REPLY 1988 : A Must Watch Drama! You Should watch! POKOKNYA NONTON DEH!

image

Kamar Taek tempat mangkal gang Ssangmundong

Itu judul apa Undang-undang pemaksaan sih Jo? Hahahahaha maap ya manteman maklumin aja walau udah kelar nonton dari 2 minggu lalu tapi ga move on-move on ini…hahahaha… parah emang gue.

Pokoknya gini, walau saya mah telat banget nonton ini (karena ini drama akhir 2015 dan awal Januari 2016) tapi bagi yang belum nonton dan ngakunya penggemar drama korea, maka kamu ga boleh banget skip drama yang satu ini. Alasannya?

1) DETAILS
Iya details banget props untuk shootingnya. Segala tv layar cembung, telepon jadul, radio, sampai model rambut dan fashion para pemain semua vintage ala 80’s. Bahkan trend apa aja tahun itu benar-benar ditunjukin. Salute buat tim produksinya.

image

Anak 80an 😊

2) AKTING KUALITAS PREMIUM
Gilaklah pokoknya artis dan aktor korea ini, aktingnya super semua, ga ada yang ecek-ecek. Contohnya aja HyeRi pemeran utama yang jadi Deok Seon…asli two thumbs up karena aktingnya total abis. Gak takut kliatan jelek, ga ada jaimnya sama sekali. Tiap karakter di dalam drama ini bikin kita jatuh cinta. Bahkan writernya bikin porsi yang pas untuk tiap karakternya. Kok bisa gini amat sih jeniusnya si penulis cerita??? Caresoooo

image

Keterlaluan kamu Hyeri!!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

3) A VERY RICH STORY
Iya ini cerita yang terlihat sederhana tapi isinya banyak, dan cita rasanya ga ada dua. Bagaikan makan bakmi mbah moh Di Bantul Jogja sana. Tempatnya di pelosok dan sederhana tapi cita rasanya bikin gak lupa sampai sekarang (duh analogi gue bikin jadi laper ndiri ini mahhh!!! πŸ˜‚πŸ˜‚)

Kenapa saya bilang a very rich story?
Karena disini disajikan cerita Kehangatan keluarga dan persahabatan.
Di drama ini menunjukkan bahwa memang ga ada keluarga yang sempurna. Ada aja permasalahan hidup, ada aja yang ga akur dan ga sejalan pikiran satu sama lain di dalam keluarga:
-Hubungan kakak adik yang berantem terus seperti Deok Seon dan Sung Bo Ra (kalau dah berantem kayak pentasan meledak ga kelar-kelar).
-Hubungan suami istri yang beda selera humor, beda cara pandang hidup
-Hubungan yang kaku antara ayah dan anak perempuannya
-Hubungan ayah dan anak laki-laki tanpa figur ibu di rumahnya
-Hubungan pertemanan yang saling sayang dan saling mendahulukan kepentingan teman.

Ahhhh hatiku menghangat tiap ingat scene-scene favorite tentang hubungan mereka satu sama lain. Intinya adalah walau ga ada yang sempurna tapi setidaknya kalau kita mengkomunikasikan perasaan kita dengan baik dan benar pasti kita bisa menyelesaikan masalah satu sama lain dan tahu kalau aslinya memang saling sayang saling cinta.

image

Orangtuanya gak kalah gokil!!! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Satu lagi, bukan cuma kisah cinta-cintaan antara dua remaja laki-laki dan perempuan yang paling penting di dunia ini. Masih ada cinta pada ayah, ibu, kakak, adik bahkan teman yang gak kalah pentingnya. Di drama ini udah pasti bikin kita kangen sama masa-masa kecil kita, masa-masa mengahbiskan waktu dengan orang tua, kakak dan adik kita juga teman-teman sekolah…ahhhh berbinar-binar mata…😍😍😍 superlove!

image

The super cute Jin Joo…adiknya Sun woo

Kedengaran biasa aja? Memang!! Tapi bukan drama korea namanya kalau nggak sajiin tema keluarga gini tanpa bumbu humor. Ngakak kejengkang udah pasti banget. Ga ada duanya!!! Jadi udah ceritanya bagus eh ditambah humor yang brilliant. Supeerrrr sekaliii!

