Mamak! (INSERT : 1000 CINTA)

image

Hari Minggu kemarin si mamak tiba-tiba kirim WA ke saya dengan pertanyaan seperti diatas. Nanyain kami ada di rumah gak? Kirain nanya gitu ada tamu or saudara yang mau datang ke rumah kami. Eh ternyata doi lagi kesepian. Pengen banget dikunjungi ama kita terlebih dua cucunya. Dari malam minggu si mamak udah minta-minta duo G nginep di rumah mamak aja eh tapi mamak baru ingat kalau dia ada acara parsahutaon (biasa deh inang-inang batak banyak bener acaranya).

Sebagai anak, tentu kadang sedih denger kalimat “mamak kesepian”. Duhhh kadang disitu rasanya suka nyesel pindah jauh dari rumah mamak. Padahal ga jauh-jauh amat sih jarak tempuh rumah mamak ke kami yang sekarang cuma 45 menit aja. Eh tapi teteup jauh juga sih ya. Ya tapi dibanding dia kangen ama anak dan cucunya yang atu lagi, mesti kudu pakai paspor dan visa plus ngabisin ongkos belasan juta. Padahal dulu saat 2 tahun tinggal di dekat rumah mamak, selama dua tahun itu saya lihat mamak kayaknya bahagiaaaa terus, bisa lihat cucunya kapan aja dia mau. Palingan suka sebel liat kami kalau kami suka keluyuran ke mall or ke Bandung. Hihihi….

Kalau ditanya siapa orang paling penting dalam hidup saya, maka jawabannya udah pasti “Mamak”. Ga maksud mendiskreditkan suami tapi mamak buat saya adalah malaikat yang dikirim Tuhan dalam kehidupan saya. Dengan begitu saya berkesimpulan bahwasanya semua manusia punya malaikatnya masing-masing, karena kita semua lahir dari rahim seorang ibu. Hal yang paling nikmat dan saya syukuri adalah saya masih bisa merasakan kehadiran malaikat itu. Mamak masih sehat, mamak masih bisa mendampingi saya dari lahir sampai detik ini, sampai saya harus menjadi seorang malaikat juga untuk kedua anak saya. Tentu postingan ini tidak bermaksud membuat sedih atau iri teman-teman yang sudah kehilangan malaikat atau ibunya.

Justru saya ingin mengingatkan diri sendiri ‘To cherish the moment’ iya, menikmati dan mensyukuri saat-saat bersama mamak. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan beliau, memberikan perhatian lebih banyak lagi dimasa tuanya sekarang. Lebih mengerti perasaannya dan menunjukkan rasa sayang kepadanya lebih sering lagi. Kenapa? Karena dimasa lampau mungkin saja banyak kata-kata serta perbuatan saya yang menyakiti hati beliau. Banyak hal yang diperdebatkan, banyak hal yang tak saya setujui walau akhirnya saya tahu bahwa semua yang mamak lakukan adalah untuk kebaikan anaknya.

Mak, semoga mamak selalu dalam lindungan Tuhan dan sehat selalu. Semoga mamak menikmati hari tua mamak dengan penuh senyum bahagia. Semoga aku bisa seperti mamak yang selalu tulus dan ikhlas menjadi malaikat penjaga kedua anak-anakku juga bagi cucuku kelak.

Makasih ya mak! Untuk semua yang sudah mamak lakukan sepanjang hidup mamak untuk aku dan anak-anakku. Tidak terlalu peduli sebenarnya tanggal berapa memperingati hari ibu tapi nggak ada salahnya untuk mengingat dan mengucapkan “Happy mother’s day” to you mak! I love you bertubi-tubi 😍😍😘😘😚

Ps: Ohiya diakhir WA si mamak, dia bilang dia bawain sepeda. Ternyata si mamak beliin sepeda baru buat Kakak G. Trus dia naik grabcar bawa sepedenya ke rumah kami. Ohhh so sweet amat sih mak! (INSERT: 1000 cinta lagi)

Advertisements

48 thoughts on “Mamak! (INSERT : 1000 CINTA)

