34

Tersenyum, Haru Lalu Menangis

Mencintai Mereka
joeyz14

Disclaimer: It’s gonna be a very long post.
3 years ago

Pagi tadi saya tiba-tiba keinget Keken, Marti, Azka,Wildan,Kezia, Joshua Rama, Ashley, Mike dan Yang-Yang.

Mereka adalah sebagian murid2 saya dulunya waktu mengajar di sebuah sekolah yang lokasinya di Fatmawati-Cilandak (sekarang udah pindah Gedung)

Bukan sekali-dua kali saya sering teringat mereka. Sering.

Saya selalu merindukan mereka.

Itu adalah momen mengajar yang paling singkat plus paling berkesan sepanjang umur hidup saya.

Saya hanya menghabiskan beberapa bulan mengajar disana.

Well, sebelum bahas lebih jauh, saya mau bilang kalo murid-murid yang tadi disebut diatas adalah murid-murid yang berkebutuhan khusus.

Ya, mereka yang disebut sebagai Autism (High function)

Awal saya mengajar disana, karena diajak teman yang sudah lebih dahulu mengajar disana, singkat cerita saya diterima dan saya ga nyangka bakal ditempatkan di bagian LEARNING CENTER (LC).

Sekolah ini cukup unik. Mereka punya beberapa kelompok. Tentunya group paling besar adalah kelas mainstream (untuk anak2 pada umumnya)

Ada LC (learning center), untuk anak2 Autis-high function. Artinya, anak-anak dikelompok ini masih bisa belajar akademis selayaknya yang di mainstream tapi jumlah maksimal tiap kelas adalah 2 sampai 3 orang. Kebanyakan sih 2 orang, dengan 1 guru.

Ada LSU (learning support Unit) untuk anak2 penderita Autis high function tapi dengan usia yang sudah beranjak remaja (SMP /SMU)

Nah ada juga SN (special need) ini yang memang sangat-sangat berkebutuhan khusus.

Ada juga unit yang khusus buat anak-anak yang punya kesulitan konsentrasi, tapi saya lupa namanya.

Nah sistem belajar disini sangat unik menurut saya. Uniknya adalah karena anak anak di LC atau di LSU ada saatnya akan gabung dengan kelas mainstream.

Ohya, kalo Kelas SN (special need) belum boleh gabung sama mainstream, karena emang masih terlalu sulit buat mereka.

Jadi gini misalnya: Sebut aja Yang-Yang. Usia Yang-yang saat itu adalah 7 tahun, kemampuan berfikirnya sungguh luar biasa, terlebih urusan Math or hitung2an. Nah jadi setiap pelajaran Math di Grade 1 (primary school), Yang-Yang boleh gabung di kelas Mainstream.

Lalu ada Keken yang saat itu usianya sudah sekitar 10 tahun, dan Keken punya sense of art yang tinggi, maka Keken boleh gabung ama kelas mainstream setiap pelajaran ART.

Ashley  jago banget di Language, jadi tiap Jadwal Language dia gabung ke kelas  mainstream.

dan lain-lain………….

Awalnya saya bingung, buat apa sih kok ribet gitu?

Ternyata itu adalah salah satu hal yang melatih mereka juga untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain diluar LC. Juga memberi kesempatan pada mereka untuk merasakan kelas yang sama dengan anak-anak lain. Yah walaupun tetep mereka dengan “dunia”nya sendiri.

Tapi yang bikin saya selalu terharu adalah melihat sikap dari anak-anak lain dikelas mainstream terhadap anak-anak di LC or LSU, bahkan di SN.

Mereka yang di kelas mainstream sangat menghargai anak-anak dari LC, LSU, dan SN. Mereka tidak pernah menertawakan bahkan mengejek murid-murid kami. Mereka bahkan selalu menolong jika ternyata ada yang mengalami kesulitan.