Beberapa orang merekomendasikan Reply 1988 untuk saya tonton tapi melihat posternya aja ga semangat, jadi benar ya pepatah mengatakan don’t judge the book by its cover. Nonton Reply 1988 ini membuat senyum dan hati senang sekali..dan drama yang satu ini saya masukkan dalam list Kdrama favorite. Walau telat setahun nontonnya tapi bersyukur ga nonton pas masih tayang (on going di tv kabel) kalau nggak bisa galau gak jelas nungguin episode-episodenya tiap minggu. Jadi sebenernya ceritanya tentang apa?

SINOPSIS
Time travel ke tahun 1988, di sebuah gang atau area bernama Ssangmundong, Seoul Korsel tinggallah beberapa keluarga yang anak-anaknya sebaya. Para orangtua dengan karakter yang berbeda-beda berteman baik satu sama lain, anak-anak mereka pun begitu. 5 anak tumbuh bersama tentu dengan karakter yang berbeda-beda juga.
Ini dia kelima tokoh utama dalam drama ini:

1) Sung Deok Seon (diperankan oleh Lee Hyeri member girl band ‘Girl’s Day)
Deok Seon ini anak yang punya kepribadian menarik, ramah dan humoris skaligus bodor alias gokil. Nasibnya sebagai anak kedua dari 3 bersaudara memang sering ketiban sial. Mempunyai kakak perempuan bernama Sung Bo ra yang super galak dan adik laki-laki yang wajahnya lebih tua dari umurnya (aslik bagian adiknya pas ditunjukin 27 tahun kemudian saya ngakak sakit perut karena yang peranin si No Eul itu yang jadi bapaknya Gong Shim di drama Beautiful Gong ShimπŸ˜‚). Deok Seon memang ga sepintar kakaknya (IQnya cuma 89) tapi kepribadiannya yang hangat bisa membuat siapa saja senang untuk dekat dengannya).

image

Yaolohh mukeeeeπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

2)Kim Jung Hwan (diperankan oleh Ryu Jun Yeol yang dapat penghargaan sebagai aktor pendatang baru terbaik di Baeksang Award gara-gara perannya di Reply 1988 ini).

image

He is not human yet πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Jung Hwan ini suka menggerutu, sarkastik dan sering menjadikan Deok Seon sebagai bulan-bulanan kata-kata sadisnya.Β Kalau udah ketemu pasti beranteman ajaa kerjaannya sampai pukul-pukulan dan dorong-dorongan. Dilihat dari kelakuannya pada Deok Seon, gak nyangka aja kalau anak ini cerdas, siswa ranking satu dan jago maen sepakbola. Cuman aja nih cowo kurang ekspresif, terlalu banyak pertimbangan dan kurang peka pada perasaan orang lain. Nyokapnya aja males banget liat kelakuan anaknya yang sangat tertutup dan jarang curhat ini. Padahal sebenarnya Jung Hwan ini baik sih, gak pelit dan setia kawan walaupun suka lebay dan korupsi kalau minta uang jajan ama mamanya (untung mamanya banyak duit).

3)Choi Taek (diperankan oleh Park Bo Gum yang sekarang lagi main Moon light drawn by cloud)

image

Sumpeh so park bo gum culun maksimal disini..

Tipikal cowok tenang, pendiam yang tidak suka keramaian. Choi Taek anak satu-satunya yang tinggal berdua dengan ayahnya sejak ibunya meninggal saat ia masih kecil. Taek adalah pemain baduk yang sudah meraih gelar grand slam master di usia muda. Demi mengejar passionnya bermain baduk, dia rela tidak meneruskan sekolah.

Di mata orang lain, Taek adalah anak muda jenius dengan IQ tinggi yang membuat orang terkagum-kagum sampai ada fans clubnya segala. Di mata teman-teman kecilnya (Deok Seon dkk) di Ssamundong, Taek tidak lebih dari orang yang tidak bisa nyolokin kabel, pasang walkman, mengikat tali sepatu atau menyumpit kimchi. Tapi semua sayang Taek bahkan memperlakukannya seperti harta karun nasional. Soalnya anaknya baik, sopan dan mau aja diminta mentraktir apa aja. Si Deok Seon suka nyuruh Taek pinjamin komik tapi Deok Seon juga yang paling mengerti Taek dan menolong Taek untuk melakukan hal-hal simple dalam kesehariannya.

