Level Masak-Memasak Dan Tingkat Kepercayaan Diri

Hampir setahun sudah mba Sari tercinta meninggalkan kami karena dia akhirnya jadi nikah Januari kemaren dan itu artinya si mama beranak dua ini harus terjun ke dapur secara total. Soalnya dulu cuma belanja ke pasar dan masak saat saya lagi pengen nyobain resep baru aja atau pas weekend. Hari-hari biasa kuserahkan pada mba Sari walau uppa ga gitu doyan masakan dia. Tapi jujur menurut saya masakan mba Sari lumayan kok. Dia bahkan dah bisa masak ikan mas arsik dan rendang (diajarin mamak).

Saya rasanya sedih tiap kali lihat hasil masakan yang gitu-gitu aja ga naik-naik levelnya. Standard abis deh…mari kita sebut level masak  TUGORSOP (Tumis-Goreng-Sop) hahahaha gak kece deh pokoknya. Plus males banget rasnya karena kerja aja dah capek banget eh pake acara masak-masak buat makan di rumah n bekal anak-anal ke sekolah (welcome to the real world of ibu2 Jo!). 

Dengan level masak memasak yang gitu-gitu aja, tentu saya juga ga PD menghidangkannya untuk orang lain. Kayak kejadian malam minggu kemaren pas si Jc adek saya dan suaminya mau berkunjung ke rumah kami untuk dinner critanya. Udahlah bikin ayam goreng aja yang diungkep bumbu kuning, bakwan jagung dan sayur capcay, bikin puding plus kue juga. Nah pas udah mau sajiin saya mendadak ga pede and end up ngacir ke mall pesan lauk dan sayur di Restoran Ta Wan. Hahahahhahaa cemen abis kannn!! Asli ga pede!! Ampe diketawain ama si Jc. Kebalikannya si Jc anaknya super PD undang orang ke rumahnya trus dia masak segala mie ayam, nasi uduk dll dia bisa. Daebak deh adekku!!! Kapan aku pedenya ya?

Nah, jadi ini menu di rumah yang itu aja diulang-ulang

Lauk:
1)Ikan gurame fillet goreng
2)Tempe goremg tepung
3)Ikan teri kacang tempe sambal
4)Ayam woku
5) Ayam ungkep (lalu digoreng)
6)Bakwan jagung
7)Perkedel kentang
8) nugget+sosis+baso (kalau lagi malas tingkat dewa)
9)Semur telor puyuh+kentang
10)Semur tempe tahu/Tempe Tahu sambal

Sayur:
1) Tumis buncis+wortel
2) Tumis labu siam baby
3)capcay ala2
4)Sayur sop
5)Sop kacang merah
6)Misoa +sawi
7) terong balado
Duo G juga belum bisa makan sayur yang daun-daun macam bayam, kangkung dan kacang panjang. Padahal aaya paling suka sayur kacang panjang pake tempe dan cabe iris. Huhuhu..

image

Nasi daun jeruk resep dari santi pake lauk ayam woku balanga! Perfecto!

image

Warteg mbok Joeyz buka dari subuh. Buset bekel seharian banyak bener

image

Masak kudu dua versi… sambel dan kecap

image

Not a morning person jadi malam dah siapin bahan buat masak pagi

Yaudah gitu-gitu aja….makanya bosennn banget. Pengen bisa bikin soto tapi penyakit malasss melanda selalu. Pengen rajin kayak ibu-ibu lain tapi kok niat tak disertai usaha ya? Ckckckckck heran saya. Ada lagi yang jadi permasalahan masak -memasak ini yaitu si duo G ga bisa makan pedas. Dulu sempat si ndul bisa makan sambel dikit eh lama-lama ga mau,si kakak sempat mau makan ayam gule yang rada pedas eh abis itu ga mau lagi. Permasalahannya adalah saya harus masak dua versi. Hiksssss berasa di dapur kok lama banget deh ih. Akhirnya kami yang ngalah ga pake pedas-pedas. Kadang ayam woku pun ga pake cabe tapi trus jadi males makannya (ya mana enak kan tanpa cabe?). Kalau lagi pengen makan ayam woku pedas kudu bikin lauk lain buat duo G. Haiyahhh permasalahn hidup lo Jo!!!wakakakakak….πŸ˜‚

Kasih ide menu andalan kalian yang gampil tapi enak donk! Makasih 😊😊😊

Kuberdoa semoga Tahun 2017 nanti level masakku dah naik ke level gulai, rendang, soto, ayam bumbu rujak, lodeh dan yang enak-enak lainnya….doakan saya ya manteman…! 😊😊 #LahTerusKapanDietnyaaaa???