Bisa bayangin kalo di sekolah biasa, pada umumnya yang ada anak-anak ini akan jadi sasaran empuk untuk di bully. (pada umumnya loh ya, ga semua juga lah)

Suatu kali, tanpa menyebut nama. Ada anak murid saya dari LC, yang tiba2 mau ke toilet, karena dia usianya sudah 10 tahun, jadi ke Toilet sudah bisa sendiri, nah tiba-tiba ada anak Junior high yang lagi jam P.E di lapangan basket naik ke LC dan lapor kalo murid kami tadi abis buka celana ditengah2 lapangan basket dan dia pamer2 “itu” nya. Hiksssss kita langsung buru2 bawa sianak tadi ke atas. Ya, aksi mereka emang sering ga diduga-duga.

Kadang-kadang ada yang suka lari ke lapangan basket saat jam istirahat dan dia line dancing sendiri. Nah kita sebagai gurunya langsung lari deh bawa si anak keluar dari lapangan.

Ada anak yang lain dari LC yang terobsesi dengan ‘military thingy’, bakal lelompatan dan pura2 jadi tentara yang siap menembaki musuhnya. dan dia bisa ngelompatin siapa aja yang posisinya lagi duduk or jongkok. Jadi berasa kayak ada musuh terus dia. Dan ya ampun, pernah juga dia ngelompatin salah satu guru yang lagi hamil tua dan posisinya duduk di bawah. Yahhh emang bikin speechless sih. Tapi anak-anak murid di kelas mainstream aja sangat bisa menghargai mereka. Kitapun harus lebih dari itu. Bahkan kadang kita harus berpikir , bagaimana supaya kejadian serupa gak terulang.

Ada diantara mereka yang terobsesi dengan “brand” or merk. Jadi kalo kemana-mana yang dia perhatiin brandnya. Misalnya Sharp, samsung, hyundai, Nissan dsb. Dia bakal tetep ulang-ulang itu semua sampe dia capek sendiri. Tapi disaat yang bersamaan juga itu tugas kita sebagai guru untuk bisa bikin dia “back to track” lagi, terlebih bila saatnya tiba untuk konsentrasi di jam pelajaran.

Ada juga diantara mereka yang sering menceritakan kejadian2 lama secara spontanitas. Jadi istilahnya si anak suka tiba2 keinget kejadian yang udah terjadi berbulan-bulan lalu. Nah nyeritainnya itu ga pandang waktu. Bisa sesuka-suka dia saat dia ingat. Bisa tiba2 saat dia lagi dipertengahan makan, or nulis or bahkan saat gurunya menerangkan.

Belum lagi kalo saatnya mereka tantrum, wahhh yang bagian ini saya agak sedikit kesulitan karna masih baru dan saat itu saya masih muda banget. Umur 22 waktu itu. Kalau dah begini musti panggil guru senior kalo udah ada anak yang tantrum. Bener2 liat bagaimana sabar dan tough nya semua staff pengajar disiana.

Saya inget selalu pesan si atasan saya kalo untuk menjadi pengajar disini, guru bukan hanya dituntut supaya sabar, melainkan “TOUGH”

Yes, TOUGH!

Gimana ga tough, kalo tiap hari kita mesti mengeluarkan energi yang super untuk bikin mereka bisa tenang saat belajar, bahkan untuk fokus. Bahkan saat jam makan tiba, kita harus duduk bersama-sama mereka sambil supervise mereka makan. Menunya juga ga bisa sembarangan. Kita udah hapal mati menu si anak masing2nya. Belum lagi ada yang harus minum obatnya tiap jam 11 siang. Pokoknya bener2 energi terkuras habis. Kadang ampe ga nyisa. *Nggak lebay! seriusan*

Well, itulah segelintir kenangan waktu saya bekerja sebagai guru anak-anak di Learning Center.

Sungguh singkat memang, tapi saya ga bisa lama-lama disana. Yang pertama, jaraknya yang jauh. Saya tinggal di Cengkareng dan harus berangkat jam 6 pagi untuk tiba di Cilandak jam 7.30. Bukan hanya itu, perjuangan mendapatkan bis or angkutannya pun sulit. Sungguh sulit.