4)Sung Sun Woo (diperankan oleh Go Kyung Po yang sekarang lagi main jadi second lead male di Jealousy Incarnate
image

Diantara mereka berlima, Sunwoo adalah anak yang paling ‘normal’. Tipikal anak baik, pintar, ketua OSIS, favorit guru, sayang ibu dan adik gitu lah. Sejak ayahnya meninggal dunia, Sunwoo memposisikan dirinya sebagai pelindung bagi ibu dan adik kecilnya Jinjoo (super duper cute banget si Jinjoo ini..gemesin). Dia berusaha selalu menjaga perasaan ibunya agar tidak sedih. Masakan ibunya yang gak enak dan sering ngaco aja mau dihabisin sehabis-habisnya. Dia juga gak mau ngerepotin ibunya minta ini itu. Selain itu Sunwoo juga sayang sekali pada mendiang bapaknya. Hmmmm cowo idaman banget ga sih?

5) Ryu Dong Ryong (diperankan oleh Lee Dong Hwi)
image

Nih dia nih salah satu karakter favorit saya di Reply 1988, anak bungsu dari kepala sekolah SMU Ssangmudong yang kocak habis. Diantara mereka berlima, Dong Ryong ini adalah tim hura-hura yang paling gaul. Senang ngedance, bisa nyanyi, suka nonton konser dan hobi ngajakin teman-teman cowoknya nonton film bokep. Tampangnya mungkin kurang bisa dipercaya, tapi Dong Ryong cukup bijaksana dan selalu siap memberi saran-saran terbaik saat sahabat-sahabatnya curhat.Β Paling kocak dia pernah bilang ama teman-teman cowoknya : “dimana lagi lu bisa dapat teman yang memikirkan kebutuhan s3x kalian masing-masing?” Buahaha….ngehe banget kan nih orang…Scene favorite saya adalah saat dia dan Deok seon lagi belajar bersama ama Bo ra (kakaknya Deok Seon yang pintar) nih bedua klop banget koplaknya…sama-sama ga bisa apa-apa selain nyanyi dance dan hal-hal gak penting yang jayus.

Sung Bo ra: “Belajar bahasa Inggris tuh cukup ngafalin aja kok, coba ada ga kata-kata yang kalian tau dalam bahasa Inggris? Ga ada kan?”

Deok Seon: ada donk.. “I, my, me my”
Dong ryong langsung nyautin
Dong Ryong : “You, your, you, yours”
Deok Seon: “He, his, him, his”
Dong Ryong: “She, her, her, hers”
Deok Seon: “we, our, us, ours”

Gokilllll!!!Gokil!!! Abis itu mereka nyanyi spanish berdua kek orang gila.

Dan terdengarlah suara Mmbekkkkkkkkkk!!!!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Pokoknya saya ngakak sakit perut dan ampe sekarang scene-scene favorite saya save di youtube. (Yaelah jo…kapan move on nya nganaaaa jo??)

Jadi, cuma tema keluarga aja nih? Ga ada cinta-cintaannya? Korea tanpa percintaan juga udah seru sih tapi tentu saja ada percintaan donk akh…. yang pasti dalam tiap series reply (ada reply 1997, reply 1994 dan terakhir 1988 pssssst ga perlu nonton 1997 dan 1994 kok) kita selalu dikasih clue siapa suami pemeran cewe utamanya…iyes semacam maen tebak-tebakan ini mah😁. Nah dimana-mana tuh bertebaranlah hestek #TeamJungHwan dan #TeamTaek. Hadeuhhh ini apasihhh? Bahkan saat saya posting tentang reply 1988 tiga minggu lalu semua pada komen berbau spoiler padahal saya masih stengah jalan waktu itu nontonnya. Ok kalau kalian pecinta reply 1988 pengen tahu saya tim siapa? Hmmm saya tau banyak yang #teamJungHwan tapi maaf saya #TeamTaek wae lah. Why? Karena dalam hidup kita butuh yang pasti-pasti. Udah sering banget nemu cowo kayak Jung Hwan ini dalam hidup gueh…hahaha curcol mbaknya? Iyalah bok!!! Penuh keragu-raguan dan sejuta gengsi walau iya karena dia menghargai sahabatnya..tapi teteuplahhh capek ama yang tipe Jung Hwan ini. Saranghae Taekkaaaaaa….😍😚

image

Three ladies yang turut meramaikan drama ini. Coba ajaa semua tetanggaan kayak di Ssangmumdong ini