Advertisements

39 thoughts on “Level Masak-Memasak Dan Tingkat Kepercayaan Diri

  1. saya suka salut kalau ada ibu kyk mbak Jo. keren, menu masakannya. keren ngluangin waktu buat bekal anak2. πŸ™‚ ahh.. ngiri lah.
    πŸ™‚ semoga tahun depan bisa upgrade menu ya mbak.

  2. Karena aku ga makan daging dan unggas, jadi versi gampangku ttg masak ya yg lauknya berbahan dasar tahu tempe hehe. Suami makan daging sama unggas cuma sesekali. Lauk biasanya aku bikin perkedel tahu atau tempe, Sambel goreng tahu tempe, pepes tahu, nugget tempe, fuyunghai, asem2 ikan dll. Jadi aku masak rendang, rawon daging, soto ayam juga sesekali. Biasanya rawon isinya kacang panjang dan labu siem, soto isi tauge dan kol. Kalo aku Jo, biasanya buat bumbu2 untuk keperluan beberapa porsi. Misalnya bumbu soto untuk 4 kali masak, rawon 4 kali masak, lodeh 4 kali masak dll. Trus semua bumbu2 itu aku simpan di freezer. Nah kalo mau masak tinggal ngeluarin dari freezer. Jadi hemat waktu ga perlu buat bumbu dari nol lagi. Misalkan bikin rendang juga gitu, stok di freezer. Nanti pas saatnya menu rendang tinggal keluarin dari freezer. Kami sangat mengandalkan freezer karena kan ga bisa tiap hari ke pasar atau supermarket, jadi lebih hemat waktu. Masak yg penting PD aja Jo. Aku dulu juga awal2 ga pede ngundang keluarga suami ke rumah trus menghidangkan masakan. Sekarang beberapa kali terima pesanan. Dulu ga bisa bikin pempek, skrng sdh bisa. Lama2 terampil Jo, karena kepaksa juga kalau beli mahal soalnya haha. Aku pernah cerita ttg “karier memasak” di blog http://www.conedm.nl/denald/2016/01/14/cerita-seputar-karier-memasak/ ada beberapa source ide memasak juga kutulis di sana, termasuk blognya Mbak Yo. Semangat Jo!

    • Huaaaa deniiii haturnuhunnnn makasih ide dan semangatnya. Masalahnya ya itu ya mungkin aku bukan hobi masak karena males nyuci2 piringnya. Freezer semua ya bumbu2..ok2!! Tq den! Semoga aku bisa makin pinter n pede kek kamu ya..aminnnn

  3. Busyeet Joo.. yang kayak gini kok masih gak pede siih.. sudah beragam macam menu atuh maaaahh itu keren. Mana rajin ngebekel pulak, sehat banget.. suamiku paling males dibekelin.. soalnya sering lupa bawa balik bekelnya daripada ingetnya huhu..

    aku suka bikin terong tumis garamnya mba Ira, terus nasi goreng thailand sama lasagna simplenya mba seerika, sup ayam thai pedes-tapi-palsu (krn gak pake cabe), terus masakan2 manado ala bubur manado sama ikan tuna rica ..

    menurut aku sih simple yaa, ngguayaaa, pdh karena semua menu hanya iris2 aja gak ngulek2..

    • Wiiii ini postingan bukan mau humblebrag loh…harusnya gue tambahin ya di tulisan bahwsanya bukan jenis makanannya yg bikin gue ga pede tapi cita rasanya yang kadang bikin gue kangen masakan emak…huhuhu masih jauh banget deh.

      Ahh menumu lebih bikin ngiler dan daebak deh wi….errrr gue laper dah ini jadinyaaa ckckckck

      Tq idenya ya wiii

      • hihihihi.. iya Jo sayang, aku jg gak merasa dirimu humblebrag kok.. aku takjub, beneran..

        ps : klo postingan humblebrag, biasanya aku skip.. boro2 mau komen :p

        iyes betul.. tosss.. aku jg gitu, jauh ya klo dbanding masakan emak hihi..

  4. Daebaaakkk Jo, itu tiaap pagi kamu sempatin masaak segitu banyak ? Keren banget. Tapi itu udah kece lah menurutku, napa mesti gak pede sih?
    menu andalan ku sih palingan, teriyaki itu cepet banget masaknya, tempe penyet sama terong balado, paling seneng banget kalo goreng kerupuk, hahaha, std banget kan.. Kalo yang rada2 ribet semacam ayam woku, gulai dan arsik, itu jarang banget, palingan juga kalo pas ada rikwes doang, haha..
    betewe, nasi daun jeruk nya enak bingit keknya, mau resepnya dong Jo… haha, ujung2nya minta resep.