Yang kedua, yang seperti saya bilang tadi, bahwa selain saya udah capek dijalan, energi saya bener2 ga bersisa pas udah nyampe rumah. Jadi mama saya yang komplen karena badan saya ini emang agak ringkih.

yang ke 3, hmmmm perlu disebut ga ya? oh jadi emang saya punya boss yang hmmmm….lanjutin sendiri aja deh ya! But I can deal with it….. beneran bukan karena dia saya resign, tapi emang karena energi saya tadi udah abis2an. Saya sakit, sakit yang lumayan parah dan harus terapi.

………………………………………………………….

Lalu saya resign…………….sedih harus pisah sama anak2 didik tercinta….

……………………………………………………………

2 YEARS LATER…..

iya 2 tahun kemudian, saya udah mengajar di tempat lain, tiba2 kangen sama anak2 di LC, lalu saya ke resepsionis di sekolah dan menelfon ke LC, and here is the conversation:

Me: Good afternoon Ibu, Its me Ibu Joice

Ibu S :Hey, ouhhh good afternoon Ibu Joice. Really? is this Ibu Joice?

Me: Yes, why? (saya bingung kok kayak kaget gitu)

Ibu S: well, joice kamu punya ikatan batin sama anak2, terutama sama Marti

Me: wah, emang kenapa bu? (bener2 bingung)

Ibu S : Jadi dari tadi pagi si Marti (Salah satu murid di LC warganegara filipin) panggil2 ibu joice terus menerus…gak berhenti2 dia panggil kamu joice

Me: oh really? masa sih bu?

Ibu S: Iya kamipun guru2 heran, terus kita mau hubungi kamu tapi kami takut ganggu karna pasti kamu lagi ngajar juga, dan eh pas banget kamu nelepon. Ya udah, sekarang kamu bicara sama marti ya Joice.

*lalu telepon pindah ke Marti*

Me: Hello Marti……how are you…..its me Ibu Joice…

Marti: Ibu Joice….Ibu Joice… (diulang2 aja gitu berkali-kali)

Me: do you still remember me, Marti? (Sambil mata udah berkaca2 nahan haru)

Marti : “Yes……Ibu Joice…Ibu Joice…. (lagi, diulang2)

Me: ” What did you eat for your lunch today?”

Marti: “rice and tofu” (sok nanya..padahal saya dah tau menu dia pasti rice and tofu tiap hari)

Me: “Be a good boy okay Marti….I miss you and I love you very much….”

Marti: Yes, Ibu Joice…..Yes Ibu Joice….. (diulang ulang lagi)

Me: “Ok, I have to go now Marti….bye now…”

Marti: “Bye bye Ibu Joice, bye Ibu Joice”

*telepon ditutup*

*lalu mata sembab*

Hiksssss….saya kangen banget…………. MARTI dan yang lainnya….

Sebenernya saya ga terlalu deket dengan Marti, karna jarang ngajar dia. Paling kalo pelajaran Math gantiin temen saya yang lagi halangan, tapi saya kan selalu nemenin mereka makan tiap hari, dan Marti selalu bawa popcorn buat snacknya. Saya masih ingat betul itu. Marti…..I miss you nak!

Saya suka terheran heran, bagaimana kuatnya memori mereka terhadap hal2 yang sudah lama terjadi….. Marti masih bisa inget saya setelah 2 tahun ga ketemu.

Bukan cuma itu. Suatu hari saya dan uppa lagi jalan-jalan di Plaza Indonesia, saya naik escalator dan ada seorang anak remaja wanita berambut panjang bermata sipit yang digandeng ayahnya turun dari escalator, dari jauh saya merasa wajahnya familiar buat saya. Lalu semakin dekat saya semakin jelas melihat bahwa gadis remaja itu adalah Keken, murid saya di LC dulu. Pas tiba kami berpapasan, si Keken tiba2 teriak,

“Ibu Joice…Ibu Joice……………”

saya kaget, surprise dan karena escalator tetap jalan, saya pun ga sempet berkata2 selain mengucapkan “Kekennnnnnnnn, you are so pretty”

Tapi mungkin dia ga dengar dengan jelas….