Jadi gimana ini? Gimana cara menyudahi postingan ini? 2 minggu lebih nulis ini ga kelar-kelar. Hahahaa baiklah intinya adalah ini recommended drama banget dan seperti judulnya…..You Should watch! POKOKNYA NONTON DEH! *teteuuup maksa* πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Another reason why you should watch this drama, bahwa Reply 1988 banyak dapat penghargaan di berbagai ajang penghargaan di Korea sana….yayiyalah ratingnya aja pemecah record pernah sampai 18nor 21 persen. Ok next good kdrama yang bakal ditonton adalah “Signal”(baru sampe episode 2) Wokelahhh sekian review saya atas drama jenius ini. Akhir kata saya mengucapkan.. Mbeeeekkkkkkk!!!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

47 thoughts on “REPLY 1988 : A Must Watch Drama! You Should watch! POKOKNYA NONTON DEH!

  1. Hahahhaa seru banget keknya..
    Wajib nonton ini mahhhh..
    Reply 1997 atau brp gt udh nnton blm ka? Tonton deh itu bagus jg, bkin penasaran bgt yg jd suami pemeran utamanya siapa..

  2. Ahahaha ini baru nonton 2 episode aja udah ngakak ngakak sambil bilang “ini gue banget nih” – banyak kejadian yang mirip sama kejadian sehari-hari.
    Tapi belom mau lanjutin nonton karena takut baper :))) aku anaknya gampang baper nonton film. Jadi yang ditonton baru drama korea yang hantu hantu aja :p ini aja baru nonton jealousy incarnate aja udah baper pol.

    lalu naksir berat sama Go Kyung Po di situ :’))))

    • hahahahaha sama deh baper maksimal ini dimari juga. Di reply emang bakal banyak relate ama diri sendiri kan ya. hihihi lamjut nonton tashhh biar bapernya makin gila hahaha

      Aku stop nonton jealousy incarnate di episode 12 dikarenakan aku kasian liat go kyung po….hahahha sama tash gue pro Go kyung po..makanya gue ga tega liat pyo nari ntar ninggalin dia. terlalu kuat nih second leadnya ya

      • AAAAAHH Joey spoiler beraaaat (walopun sejak awal cerita gw yakin pasti si chef yang dipilih pyo na ri – tetep belom hafal nama) :)))) ini baru episode 7 tapi hati udah gak karuan gara gara mikirin Go Kyung Po.

        2 bulan lalu sih kekeuh ga akan nonton drama korea karena sadar diri gak akan bisa berhenti, ternyata bener -_-” sebel.

      • Huaaaa maap Tash ..gue kira lu dah ampe episode 14…hahaha gue juga ga tau gimana nanti mereka putusnya tapi gue kurang tertarik ngikutinnya. Malah lagi pantengin The K2 dan Otw to the airport sih skrang hahahaha pkus Scralet heart dink…deuh banyak beneurrr πŸ˜‚

  3. wahhh… saya malah ngikuti on goingnya. dan yes, ngikuti on goingnya bikin galau dan stress sendiri. beruntunglah kamu anak muda nonton pas drama uda kelar.
    saya juga suka signal. dan itu drama lebih gokil lagi. penulis skenarionya lebih gokil drpd penulis skenario reply. hehehe
    btw, saya juga nulis review reply 1988 dan signal. *promosi cyyynnn??*wkkk
    btw lagi, salam kenal. hehehe. maaf kalo komennya terlalu banyak. saya emang suka ngerusuh di blog orang. hehe. sekina.

    • hahahahah aku dah baca reviewmu ahjumma….salah satu aku follow blogmu kemaren ya karena dikau pembahas kdrama juga.

      kemaren mau komen tapi belom kenalan hehehe yoowess kenalan dimari yak. kenalkan saya pacarnya Jang hyuk πŸ™‚ *lalu dikepret*

      • iyah tah??? hahahaha
        gak usah malu-malu lah kalau mau komen dan kenalan. aku ajah ngrusuh diblog orang gak pernah malu… wkkk :p

        ommoooo… kamu lebih suka ahjussi-ahjussi yah?? aku lebih suka brondong.. LOH!

