. Apalagi klo materinya pas kitanya nggak suka semacam dinosaurus (nurut saya) , wa ha ha bisa bingung nyari materi dan mempelajarinya. Intinya nurut saya jadi guru tk itu susah banget. Jadi, semangat aja buat para guru tk.

  10. Aaaakh gilaaak 😀 ada tema-temanya juga ya mbak ngajarnya 😀 belajar keras juga kamu mbak 🙂 hihihihi emang sih, belajar nggak akan bikin mati, tapi malah bikin penasaran nggak sih 😀

    Eng… DOTS heboh nih ya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s