Hiksssss….saya terharu dan jadi cerita panjang lebar tentang Keken ke si uppa yang berdiri disamping saya.

Andaikan suatu hari nanti saya ada waktu, pengen bisa ketemu mereka lagi…

Mengajar mereka berarti mencintai mereka dengan setulus hati.

Walaupun energi habis setiap harinya, tapi saya sangat mencintai mereka. Namun kondisi ga memungkinkan.

Seperti yang dikatakan atasan saya tadi, bahwa untuk menjadi guru buat mereka, bukan hanya sabar, tapi TOUGH!

Dan saya rasa, saya ini kurang TOUGH, menunggu bis berjam-jam, bersesakan untuk mendapatkan angkot, menembus macet dan semua sungguh ga bisa ditolerir……dan pada akhirnya saya sakit.

Saya berdoa semoga mereka tumbuh menjadi orang- orang yang sukses dan bisa lebih independent  dan terlebih mereka bisa bahagia selamanya…Amin!

Oh ya satu lagi harapan saya buat mereka, semoga masyarakat dan orang2 disekitar mereka bisa menerima mereka dengan setulus hati bukan menertawakan bahkan mengejek mereka. Dan hmmmm semoga “kata AUTIS” juga tidak disalahgunakan, seperti yang sudah sering dibahas dimana2, banyak orang yang degan mudahnya bilang “duhhh gw lagi autis nih” padahal lagi asik main candy crush”

hmmm ga maksud nyindir ya, tapi emang kita ga tau bagaimana sakitnya perasaan orangtua terlebih ibu yang melahirkan mereka ketika derita anak mereka dijadikan lelucon bagi orang lain.

Well, enough said!

Saya berterimakasih pada Tuhan bahwa saya pernah diberi kesempatan untuk bersama-sama dengan mereka, melalui mereka saya diajari untuk lebih bersyukur untuk hidup yang saya punya.

Saya ingin kita semua melakukan hal yang sama,

Mencintai Mereka……………………

xoxo

Temans, diatas itu adalah tulisan saya 3 tahun yang lalu di blog ini. Hmmmm panjang aja ya Joooo. Saya tulis ulang disini karena memang lagi ingin bahas anak-anak cintaku di Sekolah Cita Buana dulu. Sudah 13 tahun berlalu tapi rindu pada mereka tetap menderu. Lalu iseng search nama mereka di Facebook. Huaaaa nemu 1, my girl yang suka tiba-tiba bercerita apa saja kapan saja dia mau. Lalu dari dia akhirnya menemukan guru-guru mantan rekan kerja saya dan makin melebar menemukan anak-anak cinta yang lain.

Chatting di Messenger sama Kezia, kaget ngeliat dia sudah tumbuh jadi anak gadis cantik yang sudah bekerja di sebuah perusahaan sebagai bagian 3D design. Whattt? Kezia udah kerja? Huhuhu terharu #1

Kezia juga udah pacaran sama sama temannya dulu, si Josh yang terobsesi sama brand or merk-merk itu. Huaaaaaa terharu #2

Kezia ternyata jago sketching dan hasil sketchingnya dipamer di Terminal 3 Soekarno airport plus sudah dijual dan dilihat plus tandatangani bapak presiden Jokowi. Liat hasil sketsa Kezia bikin saya terharu #3

Kezia ternyata masih ikut kegiatan bersama anak-anak autis lainnya yang sudah beranjak dewasa. Guru-guru Kezia yang dulu mendirikan yayasan atau mereka sebut ‘shelter’. Tempat mereka berkegiatan melatih skill-skill mereka supaya bisa survive di dunia bekerja. Shelter ini terdiri dari 15 orang dewasa dan mereka hanya terima 1 murid tiap tahunnya. Jadi mereka akan menua bersama di shelter itu. Terharu #4