      • Hahaha iyes…kalau brondong cuma enak dipandang..ga ampe menyayat2 hati deh…dari jaman dulu sukanya ama Kim Rae Won lalu sekarang2 ke So ji Sub san blakangan terpesona ama Jang Hyuk. Eh datang dedek2 imut Ji chang wook dan oppa Lee Sang yoon πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† *maruk mbaknyaaa???*

  4. my favorite Reply Series mbak… (dan aku komen lagiiii) hahaha.
    drama yg bikin aku susah bgt mau mulai nonton DOTS gegara masih kebayang-bayang Reply 1988. Dan sampe sekarang masih inget detil jalan ceritanya. Hahahaha. Sebelum drama ini tayang, agak pesimis sama Hyeri, yg meranin Deok Seon, soalnya bbrp drama sebelumnya acting-nya dia biasa aja, ternyata disini DAEBAK! hahaha. ga takut jaim banget. dan yesssss aku #TeamJungHwan hahahahaha. sampe berantem sama temenku gegara dia #TeamChoiTaek (ga jelas banget ya ampun).

    aku bahkan recommend drama ini ke temenku yg baru2 nonton drama korea, aku bilang Reply 1988 is a must watch drama. kalo dia sampe ga suka drama ini, parah banget… hahahaha #maksabanget

    • Wah Dots dibandingin ama Reply88 mah kebanting banget ya…untung aku nontonnya dots dulu baru reply. Iya banyak yg pesimis sama akting si Hyeri eh ternyata dia total banget yak. Gapala kita beda tim..yang penting kita cinta gang Ssamundong πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      • bangeeettt mbak. bahkan kalo disuruh milih DOTS sama Another Miss Oh atau W-Two Worlds, ya aku bakal milih 2 terakhir itu. hahaha. itu semua cast Reply 1988 langsung naik daun dan punya drama/film lagi setelah Reply. kerenlah… iya donk, cintaku pada gang Ssamundong belum terganti nih ❀

  5. Mbak, sedih deh waktu tau pemeran No Eul leukimia 😦
    Mbak, kita berbeda tapi jangan bertengkar ya.. aku #TeamJunghwan karea cinta tak perlu dikatakan, cukup ditunjukkan..eakkk..hahahahaha

    • Hiksss kesian ya…
      Gapapa pit kan drama ini bukan sekedar Taek dan Jung Hwan hehe..tapi cinta harus dikatakan dan ditunjukkan lah pit #teteupppp hahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Seru banget rin…. nontonnya santai aja rin…1 episode per hari aku lama banget ngabisin seri ini…belajar menahan diri ga begadang2 ngabisin 1 film…hehehe

  6. Mbak, aku dulu juga begitu. Nonton filmnya telaattttt banget. Abis liat posternya kok ga menarik ya, aku anaknya gampang ngantuk kalo nonton film rasa jadul sama cerita-cerita kerajaan gitu. Sampe akhirnya temen aku yang orang Korea bahas, terus akhirnya aku nonton dan aku nyeseeelll. Nyesel kenapa nontonnya telattttt.hahahahaha
    Dan iyeeesss aku #TeamTaek.:D

  7. mbek tuh emang tagline Reply banget deh mbak Jo. mau 1997, 1994, sampai 1988..pasti selalu ada mbek yang meramaikan suasana πŸ˜†
    Duh aku baru kali ini lah jadi pendukung second lead..yang mana pedih kakak!!! #TimJungHwan jadi pahamlah perasaan shipper second lead 1994 kemaren….walaupun yang ini kenapa Jung Hwan sama Dong Ryong ga ada endingnya?? Itu aja sih yang bikin sedih…sisanya hatiku hangat dan senang nontonnya.

    • Raaa aku mau nonton r97 tapi ga suka pemeran cowoknya tapi dia kok banyak main drama dimana2 ya..asli ga suka banget ntah kenapa bibir dan matanya ganggu banget(haha jahat aku)

      Btw Jung Hwan itu menurut pengertianku malah first lead malenya deh ra justru si Taek yg second lead..hehe menurutku sih ya dilihat dari porsi mereka di drama itu

      • engga mbak Jo…Jung Hwan itu second lead. karena secon lead ga akan pernah jadian atau dapet happy ending di drakor. *kejamnya dunia perdrakor-an*

        R94 aja mbak jo…..itu juga bagusss

      • Iya aku semenjak nonton itu jadi pengen banget nonton drama juga. Tapi aku msh ragu soalnya aku fans Reply 1997 banget, tapi secepatnya aku nonton juga deh πŸ˜€

        Mereka juga ada parodiin The Heirs loh πŸ™‚

Leave a Reply