  1. ahhhh terharu banget… apa kabar nanti org tua aku ya, yg kalau mereka kangen cucu, kudu pake visa, paspor, mahalnya belum, lamanya dipesawat huhuhu… ini nih yg suka bikin mellow, tp selalu jd alasan org2 yang mulutnya ember buat nyerang, padahl kita juga mikirin koq 😦 ealahhhh mba, aku nya malah curhattt ahahahha…

    • Iyaaaaa mihilllll banget kalau mau melepas rindu. Ya gapapa trid biar si mama bisa jalan2 ke yurep nanti. Semua kan ada hal positifnya hehehe just ignore them..syirikkk itu namanya. Hehe

  2. Langsung deh mata ini berkaca2 kalau udh ngomongin mama..
    Semoga mama kk sehat selalu ya, bisa liat duo G tumbuh besar sampe mereka nikah nanti..

  3. Semoga sehat selalu ya Jo buat Mamak, bahagia dikelilingi cucu, anak, dan menantu. Meskipun keluarga adikmu jauh di rantau tapi pasti selalu dekat dihati Mamak*langsung ingat Ibuku.

  4. Ah aku berkaca2 baca postingan momma G πŸ™‚ anywaaaaay…. Td awal baca postingan ini, aku udah mau nyolot: “Kesepian?? Iiihhh kok Mamak nggak ngewhatsApp aku aja siiih? Udah lupa ya sama aku?!?”

    Maap ya. AKU KIRAIN MAMAK SONDANG, huahahahahaha….

  5. Mama kita itu emang the best deh, sudah tua gini aja, rasanya masih tetep mama menganggap kita little girl dia alias kalau dia bisa bantu, dia akan bantu.

  6. ya ampun mamanya saking kangen akhirnya datengin langsung buat bawain surprise, aduuuhh ini sweet banget sih! :’D ❀ sehat terus ya mamanya..

    • Iyaaaa mamakku begitu amat deh. Trus sering deh dia ke mangdu eh ntar tiba2 bawa pulang kolor buat duo G dua lusin. Katanya “kolor anakmu dah pada butek warnanya” wakakakakak… si mamak!!! Sering2 aje mak! *dipites* πŸ˜‚

  7. Sedih ya pas orang tua bilang kesepian 😦 Emakku ga pernah blg gitu, kalopun ngerasa gitu kayaknya dia ga bakal ngomong sih 😦 Mudah-mudahan meskipun dia ga ngomong tapi aku bisa terus inget untuk komunikasi sama dia. Makasih postingannya kak Joice, jadi reminder banget ini.

    • Soale rumah mamakku biasa rame dari duku lip. Ada sepupu and anak sepupu yg tinggal disitu..opungku plus kadang sodara2 yg nginep doank. Nah tumben2 tuh pada ga ada di rumah. Sepiiii deh dia. Iya lip…banyak2 ngobrol sama mamak. Mumpung beliau masih ada dan sehat….

    • Canggih ye mamakku. Dah bisa WA dan paling kecenya bisa pesen taksi and ojek online. Soale dia ribet katanya kalau mau kemana2 harus aku yg pesenin mulu.

  8. mamaku belom pernah nih bilang gini soalnya di rmh msh ada kakak ku yg tinggal disana, belom married jd dia msh berasa rame2 aja,hehe
    sering2 nginep di rmh mama aja mbak Jo, biar gak kesepian lagi πŸ˜‰

  9. mamak boru apa jo ?! sama aja kayak mamakku di rumah. gak ketemu 2 cucunya yg jagoan sebulan, kangennya udh kayak gak ketemu setahun. sampai rumah, meski udh capek, tetep dong diurusin. gak puas kl gak dia yg kasih makan, kasih minum, mandiin. eh mamak ! hebatlah mamak2x kita ini lah ya. so i pardulion dirina asal ma sehat sude na i jabu.

  10. mertua gw juga udah ngasih kode #kangen mulu nih.

    sayang pak suami lagi banyak tugas kuliah dan mingdep semester assessment.

    Rafa juga lagi UN SMP, lanjut final assessment di sekolah.

    Sedih emang dengernya kalo ortu kangen anak cucu, i feel you Jo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s