Iseng buka Youtube search nama mereka. Ahhhhh malah ketemu sama anak cintaku bernama Rama Dika Asra. Ternyata dia jago lukis. Alirannya ya ga ngerti apa tapi kalau kalian penasaran coba search : Rama dika Asra Magic of lines. Iya lukisannya bagus sekali. Terharu #5 (bagian ini aku nangissss…air mata ngalir aja ga ngerti kenapa)

Lalu kemana Yang yang? Keken? Azka dll? Search lagi di youtube….haaa? Saya menemukan video anak-anak cinta ini ngeband. Kezia pada biola dan vokal, Rama ternyata main bass (karena dia suka tusuk2 pensil ke tangannya…sensorinya kuat sekali), drumnya saya lupa siapa (bukab murid saya), lalu siapa itu yang main keyboard? Haaa anak gadis berambut panjang mata sipit dengan senyum paling manis sedunia. Keken…huaaaa Kekennnnn !! ( yang pernah papasan di eskalator Plaza indonesia) duhhhh hebat-hebat banget anak-anak cinta Ibu Joice. Trus dengerin mereka nyanyi ” aku pasti bisa”…. dan akhirnya pecah nangisnya….Nangis sejadi-jadinya…sampai nangis sesenggukan.😢😢😢😭😭 nangis haruuu liat mereka sudah tumbuh jadi anak-anak hebat.

Rama adalah salah atu dari 25 anak autis di dunia yang diterima di Boston Music school. Yang Yang si anak pintar Math itu sudah lulus. Hebat sekali kamu Yang-yang… dan menurut ibu Dini (rekan guru yang akhirnya terhubung via FB) ternyata Yang-yang bisa dilepas ke Kelas mainstream saat dia kelas 3 Sd (dengan penuh perjuangan tentunya)

Ohya jadi sempat ngobrol panjang lebar dengan Ibu Dini, sampai beliau ngajakin balik ngajar lagi disana dan ikut seminar tentang anak autis di sekolahnya (iya Ibu Dini dan Ibu Tasya masih mengajar disana..hebatt sekaliii) terharu entah sudah keberapa kali. Kangen..makin kangen. Akhirnya minta nomor telpon Ibu S (my former boss) yang ternyata mendirikan shelter tempat Kezia dkk itu. Hmm cuma belom berani nelpon hahaha. Bisa tersambung lagi dengan Kezia via messenger aja udah seneng banget. Kezia rajin sekali kirimi saya pesan dan teteuuupp masih sama kok suka cerita random sesukanya dia. But I love to read it…makasih ya Kezia sayang. So proud of you.

image

Sketching by kezia (pic by Kezia)

image

image

Dibawah asuhan Tito Sumarsono

image

Ngobrol dengan bu Dini. Kangen sekaliiii

Suatu hari nanti mudah-mudahan bisa bertemu mereka. Ohya Marti juga sudah pindah ke US dan jadi atlet lari khusus Special needs. Terharu yang tak terkira…

Terimakasih anak-anak cinta ibu Joice sudah banyak mengajarkan kesabaran dan ketekunan terhadap ibu. Kalian sungguh luar biasa tumbuh penuh cinta. One day I’ll meet you all.

#Tulisan ini dibuat merayakan hari anak autis sedunia

#semoga semakin banyak cinta untuk mereka

#Untuk semua orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus, kiranya Tuhan melimpahkan berkat lebih banyak lagi, umur yang panjang serta hati yang tangguh pantang menyerah…

#untuk semua guru-guru yang mengajar anak-anak cinta ini, kiranya kalian tetap diberikan kesehatan,kekuatan, Kesabaran dan makin banyak cinta lagi untuk mereka.

Terimakasih buat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca jurnal yang panjang ini. Salam cinta dari Ibu Joice untuk semua anak autis di seluruh dunia. You are special….you are loved!

image

Marti (yang tiduran),Kezia and Ibu Joice

image

Me with all the LC students