    • Yang bikin ga pede itu cita rasanya el. Kenapa masih jauh lebih enak masakan mamak ya?.hikssss

      Iya tiap pagi aku masak 1 lauk 1 sayur..kadang 2 lauk. Malam dah disiapin sih jadi bangun jam 4.30 subuh tiap hari makanya awal2 aku belum terbiasa dan sampe sakit. Sekarang dah terbiasa sih. Nasi daun jeruk dari blognya santi el…tuh ada orangnya komen di postingan ini..gampil deh bikinnya

  5. Mbaaak jooo aishh untuk ibu bekerja itu mah levelnya udh kereeen bgt. Dulu pas masih tinggal di rumah, krn mamah kerja.. warteg adalah penyelamat perut anak2nya pas makan siang… kalo bosen ya paling disuruh ceplok telor sendiri atau bikin indomie. Hihi. Salut sama ibu2 bekerja skrg, dedikasinya sama keluarga juga kereeen. πŸ˜πŸ˜€
    .
    Aku follow di line sm fb, video2 singkat masak2an gitu.. tastemade indonesia. Gampil2 sih kalo ngikutin videonya..trs banyak hack2 masak cepet (kaya pake blender bikin bumbu2nya dll) hahaha.

    • Lativa…first of all makasih..tapi yg bikin ga pede itu cita rasanya sih bukan jenis masakannya. Masih jauh dibawah standard…makanya kadang bosen gitu2 aja akhirnya kita beli makan di luar deh. Hihi

      Iya aku follow juga tuh. Kliatan gampang ya padahal prakteknya ttp susah loh itu😊

  6. Tumis goreng sop hahaha sama mbaaaa! Kalau masak yang lain masih suka nanya2 mama atau kadang nemenin mama masak wkwk. Kayanya nanti kalau udah nikah, aku bakal sering nanya ke mama deh :))

    Semangat mba Joooo, moga 2017 lebih pede sama masakannya πŸ˜›

  7. aku numpang lewaaat di blog mba Jo nan femeeesss πŸ˜€
    kalo aku karena hobby masak, ngerasanya ya cooking is my remedy gitu mba.. ketambahan suami juga orangnya males jajan di luar, jadi deh masaaaaak terooooss. apalagi kalo wiken. buat makan sehari, cemilan trus kadang nambahin brunch eles kafe gitu. hidup ngiriiiit! πŸ˜€ . trus sekarang lagi kerajinan sharing #BekalBuSanti kali2 aja mangpaatnyaaaa πŸ˜€

    • Buahahahaha nan femes dari hongkong?

      Sannn first of all aku mau kasih salute dulu sama kamu krna kamu mengamggap masak itu remedy…buatku kok masih beban dan kewajiban semata ya…hiks

      Makasih ya resep nasi daun jeruknya. Ayoooo ciptakan kreasi2 lainnya san yg gampil dan enak πŸ˜„

  8. Udah hebat itu menunya Jo! Punya anak dua, kerja dan masak plus baking πŸ‘πŸΌ

    Ini masukanku untuk menu:
    sayur bayam + ayam goreng
    Sambal goreng Labu Siam + ikan goreng
    Pecel
    Mie atau bihun goreng
    Sayur oyong + soun temennya tempe

    Kalo menu bukan Indonesia:
    Mac ‘n cheese atau makaroni skotel dan salad
    Chicken katsu & salad

    Ah banyak deh. Bisa lewat WA kalo mau tanya lagi JoπŸ˜€

  9. Menunya mbak Jo sudah oke tuh, keren banget masih sempat bikin bekal. Kalo menu andalanku pas nggak ada mama di rumah: sop filet ikan, cumi asam pedas, brokoli tumis telur, tahu dan jamur. Kadang tumis sayur pakai bakso biar masaknya nggak usah banyak2 tapi sekali masak lengkap ada sayur dan dagingnya. Pilih yg mudah2. Mgkn level malasku lebih tinggi dari dirimu mbak. Hehehe.

  10. Buset Jooo, itu terampil banget keleeeus masaknya. Btw, daku lagi seneng banget Jo bikin gudeg, pake slowcooker.. tinggal cemplung doang malamnya, besok paginya siap dinikmati. Eh tapi doyan gudeg gak yaaaaaa, secara manisss hihihi. Semangat ya Jooo masak memasaknya, pede aja lagiii cakep gituuh :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s